Sudah menjadi cita-cita semua orang untuk dapat menikmati hidup dan pensiun dengan bahagia, namun bagaimana persiapan masa pensiun Anda?

Anda tidak bisa mengharapkan hasil tanpa berusaha. Agar Anda bisa mencapai masa pensiun bahagia, cobalah melihat beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sejak dini berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ingin Pensiun Bahagia? Penting Persiapan Masa Pensiun

Tentunya menjadi impian banyak orang untuk bisa pensiun dengan bahagia dan bisa menikmati hidup tanpa membebani siapa pun. Tetapi apakah Anda juga bisa mencapainya?

Jika Anda ingin meraih cita-cita mulia tersebut, maka Anda perlu mempersiapkannya sejak dini, jauh sebelum Anda memasuki masa pensiun. Mengapa?

Karena persiapan masa pensiun bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk menjamin gaya hidup Anda tetap sejahtera pada masa pensiun nanti.

Sebagai contoh adalah persiapan dana pensiun. Dana pensiun sangat penting untuk menghadapi masa pensiun.

Jika Anda mempersiapkan dana pensiun dengan baik, maka masa pensiun yang akan Anda lewati akan baik pula. Anda tidak perlu khawatir membebani keluarga Anda.

Anda bisa mempersiapkan dana pensiun melalui Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat menghitung dana yang dibutuhkan saat pensiun nanti.

Tanpa panjang lebar lagi, silakan download aplikasi ini pada Google Play Store atau Anda dapat mengakses link melalui gambar berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, dana pensiun bukan satu-satunya cara untuk mempersiapkan masa pensiun.

Masih banyak tips mudah yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang untuk mempersiapkan masa pensiun yang bahagia dan sejahtera.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan beberapa persiapan lain yang perlu Anda persiapkan demi masa tua yang bahagia:

 

#1 Memahami Pentingnya Persiapan Masa Pensiun

Agar Anda termotivasi untuk menyambut masa pensiun dengan sejahtera, maka Anda perlu mengetahui pentingnya persiapan masa pensiun.

Salah satu penyebab 90% orang yang tidak siap menghadapi pensiun adalah karena kurangnya persiapan sejak usia muda. Disinilah pentingnya sebuah PERENCANAAN PENSIUN (retirement plan).

Tak Perlu Takut Hadapi Masa Tua, Ini Produk Dana Pensiun yang Bisa Dipertimbangkan! 02 Dana Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Dengan perencanaan pensiun, Anda akan memperoleh beberapa benefit berikut:

  1. Anda dapat mengetahui estimasi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun.
  2. Anda dapat mengetahui berapa lama Anda harus berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.
  3. Perencanaan dana hari tua akan berperan sebagai peta (penunjuk jalan), untuk memperjelas arah investasi Anda. Tahukah Anda banyak orang terkena investasi bodong karena mereka tidak tahu arah dan tergoda dengan “JANJI” atau “IMING-IMING” keuntungan besar.
  4. Sangat memungkinkan Anda dapat mempertahankan gaya hidup (lifestyle) Anda saat pensiun, sehingga Anda bisa menjalani masa pensiun dengan sejahtera. Syaratnya, jangan terlambat melakukan perencanaan dana hari tua.
  5. Memungkinkan Anda untuk TETAP memiliki sumber pendapatan saat memasuki masa pensiun. Misalnya bunga deposito, pendapatan pasif dan lain sebagainya.
  6. Anda dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam mempersiapkan dana hari tua, jika Anda memiliki perencanaan dana hari tua.

 

#2 Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga

Memang betul Anda perlu memfokuskan diri untuk menabung demi masa pensiun. Tetapi bukan berarti Anda melupakan faktor perlindungannya. Anda perlu mengantisipasi risikonya juga loh!

Caranya adalah dengan memikirkan apa saja risiko keuangan dan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan atau mengeliminasi risiko tersebut.

