Butuh pinjaman, di mana dan bagaimana ya supaya pengajuan pinjaman online cepat cair, aman, dan terjamin?

Kali ini Finansialku akan membahas mengenai Pinjaman Online cepat cair berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu Pinjaman Online?

Saat ini banyak sekali penyelenggara pinjaman nonbank. Berbentuk fintech, perusahaan-perusahaan ini mendistribusikan jasa pembiayaan berbasis internet.

Pinjaman online merupakan fasilitas pinjaman uang oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online.

Sayangnya, pengajuan pinjaman online masih tergolong alot. Kali ini Finansialku punya ulasan agar pengajuan pinjaman bisa dengan cepat di-approve dan dana bisa segera dicairkan.

 

Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Sebetulnya, pinjaman online tanpa jaminan serupa dengan Kredit Tanpa Agunan. KTA memungkinkan nasabah mengajukan pinjaman tanpa menjaminkan surat berharga atau pun aset.

Tapi, mayoritas penyelenggara KTA mengharuskan peminjam punya credit card.

Hal tersebut dimaksudkan agar riwayat pinjaman seseorang bisa dilacak. Kalau sebelumnya lancar membayar tagihan credit card, maka kemungkinan approve pinjaman akan lebih besar.

Ingin Pinjaman Online Cepat Cair_ Pahami Dulu Beberapa Hal Ini! 02

[Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Pinjol (Pinjaman Online) Mau Disetujui]

 

Meski mirip, pinjaman online nggak membutuhkan kartu kredit. Bahkan beberapa hanya mensyaratkan KTP.

Biasanya, layanan ini ditujukan untuk orang-orang yang belum bisa mengajukan pinjaman di bank atau yang tinggal di wilayah dengan layanan perbankan yang minim.

Meski begitu, layanan ini punya bunga yang jauh lebih tinggi, mengingat risikonya yang banyak. Kalau kamu ingin bunga yang lebih rendah, kamu bisa ajukan pinjamannya ke bank.

Melakukan pinjaman online sebaiknya dihindari, namun apabila Anda sangat membutuhkannya, Anda perlu didampingi seorang Konsultan Keuangan agar pinjaman Anda tidak membuahkan utang.

Anda bisa gunakan layanan jasa para Financial Planner untuk berkonsultasi. Aplikasi Finansialku memberikan layanan konsultasi dengan para Financial Planner melalui fitur Tanya Jawab.

 

Amankah Bentuk Pinjaman Online Cepat Cair?

Pinjaman online tergolong aman jika situs pemberi pinjaman diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kamu patut berhati-hati pada situs yang tidak diakui OJK.

Bisa saja UI-nya sangat rapi, tapi kamu tidak pernah tahu seperti apa motif di belakangnya. Situs penyedia jasa pinjaman online biasanya membubuhkan logo OJK di header website mereka.

Berdasarkan data Satgas Waspada Investasi, per Desember tahun lalu, terdapat 404 platform fintech yang ditemukan. Dipastikan jumlah itu akan terus bertambah seiring waktu.

 

Jenis Pinjaman Online Cepat Cair Yang Populer di Indonesia

Kamu perlu tahu bahwa pinjaman online ternyata tidak hanya satu ini, lho. Masing-masing punya fungsi yang berbeda.

 

#1 Pinjaman Online dengan KTP

Syarat pengajuan ini begitu sederhana, yaitu Kartu Tanda Penduduk. Kamu tidak membutuhkan kartu keluarga, apalagi kartu kredit.

Tapi, tenor pinjaman jenis ini cenderung singkat, biasanya hanya berkisar antara dua sampai tiga bulan.

Risiko Pinjaman Online - Finansialku

[Baca Juga: Diblokir OJK: Daftar Nama 140 Pinjaman Online Ilegal]

 

Besaran pinjaman jenis ini dibatasi hingga Rp6 juta. Meski beberapa ada yang menawarkan hingga Rp15 juta, biasanya fintech memintamu untuk menyertakan slip gaji.

 

#2 Peer to Peer Lending

Peer to peer lending fokus pada bantuan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang minim jangkauan bank. Palform ini mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman.

Kelebihannya, peminjam bisa memperoleh dana dengan lebih cepat, sementara pemberi pinjaman akan bertindak seperti investor yang menikmati keuntungan berupa imbal hasil investasi.

Bunga peer to peer lending berkisar antara 7 hingga 9 persen per tahun dan besaran pinjaman bisa mencapai ratusan juta.

