Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang dapat Anda tanyakan kepada calon penasihat keuangan Anda? Pertanyaan ini diberikan untuk menentukan siapa yang cocok untuk menjadi penasihat keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pertanyaan untuk Mengetahui Kualitas Penasihat Keuangan

Ketika Anda ingin mencari penasihat keuangan yang terbaik, maka Anda akan melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kandidat penasihat keuangan itu. Hal ini dilakukan untuk memastikan Anda dalam menemukan orang yang sesuai.

Anda dapat bertanya tentang pengalaman dan kredibilitasnya. Tapi memang, jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang tersebut, Anda akan merasa kesulitan dalam menentukan orang yang tepat. Apakah hanya orang yang pandai berbicara atau orang yang benar-benar memiliki kualifikasi yang baik.

Ada 5 daftar pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui kualitas dari penasihat keuangan, seperti integritas dan keterampilan berkomunikasinya. Anda dapat mengajukan pertanyaan ini melalui telepon selama sekitar 15 menit, sebagai wawancara singkat sebelum bertatap muka. Anda juga dapat langsung meminta untuk bertemu langsung dengan calon penasihat keuangan.

Apa Perbedaan ROI, ROA dan ROE dalam Keuangan 3 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jasa Seorang Penasihat Keuangan Meningkatkan Pendapatan]

 

#1 Menceritakan tentang klien yang ideal

Memang penasihat keuangan akan memiliki keahlian, tapi Anda perlu menentukan dengan siapa Anda akan berkerja. Jika Anda merencanakan rencana pensiun, kemudian Anda bertanya dan mendapatkan jawaban lebih senang bekerja dengan keluarga muda, maka penasihat keuangan ini bukan yang tepat untuk Anda. Carilah penasihat keuangan yang ideal dengan situasi yang tepat dalam hal usia, tahap hidup dan aset yang Anda miliki.

 

#2 Lamanya dalam berkarir sebagai penasihat keuangan

Disarankan Anda menggunakan jasa penasihat keuangan yang memiliki lebih dari 4 tahun pengalaman kerja. Hal ini dikarenakan mereka harus mengetahui bagaimana siklus atau tahap hidup seseorang. Penasihat yang berpotensi akan memiliki pengalaman sebagai CPA atau di industri perbankan selama bertahun-tahun. Akan tetapi, bukan berarti mereka memiliki penyampaian perencanaan keuangan secara baik kepada kliennya.

Banyak perusahaan profesional yang memberlakukan pengalaman magang sebelum penasihat keuangan dapat diakui secara profesional. Namun, ada beberapa perusahaan yang memberikan pengalaman seperti itu. Oleh sebab itu, Anda perlu menetapkan standar untuk melindungi diri sendiri.

6 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan Terbaik untuk Anda - Finansialku

[Baca Juga: 6 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan Terbaik untuk Anda]

 

#3 Penjelasan konsep yang diberikan oleh penasihat keuangan

Apakah Anda dapat memahami penjelasan mereka? Jika mereka berbicara tidak sesuai atau tidak masuk akal, Anda lebih baik bertanya untuk klarifikasi. Jika Anda masih tidak mengerti apa yang dijelaskan, lebih baik lanjut ke pembicaraan lainnya. Pertimbangkan bahwa Anda akan bekerja dengan seseorang yang dapat menjelaskan konsep keuangan yang Anda dapat pahami.

Berikut ada lima pertanyaan yang dapat ditanyakan terkait dengan hal ini:

  1. Apa yang dimaksud dengan investasi pasif dan investasi aktif?
  2. Bagaimana menentukan berapa banyak uang yang saya harus investasikan di saham dengan obligasi!
  3. Portofolio apa yang sesuai dengan keuangan saya?
  4. Bagaimana menentukan berapa banyak uang yang saya dapat tarik setiap tahunnya tanpa mengganggu keuangan saya!
  5. Apa yang dimaksud dengan anuitas?

 

#4 Asumsi yang digunakan untuk merencanakan pensiun

Perencanaan pensiun membantu Anda untuk melihat berapa banyak uang yang Anda harus sediakan tiap tahunnya dari sekarang. Perencanaan ini didasarkan pada asumsi-asumsi tingkat pengembalian aset-aset Anda yang berkembang, laju inflasi dan kebiasaan pengeluaran pribadi Anda.

Jika Anda menginginkan seseorang yang menggunakan asumsi-asumsi kolot, maka Anda akan berakhir dengan apa yang direncanakan, tidak kurang. Asumsi yang digunakan adalah pertumbuhan aset 5-6% per tahun dengan tingkat inflasi 3% (artinya pengeluaran pribadi akan meningkat 3% per tahun). Jika barang yang dimiliki dijual kemudian, maka tingkat pertumbuhan tahunan hanya 2%.

Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan?]

 

Biasanya asumsi rencana keuangan yang dijalankan menggunakan 12% dari tingkat pengembalian tabungan dan investasi. Sementara itu, 2% untuk tingkat inflasi. Anda memerlukan perencanaan dengan keputusan yang tepat dan realistis.

 

#5 Kompensasi atau biayanya

Penasihat keuangan harus bersedia untuk menjelaskan secara jelas semua biaya jasa yang harus Anda bayarkan serta biaya lainnya terkait dengan investasi atau rencana yang mereka sarankan.

Loyalitas utama seseorang akan memberikan tangannya untuk memberkati. Jika Anda memberikan kompensasi kepada mereka, maka mereka akan memberikan saran-saran dan jasa yang sejalan dengan tujuan Anda.

Apakah Rencana Keuangan dapat Menjamin Kesejahteraan  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Rencana Keuangan dapat Menjamin Kesejahteraan ?]

 

Pahami Apa yang Anda Tanyakan

Ketika Anda memberikan pertanyaan, jangan memberikan pertanyaan yang Anda sendiri pun tidak memahaminya. Anda akan mendapatkan hasil yang baik apabila Anda memberikan pertanyaan dengan gaya bahasa Anda sendiri. Buatlah percakapan yang menyenangkan agar Anda benar-benar mendapatkan orang yang sesuai dengan harapan dan keinginan Anda.

 

Silakan bagikan informasi ini kepada orang yang Anda tahu bahwa orang tersebut sedang mencari jasa penasihat keuangan. Jika Anda memiliki pertanyaan, tuliskanlah pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber:

  • Dana Anspach. 24 Des 2016. Questions to Ask a Potential Financial Advisor. https://goo.gl/8FgxJQ

 

Sumber gambar:

  • Orang – https://goo.gl/NSFgL1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang