Apa saja perusahaan terbesar di Indonesia per tahun 2021 ini? Yuk, ketahui jawabannya pada artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perusahaan Terbesar

Terdapat banyak perusahaan terbesar di Indonesia yang memiliki kinerja yang baik. Perusahaan-perusahaan terbesar tentunya memiliki nilai penjualan serta angka laba bersih yang mencapai hingga triliunan rupiah.

Hasil sebesar itu tentunya diperoleh dari kinerja perusahaan yang terbaik. Perusahaan-perusahaan besar ini juga biasanya produknya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Kinerja yang baik dari perusahaan salah satunya dapat tercermin dari loyalitas pelanggannya. Perusahaan terbesar di Indonesia ini ternyata tidak hanya perusahaan milik negara saja lho, ada juga perusahaan swastanya.

Yuk, ketahui perusahaan apa saja yang terbesar di Indonesia.

Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Per 2021, Lengkap! 01 - Finansialku

[Baca Juga: OJK Cabut Izin 2 Perusahaan Multifinance, Ini Alasannya]

 

Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Per 2021

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi informasi perusahaan terbesar di Indonesia per tahun 2021. Berikut daftar perusahaannya.

 

#1 Pertamina

Perusahaan terbesar di Indonesia yang pertama adalah Pertamina, merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sudah berdiri sejak tahun 1957. Perusahaan ini bergerak di bidang eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas.

Setiap tahunnya, perusahaan BUMN ini membukukan penjualan dan laba bersih yang fantastis, lho. Angka penjualannya bisa mencapai ratusan triliun, bahkan, dengan laba yang fantastis juga.

Bahkan, perusahaan ini pernah mencatatkan penjualan hingga Rp 826,3 triliun dengan laba Rp 35,9 triliun per 2018.

 

#2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Bank yang satu ini merupakan perusahaan BUMN yang memiliki reputasi yang baik di Indonesia. Bank Mandiri ini merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dilihat dari segi aset, pinjaman, serta deposit yang dimiliki.

Untuk penyaluran kreditnya, bank ini bisa mencapai Rp 820,1 triliun. Selain itu untuk laba bersihnya juga berhasil mencapai Rp 25 triliun per 2018 dan mengalami peningkatan laba bersih ke 27,5 triliun per 2019.

Bank Mandiri ini memiliki beberapa anak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah Bank Syariah Mandiri, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Sekuritas, AXA Mandiri Financial Service, Bank Sinar Harapan Bali, dan Mandiri AXA General Insurance.

 

#3 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Perusahaan terbesar di Indonesia berikutnya adalah Bank Rakyat Indonesia yang juga sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar. Bank ini merupakan bank tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1896.

Bank yang satu ini mengkhususkan diri untuk pembiayaan berskala kecil dan mikro finansial melalui pinjaman kepada setidaknya 30 juta klien ritel yang mereka miliki.

Bank ini memiliki beberapa anak perusahaan yaitu BRI Remittance, Bank Jasa Arta, BRI Multifinance Indonesia, Bank BRI Agroniaga, Dana Pensiun Bank Rakyat Indonesia, dan Bank BRI Syariah.

Nilai penjualan berupa penyaluran kredit BRI pernah tercatat sebesar Rp 808,9 triliun. Sedangkan untuk laba yang dibukukannya mencapai Rp 32,4 triliun per 2018 dan mengalami kenaikan laba bersih ke 34,4 triliun di tahun 2019.

Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Per 2021, Lengkap! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gebrakan Erick Thohir dan Perusahaan BUMN Di Masa Depan]

 

#4 PT Bank Central Asia Tbk.

Berbeda dengan kedua bank sebelumnya, BCA ini merupakan bank swasta. Walaupun bank swasta, ternyata pencapaian BCA tidak kalah dengan bank-bank BUMN lho. Bahkan, saat ini BCA berada di posisi sebagai bank swasta terbesar di Indonesia.

Bank ini menjadi salah satu penyedia jasa keuangan yang memberikan berbagai produk yang penuh dengan inovasi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak nasabah yang loyal selama bertahun-tahun.

Selain itu, dengan reputasi BCA yang baik di kalangan para pencari kerja maka jumlah peminat yang ingin melamar pun juga selalu banyak sepanjang tahunnya.

Untuk penyaluran kredit yang dilakukan BCA dapat mencapai sekitar Rp 679,8 triliun. Sedangkan labanya mencapai Rp 25,9 triliun per 2018 dan mengalami peningkatan laba bersih hingga 28,6 triliun per 2019.

 

#5 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Bank Negara Indonesia atau BNI ini merupakan bank BUMN. Selain di Indonesia, bank ini juga memiliki cabang di luar negeri seperti di Seoul, Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, dan New York.

