Apa saja strategi memaksimalkan investasi reksa dana Syariah yang bisa dilakukan agar tujuan keuangan bisa terwujud?

Yuk, kita ketahui strateginya berikut ini.

 

Summary

  • Sudah banyak produk reksa dana yang memiliki label syariah, di mana telah diatur dan diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah) dan juga telah diatur dalam fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 mengenai Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah.
  • Ada beberapa hal dalam memaksimalkan keuntungan reksa dana syariah, mulai dari menentukan tujuan keuangan, memilih manajer investasi (MI) yang tepat, hingga berdiskusi dengan perencana keuangan agar produk yang dipilih tepat sasaran.

 

Investasi untuk Wujudkan Tujuan Keuangan

Setiap orang memiliki tujuan keuangan di masa depan masing-masing. Dalam rangka mewujudkan tujuan keuangan di masa depan, banyak strategi yang dapat dijalankan, salah satunya adalah melakukan investasi.

Banyak sekali instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan bagi kita.

Bisa diibaratkan seperti kita mau melakukan perjalanan ke suatu tempat, tujuan keuangan adalah tempat yang menjadi tujuan kita, sedangkan kendaraan yang kita pilih adalah instrument investasi yang ada.

Jika mau cepat sampai menggunakan mobil sport super cepat, namun jika mau pelan dan santai, mobil jenis keluarga bisa menjadi pilihan. Setiap pilihan itu ada konsekuensi, risiko dan karakteristik masing-masing.

[Baca Juga: 10 Hal Penting Sebelum Berinvestasi Reksa Dana Syariah]

 

Untuk kamu yang memang memiliki keterbatasan waktu dan ilmu dalam memantau perkembangan investasi, instrument investasi di reksa dana merupakan pilihan yang tepat, karena setiap strategi dalam pengelolaan uang dibantu oleh Manager Investasi.

Di produk reksa dana pun sudah banyak yang memiliki label syariah, di mana telah diatur dan diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Hal ini juga telah diatur dalam fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 mengenai Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah.

Hal ini tentunya membuat para pemeluk agama Islam lebih nyaman lagi dalam memilih produk-produk investasi berbasis reksa dana.

[Baca juga: Reksa Dana Syariah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Keuntungannya]

 

Strategi Memaksimalkan Reksa Dana Syariah

Karena sudah ada instrument investasi reksa dana syariah sesuai dengan prinsip-prinsip aturan Islam, sekarang bagaimana kita membuat strategi untuk memaksimalkan investasi tersebut di dalam reksa dana Syariah agar dapat mewujudkan tujuan keuangan kita.

 

Tentukan Kembali Tujuan Keuangan Dan Target Jangka Waktu

Di dalam ilmu perencanaan keuangan, menentukan tujuan merupakan hal yang paling mendasar dalam melakukan perencanaan.

Karena jika kita tidak tahu mau ke mana, bagaimana kita bisa menentukan arah, memilih kendaraan, dan juga strategi yang tepat untuk mencapai tujuan kita?

Selain itu, kapan tujuan keuangan ini harus dicapai? Apakah dalam kurang dalam 1 tahun, antara 1 – 5 tahun atau di atas 5 tahun.

Menentukan tujuan keuangan dan jangka waktu, merupakan modal kita dalam membantu untuk menentukan produk reksa dana apa yang akan kita pilih, apakah Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran ataupun Saham.

Ini disebabkan setiap produk memiliki karakteristik dan risiko masing-masing.

[Baca juga: 10 Hal Penting Sebelum Mulai Investasi Reksa Dana Syariah]

 

Pilih Manager Investasi yang Memiliki Reputasi Baik

Dalam produk reksa dana, pengelolaan uang yang diinvestasikan diserahkan kepada Manager Investasi (MI).

Banyak sekali MI yang sudah fokus terhadap produk-produk berbasis syariah, namun tetap kita harus memilih dengan bijak MI yang memiliki reputasi yang baik.

