Tidak semua produk asuransi kendaraan akan cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Artikel ini akan membahas alasan pindah asuransi mobil.

Simak artikel ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan salah satu jenis asuransi yang paling banyak dimiliki oleh penduduk Indonesia. Asuransi kendaraan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis melalui jenis kendaraan yang diasuransikan.

Untuk asuransi mobil, terdapat dua jenis asuransi, tergantung pada perlindungan yang diberikan. Yang pertama adalah asuransi mobil TLO (Total Loss Only) dan asuransi mobil All Risk.

Asuransi mobil TLO adalah sebuah asuransi mobil yang memberikan perlindungan asuransi mobil jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75%.

Berbeda dengan asuransi mobil TLO, asuransi mobil All Risk adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan jika kendaraan mengalami kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam polis. 

Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi Mobil 02

[Baca Juga: Bingung Cari yang Tepat? Baca Yuk “Pengalaman Cari Asuransi Mobil”]

 

Biasanya premi untuk asuransi TLO lebih murah dibandingkan dengan asuransi All Risk. Hal ini karena risiko yang di-cover oleh asuransi All Risk lebih besar dibandingkan asuransi mobil TLO.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi

Di bawah ini adalah beberapa kasus yang dapat menjadi alasan Anda untuk mencari asuransi mobil lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#1 Perlindungan yang tidak maksimal

Salah satu tujuan utama memiliki asuransi adalah untuk memberikan perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda.

Namun jika perlindungan tersebut Anda rasa kurang, tentu alasan tersebut cukup kuat untuk membuat Anda pindah asuransi mobil. Tentu kebutuhan perlindungan ini berbeda untuk setiap orang.

Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi Mobil 03

[Baca Juga: Tenggelam, Gimana Klaim Asuransi Mobil Akibat Banjir Jakarta?]

 

Oleh karena itu, Anda harus mencari asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan yang memang menurut Anda penting.

Anda pun dapat pindah asuransi mobil apabila asuransi Anda yang sekarang tidak memiliki pertanggungan spesifik yang Anda inginkan. Saat Anda memiliki keraguan seperti ini, sebaiknya, cari perusahaan asuransi baru dan pilihlah produk yang paling sesuai.

 

#2 Sulit mencari bengkel rekanan

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki organisasi rekanan, misalnya asuransi kesehatan dengan rumah sakit.

Begitu pula dengan asuransi kendaraan, yang memiliki rekanan bengkel untuk memperbaiki kerusakan pada mobil yang terasuransikan.

Kualitas bengkel akan menentukan kualitas hasil kerja perbaikan mobil. Tentu banyak faktor lain yang menentukan baiknya rekanan bengkel sebuah perusahaan asuransi.

Apabila rekanan bengkelnya banyak, maka akan semakin mudah Anda mencari bengkel di saat Anda membutuhkannya. Kedua, apabila bengkel rekanan letaknya terlalu jauh dari lokasi kerja taau tempat tinggal, maka akan sulit Anda mengunjunginya.

Ketiga, pelayanan bengkel yang memuaskan akan membuat Anda lebih nyaman di bengkel tersebut.

Anda dapat mempertimbangkan pilihan bengkel rekanan menjadi salah satu faktor untuk mencari asuransi kendaraan lain. Pastikan bahwa rekanan bengkel beragam dan dapat dijangkau dengan mudah karena risiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

 

#3 Akses komunikasi yang sulit

Salah satu perusahaan asuransi yang baik adalah mudah dihubungi dan dapat dihubungi dari berbagai cara.

Tidak heran para perusahaan asuransi berbondong-bondong mempromosikan mudahnya akses ke mereka baik melalui telepon, SMS, online, atau bahkan melalui agen.

Akses komunikasi ini sangat penting.

Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi Mobil 04

[Baca Juga: Jangan Salah! Kenali Dulu Serba Serbi Asuransi Mobil Mewah]

 

Ketika terjadi risiko, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan untuk memberitahukan kejadian.

Jika Anda kesulitan menghubungi layanan pelanggan, maka ini dapat menjadi salah satu alasan Anda untuk berpindah asuransi.

Pastikan bahwa asuransi baru tersebut mudah dihubungi dan memberikan layanan yang efektif.

 

#4 Pengalaman buruk dengan klaim

Salah satu faktor yang tidak bisa diremehkan adalah mudahnya pengajuan klaim. Berkendara memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi, oleh karena itu, tidak sedikit orang yang melakukan klaim lebih dari 1x setahun.

Bayangkan jika pengajuan klaim rumit dan bertele-tele, tentu hal ini akan merepotkan serta menghabiskan waktu dan tenaga.

Selain itu, biaya pengajuan klaim juga harus diperhatikan.

Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi Mobil 05

[Baca Juga: Kenali 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah Di Indonesia Serta Cara Pilihnya!]

 

Biasanya pemegang polis harus membayar sejumlah uang untuk setiap klaim kerusakan. Layaknya asuransi lain, pengajuan klaim dan biaya klaim pada asuransi kendaraan juga harus menjadi faktor haruskah Anda bertahan dengan perusahaan asuransi tersebut.

Beberapa ciri layanan klaim yang buruk misalnya respon layanan lambat, penyedia asuransi melempar tanggung jawab, klaim dapat dilakukan dengan syarat yang tidak tertulis di polis.

Jika Anda mengalami hal tersebut, sudah saatnya Anda mencari penyedia asuransi kendaraan lain. Untuk menghindari hal serupa terjadi di kemudian hari, sebaiknya Anda melakukan riset kecil sebelum memilih perusahaan asuransi.

Selain itu, Anda pun dapat melakukan perbandingan dengan perusahaan asuransi lain dan menanyakan pendapat teman dan keluarga mengenai perusahaan asuransi tersebut.

 

Pindah Menjelang Akhir Periode Premi

Memang benar Anda dapat berpindah asuransi kapan saja. Namun ada baiknya untuk menanti hingga menjelang akhir periode premi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerepotan urusan pengembalian dana premi yang tidak terpakai.

Yuk rencanakan asuransi Anda dengan aplikasi Finansialku. Download di App Store atau Google Store ya!

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda lebih mengetahui mana produk asuransi yang dapat Anda pertahankan dan kapan sebaiknya Anda berpindah.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • JTO. 30 Januari 2015. 4 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah Penyedia Asuransi Mobil. Cekaja.com – https://bit.ly/2IfbbBH

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 01 – https://bit.ly/3b1UwOj
  • Asuransi 02 – https://bit.ly/3aZc8Kx
  • Asuransi 03 – https://bit.ly/2QlUmcG
  • Asuransi 04 – https://bit.ly/2WdaUY1
  • Asuransi 05 – https://bit.ly/2INHacf