BNI memiliki banyak anak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah BNI Sekuritas, BNI Multifinance, BNI Life Insurance, BNI Remittance, BNI Syariah, dan perusahaan lainnya.

BNI melakukan penyaluran kredit sebesar Rp 512,51 triliun. Sedangkan untuk laba bersihnya mencapai Rp 15 triliun per 2018 dan naik menjadi Rp 15,4 triliun per 2019.

 

#6 PT Astra Internasional

Perusahaan terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Astra Internasional yang dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Bahkan perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang bergerak di sektor otomotif.

Namun, ternyata sebenarnya perusahaan ini juga memiliki berbagai ruang lingkup kegiatan.  Beberapa di antaranya perindustrian, perdagangan umum, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, sampai jasa konsultasi.

Astra Internasional ini telah berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak Rp 239,21 triliun. Sedangkan untuk laba bersihnya mencapai Rp 21,67 triliun per 2018 dan 2019.

 

#7 Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk.

Selama bertahun-tahun, bank BUMN satu ini telah berhasil menunjukkan kinerja yang baik. Bank Tabungan Negara ini berhasil dalam bisnis perumahan melalui fasilitas kredit perumahan rakyat.

Untuk penyaluran kreditnya, bank ini membukukan hingga Rp 220,07 triliun. Sedangkan untuk laba bersih yang diperoleh mencapai Rp 3,2 triliun.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

#8 PT Bank Danamon, Tbk.

Bank ini berdiri pada tahun 1956 yang pada awalnya bernama PT Bank Kopra Indonesia. Kemudian, pada tahun 1976 berganti nama menjadi Bank Danamon. Bank ini merupakan bank pertama dalam hal pertukaran mata uang asing.

Selain itu, bank ini juga menjadi bank devisa pertama di Indonesia. Beberapa lini Bank Danamon yang bergerak di bidang perbankan adalah Enterprise Banking and Financial Institution, Transaction Banking dan Perbankan Konsumen. 

Bank Danamon ini telah melakukan penyaluran kredit sebesar Rp 178,2 triliun pada tahun 2018. Selain itu, juga mengalami kenaikan laba sebesar Rp 3,9 triliun dibandingkan tahun 2017.

 

#9 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk.

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan PT Telekomunikasi Indonesia atau yang lebih akrab disebut Telkom Indonesia. Perusahaan plat merah satu ini merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini telah berhasil mencapai penjualan hingga Rp 130,78 triliun. Sedangkan nilai labanya yang cukup tinggi mencapai Rp 18 triliun dan mengalami peningkatan di tahun 2019 menjadi Rp 18,7 triliun.

Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Per 2021, Lengkap! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dampak Pandemi Pada Perusahaan Fintech Indonesia. Lumpuh Gak?]

 

#10 PT Hanjaya Mandala Sampoerna

Perusahaan terbesar di Indonesia yang terakhir adalah PT Hanjaya Mandala Sampoerna atau yang sering disebut Sampoerna yang merupakan salah satu perusahaan rokok yang terbesar di Indonesia.

Produk utama dari perusahaan ini adalah Dji Sam Soe dan A Mild. Penjualan Sampoerna mencapai Rp 106,74 triliun. Dan untuk laba bersihnya mencapai Rp 13,5 triliun dan mengalami peningkatan menjadi 13,7 triliun.

 

Berinvestasi atau Bekerja di Perusahaan Terbesar di Indonesia

Tentunya perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia tersebut telah membuktikan bahwa mereka mampu bertahan untuk di berbagai kondisi perekonomian.

Untuk perusahaan yang sudah terbuka, maka Anda dapat membeli sahamnya melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan tersebut, ya.

 

Jadi, Anda sudah tahu kan semua perusahaan terbesar di Indonesia di atas? Silakan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia, ya.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Desember 2020. 30 Perusahaan Terbesar di Indonesia. Smartpresence.id – https://bit.ly/35Lcft3
  • Lip M. Aditiya. 14 November 2020. Inilah 10 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Pendapatannya Fantastis!¬†Goodnewsfromindonesia.id – https://bit.ly/3szj8rk
  • Cynthia Novianti. 6 Agustus 2020. 15 Perusahaan Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Laba Bersih Tahun 2020. Tertarik Melamar Ke Sini?¬†99.co – https://bit.ly/2M0HMjO
  • Admin. 28 April 2020. 12 Nama Perusahaan Besar Paling Rekomendasi untuk Melamar Kerja. Rumah.com – https://bit.ly/3p2KQu0
  • Indo Premier IPOT Stock. 2021. Saham. Indopremier.com – http://bit.ly/3b6oe6q

 

Sumber Gambar:

  • Perusahaan 1 – http://bit.ly/2OGQAN1
  • Perusahaan 2 – http://bit.ly/3u3scVO
  • Perusahaan 3 – http://bit.ly/3tZ212L