Menjadi PNS bukanlah pekerjaan yang bebas dari stigma masyarakat.

Siapa sangka, ada banyak pemahaman yang membuat seorang PNS bisa terjebak dalam anggapan yang salah.

Biar bisa buktikan Anda sukses sebagai PNS, ikuti tips Finansialku ini yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Persepsi Masyarakat Tentang PNS

Selama menjadi seorang PNS mungkin ada beberapa persepsi yang ditujukan kepada Anda langsung. Bisa itu kenapa menjadi PNS namun bisa cepat kaya, bisa juga sebaliknya, seperti penilaian mengapa menjadi seorang PNS tidak kunjung kaya.

Sebab dari persepsi atau penilaian di atas ada alasannya. Misalnya saja Anda terlihat sejahtera dan makmur, bisa memiliki aset, bisa beli rumah, dan lain sebagainya.

Bisa juga alasan untuk persepsi sebaliknya, mungkin bagi orang sekitar menjadi PNS tidak menjadikan Anda sebagai sosok yang belum berkecukupan.

Serba salah memang, namun dengan profesi sebagai PNS Anda yang sekarang ini. Mungkin dengan persepsi-persepsi yang ada atau penilaian yang ditujukan langsung pada Anda, membuat sebuah tips menjadi sangat dibutuhkan.

Persepsi PNS di Tengah Masyarakat dan Tips Sukses Menjadi Seorang PNS 02

[Baca Juga: Cara Merencanakan Kebutuhan Jangka Panjang Tanpa Utang Untuk PNS]

 

Tips Sukses Menjadi Seorang PNS

Supaya ke depannya semakin terbiasa dengan persepsi atau penilaian ada tips yang bisa dijadikan acuan.

Juga ada referensi untuk Anda yang selama menjadi PNS merasa kurang berkecukupan atau merasa kurang dengan penghasilan. Poin-poin berikut ini bisa membantu Anda.

 

#1 Tetap Profesional Sebagai Seorang PNS

Seorang PNS bertugas melayani masyarakat. Profesionalitas sangatlah dibutuhkan. Profesionalitas ini baiknya tidak hanya dicerminkan pada saat jam kerja atau di tempat kerja saja, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Biarlah ada persepsi melenceng dengan kehidupan Anda yang sebenarnya, asalkan tidak ada imbas langsung terhadap kehidupan Anda, maka bisa dijadikan angin lalu.

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti tips di poin-poin berikutnya, maka semuanya bisa dibuktikan nantinya. Bukti bahwa Anda bisa kaya karena menjalankan bisnis sendiri dan tetap profesional meski menjadi PNS.

Sikap profesional lainnya yang bisa dilakukan secara nyata misalnya berusaha tidak menggadaikan SK PNS meskipun boleh-boleh saja dilakukan, tidak bersikap seenaknya meskipun kemungkinan dikeluarkan sangatlah kecil, tidak mengesampingkan menabung dan persiapan dana darurat meski masa pensiun PNS terjamin.

Baca juga artikel Temukan Pembagian Skala Prioritas dan Fakta Tentang Gadai SK PNS Disini

 

#2 Menyadari Bahwa Menjadi PNS Adalah Pekerjaan Utama

Sebelum beranjak ke tips berikutnya, harus disadari dulu bahwa PNS adalah pekerjaan utama Anda.

Tips yang selanjutnya memang ada yang akan menyarankan Anda untuk berbisnis. Asalkan Anda tetap bisa fokus dengan pekerjaan utama maka hal tersebut tidak akan jadi masalah.

Atau mungkin nantinya bisnis Anda bisa berkembang dan sukses, jangan sampai mengesampingkan profesi PNS Anda.

 

#3 Berbisnis Secara Inovatif

Masuk ke tips menjadi sukses dengan profesi PNS yang berikutnya, yaitu untuk memulai bisnis dengan inovasi. Anda mungkin saja tidak terlalu membutuhkan bisnis ini nanti, namun tetap jangan asal-asalan untuk memulainya.

Mantapkan bisnis yang akan dijalankan nanti dengan cara mencari inovasi yang matang. Tetapkan keputusan Anda untuk menjual atau menawarkan produk apa. Apakah itu produk atau suatu jasa.

Baca Juga artikel berikut ini Bolehkah PNS Punya Pekerjaan Lain? Temukan Jawabannya Di Sini

 

#4 Berbisnis Cerdas Hanya di Luar Jam Kerja

Harus berbisnis di luar jam kerja, meskipun Anda sudah merasa luang di jam 3 sore sekalipun tetap sebaiknya memberikan fokus pada bisnis di luar jam kerja.

Waktu yang paling tepat adalah di akhir pekan, dalam satu atau dua hari di akhir pekan Anda bisa benar-benar meluangkan waktu tanpa harus memikirkan pekerjaan, dengan begitu Anda bisa mulai fokus ke bisnis.

Lalu bagaimana jadinya nanti jika bisnis terus berkembang dan akhirnya membuat Anda kewalahan untuk hanya mengurusnya di akhir pekan? Caranya adalah dengan menyewa karyawan.

Tetap jangan sampingkan pekerjaan utama Anda sebesar apapun bisnis yang dijalankan nanti.

 

#5 Berbisnis Tidak dengan Fasilitas Kantor

Untuk bisa berbisnis secara profesional, jangan gunakan fasilitas kantor dalam menjalankannya. Salah satunya adalah mobil kantor, sebaiknya sama sekali tidak ada sangkut pautnya untuk berbisnis.

 

#6 Menjadi Investor di Suatu Bisnis

Sebelum saran untuk berinvestasi secara langsung, Anda juga bisa berbisnis secara join atau mendirikan bisnis bersama. Bisnis ini nanti akan membuat Anda harus berinvestasi secara tidak langsung.

Cara ini bisa memberikan kesuksesan untuk seorang PNS, karenanya layak dimasukkan dalam daftar ini. Anda bisa berbisnis bersama rekan kerja, tetangga, atau siapa saja asal tidak mengganggu pekerjaan utama.

 

#7 Belajar Investasi

Seorang PNS bisa menjadi sukses atau memiliki kekayaan dengan cara berinvestasi. Tidak melulu soal bisnis, apalagi jika naluri Anda sudah tidak cocok dengan berbisnis di awal rencana.

Banyak produk investasi yang bisa dipilih, seperti misalnya deposito, obligasi, reksadana, dan masih banyak lagi. Bahkan berinvestasi di bisnis yang masih berkembang pun bisa-bisa saja, di bisnis milik rekan kerja misalnya.

Meski begitu tak menutup kemungkinan untuk berinvestasi perusahaan besar, yang disebut sebagai membeli saham.

 

#8 Memiliki Rencana Finansial yang Matang

Tips uang terakhir adalah untuk mempelajari finansial. Mempelajari hal ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan ke depannya. Keputusan untuk mengajukan hutang, untuk menentukan pengeluaran, dan masih banyak lainnya.

Mempelajari finansial akan memudahkan Anda dalam berinvestasi juga. Sebab Anda jadi tahu berapa nominal yang harus diinvestasikan dengan pertimbangan gaji dan living cost.

Bisa dijadikan step berikutnya untuk menjadi seorang PNS yang sukses karena semakin cepat menuju kesejahteraan.

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

Belajar Keuangan dengan Aplikasi Finansialku

Dua tips yang diberikan adalah untuk belajar investasi dan mempelajari bagaimana kehidupan finansial yang seharusnya dimiliki.

Aplikasi Finansialku memberikan banyak wawasan yang bisa dipelajari siapa saja, termasuk kondisi finansial pribadi dan cara berinvestasi yang tepat.

Kemudian Anda juga bisa sekaligus melakukan financial check up demi memastikan kondisi finansial Anda yang sekarang sehat-sehat saja. Financial check up di Aplikasi Finansialku bisa dilakukan secara gratis dan akan memberikan hasil yang valid.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Ternyata, ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai PNS yang profesional dan produktif. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan inspirasinya pada orang terdekat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Juli 2020. Sebagai PNS Apa Penyesalan Terbesarmu. Id.quora.com – https://bit.ly/3dnpd4C

 

Sumber Gambar:

  • PNS 1 – http://bit.ly/3skZ0Ib
  • PNS 2 – http://bit.ly/37AXHx9