Generasi Milenial Pensiun Muda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Sebagai contoh, cobalah pertimbangkan beberapa program perlindungan sebagai berikut:

  1. Perlindungan Jiwa

Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang tepat dengan kebutuhan Anda. Gunakan pendekatan objektif untuk menentukan perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan.

Anda kemudian bisa memilih dari banyaknya variasi asuransi jiwa yang beredar di pasaran.

Tips tambahan, jangan lupa melakukan review secara berkala terhadap cakupan perlindungan yang Anda peroleh. Lakukan juga perubahan polis apabila terjadi kejadian yang mengubah kebutuhan Anda.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

  1. Perlindungan Kesehatan

Selain asuransi jiwa, Anda juga perlu memiliki asuransi kesehatan. Terutama apabila Anda memiliki tanggungan (misal: istri atau anak).

Dengan demikian, Anda bisa meminimalisasi dampak finansial yang berhubungan dengan kesehatan.

Jangan pernah beranggapan bahwa Anda masih muda dan tidak membutuhkan asuransi kesehatan. Karena penyakit atau kecelakaan bisa datang kapan saja.

Dengan meminimalkan risiko, Anda tidak perlu khawatir saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga tidak akan membebani keluarga atau menciptakan utang yang tidak perlu.

 

  1. Perlindungan Aset Berharga

Melalui perspektif investasi, diversifikasi membantu untuk mengurangi risiko dari kehilangan seluruh aset berharga Anda apabila terjadi kerugian.

Dengan kata lain Anda mengalokasikan investasi di berbagai pundi, alih-alih menaruhnya di sebuah pundi besar.

Dengan demikian, saat pundi pertama pecah atau hancur, Anda masih memiliki cadangan pundi-pundi yang lain.

Penting juga untuk memilih instrumen investasi yang tepat sesuai dengan tujuan finansial, usia, toleransi risiko, dan jangka waktu yang dimiliki.

 

#3 Pelajari Keterampilan Baru dan Networking

Sebelum pensiun merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan diri. Mempelajari keterampilan baru bisa mengasah otak tetap tajam dan menambah bekal baik bagi masa depan Anda.

Selain itu, keterampilan baru bisa saja membantu Anda mengatur sumber daya dengan lebih baik, sehingga bisa memperoleh lebih banyak dana untuk masa depan Anda.

Jangan khawatir, mempelajari keterampilan baru tidak sulit kok, bahkan bisa dipelajari dalam waktu singkat.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mulai melakukan networking. Pergilah keluar sana dan bertemu dengan banyak orang, terutama di bidang yang Anda minati. Untuk apa?

Saat Anda mengenal banyak orang, jaringan Anda semakin luas. Artinya peluang juga terbuka lebar.

Contohnya, saat saya bertemu dengan rekan-rekan penulis, terkadang saya diberi penawaran proyek baru yang menarik. Ini membuat saya menyadari pentingnya networking, terutama di dunia kerja.

 

#4 Mengubah Pola Pikir

Saya bukan meminta Anda menjadi motivator atau pembicara, disini saya hanya mengharapkan Anda untuk mengambil keputusan berdasarkan pikiran positif. Hal ini akan sangat membantu untuk memperoleh kesuksesan.

Dengan pikiran positif ini, Anda akan merasakan banyaknya perubahan dalam hidup Anda.

Salah satu contohnya adalah saat Anda mulai berhenti serakah dan menghargai apa yang sudah Anda miliki. Anda harus selalu menghargai kerja keras Anda, bagaimanapun hasilnya.

Dengan menghargai apa yang sudah dimiliki, Anda akan berusaha memperbaiki diri secara positif alih-alih menyalahkan diri.

Dengan perubahan pola pikir ini, Anda akan belajar mencintai diri sendiri dan menciptakan mood baik.

Dengan demikian mood baik tersebut akan memberi efek baik bagi Anda dan lingkungan. Segala sesuatu akan menjadi lebih indah jika dilihat dan dikerjakan dengan mood baik.

