Sebagai PNS, Anda perlu mengetahui usia pensiun PNS supaya dapat mempersiapkan diri. Yuk, simak informasinya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Batas Usia Pensiun PNS

Umumnya, batas maksimal usia kerja adalah 65 tahun dan minimal 53 tahun. Namun, batas usia pensiun PNS ternyata tidak sama. Batas usia pensiun tergantung pada jabatan dan jenis pekerjaan yang dimiliki.

Hal ini terkait dengan dikeluarkannya Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.105-3/99 tertanggal 15 September 2017 tentang Wewenang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pun telah menerbitkan Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tertanggal 3 Oktober 2017 tentang Batas Usia Bagi PNS Yang Memegang Jabatan Fungsional.

Mengacu pada Pasal 239, Pasal 240, Pasal 354, dan Pasal 355 Peraturan Pemerintah Nomor:  11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, menurut surat tersebut telah ditentukan sebagai berikut:

  • PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun diberhentikan dengan hormat sebagai PNS.
  • Batas Usia Pensiun sebagaimana dimaksud yaitu: 1) 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan; 2) 60 (enam puluh) tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya; dan 3) 65 (enam puluh lima) tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.

Kapan Sih Usia Pensiun PNS Siapkan Dana Pensiunnya Yuk! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Takut! Lakukan Perencanaan Masa Pensiun Dengan Ini]

 

Siapkan Dana Pensiun, Yuk!

Saat memasuki usia pensiun, PNS akan mendapatkan gaji pensiun dan tabungan hari tua. Walaupun begitu, hal ini tak lantas membuat Anda tak peduli dengan persiapan dana pensiun.

Akan lebih baik jika Anda tak terlalu bergantung pada apa yang diberikan negara nanti.

Merencanakan pensiun sebaiknya dimulai sejak masih muda. Dengan begitu, Anda jadi memiliki banyak waktu untuk mengumpulkan dana pensiun.

Memang, mempersiapkan hari tua tidak bisa hanya dalam waktu singkat. Banyak orang yang tidak memahami hal ini sehingga kurang persiapan saat masa pensiun tiba.

Yang menjadi kendala, tak banyak orang yang tahu berapa jumlah dana pensiun yang dibutuhkan.

Cara termudah untuk mendapatkan nilai yang harus Anda siapkan sebagai dana pensiun, Anda bisa mengikuti perhitungan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Selain memiliki fitur pencatatan keuangan, aplikasi Finansialku juga memiliki fitur untuk menghitung berapa banyak dana pensiun yang dibutuhkan.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa data Anda. Tak perlu repot-repot menghitungnya dengan rumus yang rumit.

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi Finansialku, Anda dapat mengunduhnya di Google Playstore dan Appstore atau dengan klik link di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah mengetahui besaran dana pensiun yang Anda butuhkan, kini saatnya Anda beraksi untuk mempersiapkannya.

Berikut ini cara mempersiapkan dana pensiun Anda:

 

#1 Sisihkan 10 Persen Pendapatan Anda ke Reksadana

Dalam bukunya yang berjudul 80/20 Principle, Richard Koch menjabarkan sebuah prinsip yang dating dari ahli Ekonomi Italia, Vilfredo Pareto. Prinsip 80/20 Pareto ini menyatakan bahwa 80% hasil berasal hanya dari 20% usaha.

Prinsip ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk finansial.

Dalam buku tersebut, salah satu aspek finansial yang disinggung adalah menyisihkan 10 persen pendapatan untuk diinvestasikan. Reksadana dapat menjadi pilihan Anda.

Kapan Sih Usia Pensiun PNS Siapkan Dana Pensiunnya Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Pensiun? Ini Daftar Bisnis Saat Pensiun Dijamin Cuan!]

 

Reksadana dapat memberi Anda imbal hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu, Anda dapat membeli reksadana dengan nominal yang murah.

Jika ini dilakukan sejak dini, dana pensiun Anda akan semakin besar.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

#2 Manfaatkan Auto Invest

Sistem auto invest membantu Anda menjadi lebih mudah dalam menabung. Pasalnya, sejumlah uang yang telah Anda tentukan di awal akan dipotong langsung untuk investasi sebelum Anda sempat menggunakannya.

 

#3 Mencicil Properti Sejak Muda

Properti dapat menjadi sumber penghasilan pasif bagi Anda ketika pensiun. Untuk memiliki properti di masa tua, tentunya Anda harus membelinya sejak muda.

Jika Anda mencicil properti sejak muda, Anda bisa mengambil tenor maksimal dan membuat nilai cicilannya jadi lebih terjangkau.

 

#4 Jangan Menggunakan Unit Link Untuk Dana Pensiun

Kini, banyak agen asuransi yang menjual unit link untuk dana pensiun. Namun, sebenarnya, unit link bukan pilihan yang tepat.

Pasalnya, hasil return tidak akan optimal. Perlu diingat bahwa unit link merupakan proteksi, bukan investasi.

Kapan Sih Usia Pensiun PNS Siapkan Dana Pensiunnya Yuk! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Aturan Uang Pensiun di Indonesia Biar Makin Matang!]

 

Pensiun Terencana, Hari Tua Sejahtera

Untuk bisa hidup sejahtera, kesehatan dan persiapan finansial adalah hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Biasanya, dua hal tersebut saling berkaitan.

Jika kesulitan finansial, kesehatan akan terpengaruh. Begitupula sebaliknya. Jika kesehatan bermasalah, finansial Anda akan terganggu.

Oleh karena itu, rencanakan dana pensiun Anda sebaik mungkin. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja. Kita tak akan tahu apa yang akan terjadi nanti, kan? Dengan pensiun yang terencana, hari tua Anda pun sejahtera.

 

Itu dia informasi mengenai batas usia PNS pensiun serta persiapan dana pensiunnya. Anda punya pertanyaan mengenai hal ini? Anda dapat menyampaikannya di kolom komentar, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 Oktober 2017. Batas Usia Pensiun PNS Jabatan Fungsional. Menpan.go.id – https://bit.ly/35SvGPj

 

Sumber Gambar:

  • PNS 1 – https://bit.ly/3ct29hU
  • PNS 2 – https://bit.ly/2WlWvIG
  • PNS 3 – https://bit.ly/2T0EcXw