Sebenarnya, nggak semua peer to peer lending eksklusif melayani pengusaha, berbagai kebutuhan konsumtif seperti pendidikan, kesehatan, dan pembiayaan lain juga bisa dilayani.

 

Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Tidak terlalu sulit mengenali situs penyedia pinjaman online cepat cair yang terdaftar di OJK, karena biasanya fintech akan memajang logo OJK di situsnya.

Menurut laporan OJK yang dirilis Februari lalu, ada 99 perusahaan fintech yang terdaftar di lembaga tersebut.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman tunai, kamu bisa menggunakan platform yang Finansialku rekomendasikan di bawah ini:

 

#1 Akseleran

Fintech ini adalah salah satu platform peer to peer lending terkenal di Indonesia. Di tahun 2018, Akseleran menyalurkan peminjaman dengan total Rp175 miliar ke 363 peminjam.

Jika kamu berminat mengajukan pinjaman ke fintech ini, kamu hanya perlu mendaftar di situsnya, kemudian membubuhkan KTP, NPWP, dan nomor rekening.

WASPADA Dengan Modus Pinjaman Online! Jangan Sampai Terjadi Kepada Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Guys! Ketahui Dulu Risiko Pinjaman Online Yang Dapat Menghantuimu!]

 

Syarat untuk mengajukan pinjaman di Akseleran diantaranya:

  1. Pinjaman ditujukan untuk usaha.
  2. Berdomisili di Jabodetabek, Banten, atau Bandung.
  3. Memiliki usaha yang telah berjalan lebih dari setahun dan telah mencetak laba bersih.

 

#2 Pasar Pinjam

Pasar Pinjam menyediakan jasa pinjaman bagi masyarakat. Cara pengajuan pinjaman di Pasar Pinjam juga sangat gampang, yaitu:

  1. Unduh aplikasi Pasar Pinjam di smartphone.
  2. Isi data diri yang diminta. Jangan melewatkan satu form
  3. Pilih jumlah dan ayang ingin diajukan.
  4. Tunggu proses verifikasi.

Sementara itu, syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mengajukan pinjaman antara lain:

  1. Berpenghasilan minimal Rp3,5 juta.
  2. Berdomisili di Jabodetabek.

 

#3 Koinworks

Koinworks menghubungkan pemberi pinjaman dan peminjam dalam mekanisme yang mutakhir.

Fintech tidak hanya menyediakan pinjaman usaha, melainkan pemenuhan kebutuhan konsumtif, seperti pendidikan dan pengobatan – dan memang dibatasi untuk itu.

Untuk dua keperluan terakhir, kamu hanya bisa mengajukan pendanaan di pihak-pihak yang sudah bekerja sama koinworks aja, lho.

 

#4 Modalku

Bisa dibilang, Modalku adalah pelopor pinjaman online di Indonesia. Saat ini, lebih dari Rp5 triliun dana sudah disalurkan ke UKM.

Mereka bisa menyediakan layanan pinjaman hingga 2 miliar dan memiliki fitur invoicing financing, di mana peminjam bisa mendapat pendanaan dengan menjaminkan invoice.

Fintech ini mendapatkan bantuan dana dari Sequoia India, Alpha JWC Ventures dari Indonesia, serta Golden Gates Ventures.

 

Bijak Memilih Platform Penyedia Pinjaman

Selain empat platform di atas, masih banyak penyedia pinjaman lain yang nggak kalah keren. Yang harus kamu ingat, usahakan jaga riwayat pinjamanmu sebaik mungkin agar pengajuan selanjutnya lebih mudah disetujui.

Jangan lupa juga, hanya pinjam dana di situs yang terdaftar di OJK!

 

Nah, sekarang kamu sudah lebih mengerti mengenai pinjaman online, bukan? Tapi masih banyak orang terjebak dalam lingkaran pinjaman online yang berakhir dengan terlilit utang.

Bagikan artikel bermanfaat ini pada rekan-rekanmu supaya orang bisa lebih teredukasi dan menghindari jeratan pinjaman online yang berujung utang.

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 31 Maret 2019. Mau Cari Pinjaman Online Cepat Cair? Baca Ini Dulu. Moneysmart.com – https://bit.ly/2o8vARN
  • Tim Online Pajak. 29 Agustus 2018. Definisi dan LATAR Belakang Pinjaman Online. Online-pajak.com – https://bit.ly2Bat15C

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman Online Cepat Cair 01 – http://bit.ly/2PCcUpB
  • Pinjaman Online Cepat Cair 02 – http://bit.ly/2pVn0a5