Hal pertama yang menjadi indikator pilihan MI adalah produk yang ditawarkan pastinya berbasis syariah. Selanjutnya lihat total AUM (Asset Under Management), ini merupakan total dana yang dikelola dalam produk reksa dana syariah.

Selanjutnya, kita bisa melihat Expense Ratio di mana ini merupakan indikator kelihaian MI dalam memilih produk yang tepat agar return yang dihasilkan maksimal dan juga lihat penghargaan yang telah diterima oleh MI tersebut.

 

Contoh produk yang ditawarkan MI yang berbasis syariah.

Contoh produk Reksa Dana

Contoh Produk Reksa Dana Syariah. Sumber: Bibit

 

Gunakan Dollar Cost Averaging

Ini merupakan cara dalam hal memaksimalkan hasil investasi dan meminimalkan risiko.

Cara ini juga bisa membuat kita lebih disiplin dalam melakukan investasi secara berkala, karena investasi akan maksimal jika kita melakukan secara berkala bukan hanya satu kali dan menunggu hasil yang maksimal.

Cara ini akan efektif pada produk-produk Reksa Dana Pendapatan Tetap, Campuran dan Saham. Hal ini karena harga Nilai Aktiva Bersih (NAB)/unit bergerak naik dan turun.

Dengan cara ini mencegah kita hanya membeli pada saat harga NAB-nya tinggi saja, namun juga pada saat harga NAB rendah.

[Baca Juga: Strategi Memilih Reksa Dana Syariah agar Berkah dan Menguntungkan]

 

Contoh produk Reksa dana Saham Syariah

Contoh produk Reksa Dana Saham Syariah

Contoh produk Reksa Dana Saham Syariah. Sumber: Bibit

 

Cara ini kurang efektif pada produk reksa Dana Pasar Uang karena pergerakan NAB cenderung naik terus.

 

Contoh produk Reksa Dana Pasar Uang Syariah

Contoh produk Reksa Dana Pasar Uang Syariah

Contoh produk Reksa Dana Pasar Uang Syariah. Sumber: Bibit

 

Strategi dari masing-masing MI juga dapat dipelajari dalam laporan yang disebut Fund Fact Sheet, ini dapat kamu download di setiap website produk dan juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan MI dan produk reksa dana Syariah.

Untuk mengetahui analisis reksa dana secara lebih lengkap, kamu bisa akses informasinya di sini Analisis Reksa Dana.

 

Diskusikan dengan Financial Planner

Ini merupakan bagian dalam meminimalkan risiko dalam melakukan perencanaan keuangan.

Berdiskusi dengan orang yang berpengalaman dan memiliki ilmu perencanaan keuangan pastinya akan memudahkan dalam menentukan pilihan yang tepat agar investasi reksa dana menjadi maksimal.

Financial Planner memberikan rekomendasi pilihan-pilihan yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dari masing-masing orang.

Selain itu, Financial Planner juga memberikan edukasi agar setiap orang dapat mandiri dalam melakukan investasi.

Kamu bisa berdiskusi dengan Financial Planner Finansialku untuk mendapat jawaban atas keraguanmu. Hubungi kami di menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Play Store dan App Store.

Manfaatkan promo potongan harga Rp 50 ribu dengan kode voucher WEBTAHUNAN untuk berlangganan akun premium agar penggunaan aplikasi lebih maksimal.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Kamu juga bisa langsung lakukan booking jadwal konsultasi di website konsultasi.finansialku.com atau melalui Whatsapp di sini.

Sobat Finanisalku, dalam berinvestasi pada produk Syariah, pastikan juga kita memiliki niat bahwa memilih investasi syariah adalah wujud kita mengikuti perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT dan semoga hasil yang maksimal juga memiliki keberkahan dunia dan akhirat. Aamiiin ya Rabbalamin.

 

Disclaimer: Penyebutan produk di atas hanya untuk tujuan edukasi. Bukan untuk tujuan lainnya.

 

Nah itulah beberapa strategi memaksimalkan investasi reksa dana Syariah yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan tujuan keuangan kita.

Jika kamu ada pertanyaan atau komentar, silakan tulis di kolom di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH