Bagaimana pembagian skala prioritas ala PNS? Apakah boleh menggadaikan SK PNS untuk memenuhi skala prioritas?

Temukan jawabannya di artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Muncul Pikiran Untuk Gadai SK PNS?

Sempat kepikiran untuk menggadaikan SK PNS? Jika ya, maka hal ini tidak hanya dirasakan Anda saja. Banyak PNS di luar sana yang pernah berpikir sama.

Entah itu karena memang sudah sangat membutuhkan uang sehingga harus berutang, atau karena memang tidak punya barang yang bisa dijadikan agunan.

Tidak masalah jika Anda pernah memiliki ide ini, apalagi dengan kondisi finansial yang memang butuh pendanaan. Hanya jika Anda tahu apa yang harus dilakukan dan bisa mempertanggungjawabkan nantinya, semuanya tetap baik-baik saja.

Salah satu upaya bentuk tanggung jawab setelah menggadaikan SK PNS adalah untuk mengetahui skala prioritas. Antara satu PNS dengan lainnya akan memiliki skala prioritas yang berbeda-beda, tergantung status dan kondisi lingkungan.

Temukan Pembagian Skala Prioritas dan Fakta Tentang Gadai SK PNS Disini 02

[Baca Juga: Kapan Sih Usia Pensiun PNS? Siapkan Dana Pensiunnya Yuk!]

 

Sebelum Gadaikan SK, Pahami Skala Prioritas PNS

Berikut adalah beberapa panduan skala prioritas untuk PNS berdasarkan status atau kondisi sekitarnya. Kondisi Anda besar kemungkinannya merupakan salah satu dari poin berikut ini.

 

#1 Skala Prioritas PNS Single yang Baru Diangkat

Diawali dengan PNS yang single dan baru saja diangkat. Jika PNS memiliki rencana menikah, maka tentu gadai SK PNS yang dilakukan nanti bisa digunakan untuk persiapannya.

Bisa untuk resepsinya, untuk acara ijab, dan lain sebagainya. Jangan gunakan uang utang semuanya untuk kebutuhan menikah, baiknya ada yang disahkan sebagai bekal kehidupan setelah menikah. Untuk kontrak rumah misalnya.

 

#2 Skala Prioritas PNS Single yang Cukup Lama Diangkat

Untuk PNS yang ternyata cukup lama diangkat, gadai SK PNS nanti bisa digunakan untuk tabungan terlebih dahulu.

Sebab dengan kondisinya yang sekarang, agaknya tidak terlalu besar gajinya sehingga mungkin merasa kurang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Setelah ditabung dan dirasa cukup untuk beberapa waktu ke depan, barulah digunakan untuk kebutuhan lain. Seperti misalnya beli laptop, motor, memulai investasi, dan kebutuhan lainnya.

 

#3 Skala Prioritas PNS Single Generasi Sandwich

Kondisi seorang PNS memang berbeda-beda, dan masih saja ada yang menjadi korban sandwich generation meski statusnya masih single. Dianggap memiliki karir yang bagus, cukup wajar bila ia menjadi penopang keluarganya.

Seperti misalnya harus menghidupi orang tuanya dan menyekolahkan adik atau saudaranya. Uang hasil gadai SK PNS nanti bisa dipersiapkan untuk hal ini.

Boleh jadi penghasilan Anda saja sudah cukup untuk menopang semuanya, masih akan kurang bila tidak ada dana darurat.

Dengan demikian bisa dikatakan skala prioritas utamanya adalah untuk menyiapkan dana darurat. Dana yang bisa digunakan jika orang tua ada yang tiba-tiba sakit, atau saudara butuh banyak uang untuk pendidikannya.

 

#4 Skala Prioritas PNS yang Sudah Berkeluarga (Belum Punya Anak)

Mungkin Anda adalah seorang PNS yang sudah berkeluarga namun belum memiliki anak.

Gadai SK PNS nanti bisa digunakan untuk tambah-tambah beli rumah supaya tidak lagi kontrak atau sewa. Bisa juga untuk beli motor jika Anda dan pasangan sama-sama kerja. Pastikan ada dana darurat meski Anda dan pasangan belum memiliki anak.

 

#5 Skala Prioritas PNS yang Sudah Berkeluarga (Punya Anak)

Keadaan selanjutnya adalah PNS yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak. Tidak masalah jika sekarang ini rumah masih sewa, pastikan kebutuhan anak tercukupi dengan baik.

Kebutuhan ini mencakup apa saja, baik kebutuhan harian hingga kebutuhan pendidikan.

 

#6 Skala Prioritas PNS yang Akan Pensiun

Jika Anda adalah PNS yang sebentar lagi akan pensiun, gadai SK PNS yang dilakukan haruslah dengan tenor waktu yang tidak panjang. Prioritaskan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari setelah dana cair.

Jika ada utang, maka lunasi segera karena nantinya Anda sudah tak berpenghasilan.

 

#7 Skala Prioritas PNS yang Masih Punya Utang atau Cicilan

Agaknya memiliki kondisi ini yang paling sulit diantara beberapa kondisi di atas. Hentikan segera gali lubang dan tutup lubang dengan cara memprioritaskan utang yang ada dendanya.

Jika ada beberapa utang atau cicilan, urutkan mana yang paling cepat jatuh temponya dan yang paling besar bunganya. Setelahnya bayar menggunakan uang dari gadai SK PNS dan upayakan hanya berutang karena SK PNS saja ke depannya.

 

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

Gadai SK PNS? Boleh Jika Alasannya Penting

Harus mantap betul tujuan apa yang ingin didapat dengan cara menggadaikan SK PNS. Betapa sulitnya mendapatkan SK ini dan betapa pentingnya eksistensinya, membuat Anda harus benar-benar mantap dalam membuat keputusan ini.

Pastikan gadai SK PNS ini digunakan untuk hal-hal yang benar-benar penting. Jangan sampai akhirnya hanya digunakan untuk budaya konsumtif saja.

Gadai SK untuk menambah aset, untuk investasi, atau untuk menambah tabungan supaya bisa digunakan untuk jaga-jaga akan lebih oke.

Sebab, nantinya masih ada bunga yang harus ditanggung setiap kali mengangsur.

Anda tidak mau tabungan Anda berjuang hanya untuk bunga yang digunakan untuk budaya konsumtif bukan? Maka dari itu, bijaklah dalam berutang meskipun kali ini menggunakan SK PNS sebagai jaminannya.

 

Lakukan Financial Check Up Sebelum Menggadaikan SK PNS

Anda sudah paham bahwa menggadaikan SK PNS sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang benar-benar penting. Bagaimana skala prioritas yang harus diikuti pun juga sudah disajikan. Anda lebih siap untuk pergi ke Pegadaian dengan membawa SK PNS.

Lebih siap lagi jika Anda sudah melakukan financial check up. Mengetahui berapa hutang maksimal yang dibolehkan berdasarkan pemasukan, kemampuan bayar angsuran, dan info finansial lainnya akan Anda butuhkan.

Di Aplikasi Finansialku, financial check up ini mudah dilakukan dan bisa didapat hasilnya secara gratis. Jadi, sebelum menggadaikan SK, Anda sudah tahu skala prioritas dan budget yang dibutuhkan.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Ternyata, ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum menggadaikan SK PNS. Tentunya, informasi di atas sangat penting sehingga jangan lupa untuk membagikannya pada rekan sejawat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Juli 2020. Sebagai PNS Apa Penyesalan Terbesarmu. Id.quora,com – http://bit.ly/3dnpd4C

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3dpqCb1
  • 02 – https://bit.ly/3dmz5eX