 

#5 Mempersiapkan Usaha Sampingan

Masa pensiun merupakan suatu masa yang akan dilalui setiap manusia, Anda tidak akan bisa selamanya bekerja.

Bahkan ketentuan mengenai masa pensiun ini pun diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, di mana dijelaskan bahwa usia pensiun untuk seorang pekerja adalah pada umur 55-60 tahun.

Artinya, saat menginjak usia tersebut Anda  seharusnya sudah tidak bekerja. Namun bukan berarti peraturan tersebut tanpa pengecualian.

Persiapan Pensiun 04 Persiapan Pensiun 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Dana Pensiunan Lembaga Keuangan & Siapkan Dana Hari Tua Sekarang!]

 

Anda bisa saja berhenti bekerja, namun memulai aktivitas lain yang akan tetap mengisi waktu Anda.

Anda malah bisa memasuki fase ini dengan reorientation yaitu dengan cara menjalani rutinitas baru, misalnya saja membuka sebuah usaha sampingan yang dapat menambah pemasukan.

Bisnis bagi para pensiunan ini memiliki beberapa kelebihan lho, antara lain:

  • Melatih otak agar tidak mudah pikun
  • Menambah pemasukan untuk masa pensiun yang lebih sejahtera
  • Mengisi waktu agar tubuh dan pikiran tidak menjadi malas

 

Bagaimana? Banyak sekali bukan benefit-nya? Dengan demikian jangan ragu untuk mengisi hari tua dengan aktivitas yang bermanfaat seperti usaha sampingan atau bisnis kecil-kecilan.

 

#6 Fokuslah pada Apa yang Bisa Anda Lakukan Saat ini

Studi menunjukkan bahwa kurang dari 20% pekerja yang berada dalam jalur yang tepat demi menjamin tujuan masa pensiunnya. Nilai ini tergolong sangat kecil.

Terlebih lagi, laporan dari Financial Finesse menunjukkan bahwa 61% dari pekerja tidak tahu apakah simpanan mereka akan cukup untuk menjamin masa pensiun yang bahagia.

Kelompok ini tersesat dalam ketidaktahuan karena kurangnya perencanaan. Seperti sebuah pepatah mengatakan:

 “Those who fail to plan, plan to fail.”

 

Artinya, Anda yang gagal membuat rencana sama saja dengan merencanakan kegagalan. Jangan jadi seperti mereka yang gagal merencanakan, mulailah mengambil kontrol akan masa depan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak menghabiskan waktu untuk memikirkan pusingnya masa depan melainkan bertindak untuk menjadikan masa depan Anda lebih baik.

 

Anda BISA!

Mayoritas orang hanya mencita-citakan masa pensiun bahagia tanpa mempersiapkannya. Ujung-ujungnya mereka merasakan penyesalan yang teramat dalam karena masa pensiunnya tidak seindah yang dibayangkan.

Tetapi Anda bisa belajar dari kesalahan ini dan mempersiapkan masa pensiun bahagia. Jangan lupakan bahwa masa pensiun bukan hanya mengandalkan uang.

Anda perlu mempersiapkannya dari berbagai sisi, seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, rencanakan dan persiapkan masa pensiun Anda secara menyeluruh.

Satu tips lagi, rencanakan masa pensiun Anda sejak dini sebab Anda tidak akan pernah tahu, mungkin 5 tahun lagi Anda sudah bisa pensiun dan bebas finansial.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai persiapan masa pensiun yang tepat selain uang lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Scott Spann. 15 Oktober 2016. Tips to Prepare for Retirement Success (How Improving your Financial Wellness Today Will Lead to Retirement Success). Thebalance.com – http://bit.ly/2GCscnN
  • Agus Dwi. Persiapan Pensiun: 10 Jurus Jitu Menghadapi Masa Pensiun. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/XVNY6j

 

Sumber Gambar:

  • Masa Pensiun – http://bit.ly/2DBrkzf