Bagaimana Cara Melunasi Utang Untuk Pasangan Muda?

Bagaimana cara melunasi utang untuk pasangan muda? Apakah ada cara terbaik yang bisa dilakukan untuk pasangan muda?

Menurut temuan survei, satu dari lima responden mengalami stres tingkat yang cukup tinggi yang mengakibatkan insiden kerusakan kesehatan mental dan fisik.

Survei tersebut menemukan bahwa orang yang memiliki utang mengalami 13 kali kesulitan untuk tidur di malam hari, memiliki 7 kali kecemasan yang berlebihan, dan rentan berisiko terhadap penyakit. Menakutkan bukan…??

So, kita perlu melunasi utang kita agar hidup lebih tenang. Nah, caranya ada di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Melunasi Utang untuk Pasangan Muda

Seorang peneliti dari Utah State University bernama Jeffrey Dew mengatakan bahwa pasangan yang terlibat masalah utang, semakin jarang menikmati kebersamaan, mereka lebih sering bertengkar dan merasa kurang bahagia.

Dibandingkan dengan masalah-masalah lain dalam pernikahan, pertengkaran soal utang dan keuangan biasanya berlangsung lebih lama.

Bagaimana Cara Melunasi Utang Untuk Pasangan Muda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tahun Menikah, Masih Sulit Mengatur Keuangan: Banyak Utang dan Ga Bisa Nabung. Gimana Solusi Buat Keluarga Saya?]

 

Dalam beberapa penelitian telah diungkapkan bawah rata-rata orang yang sering berutang itu adalah orang yang memiliki pendapatan rendah dan pengeluaran tinggi. Ditambah lagi dengan adanya kartu kredit, maka berutang itu menjadi hal yang perlu dilakukan untuk mendukung gaya hidup yang dianutnya.

Inilah strategi yang bisa Anda lakukan untuk melunasi utang-utang Anda.

 

#1 Buat Daftar Utang

Bisa Anda bayangkan bila Anda tidak memiliki daftar utang yang harus Anda bayar. Mungkin Anda akan kebingungan untuk menentukan yang mana harus dibayar. Atau yang lebih parah lagi membuat Anda lupa akan jatuh temponya sehingga dikenakan denda.

Solusi yang tepat untuk Anda agar tidak mendapatkan masalah ini adalah dengan menyusun daftar utang yang dimiliki. Susunlah daftar utang yang Anda miliki.

Misalnya dengan tabel berikut ini:

UtangSisa Pokok (Rp)Bunga % per Tahun
KPR1.000.000.00010
Kartu Kredit A5.000.00031,2
Kartu Kredit B7.000.00032
KTA30.000.00017,52

 

#2 Stop Menambah Utang Baru

Yang selalu menjadi masalah dari utang adalah gaya hidup konsumtif Anda. Ketika Anda ingin memenuhi gaya hidup, maka utang pun akan digunakan.

Sebelum Anda melunasi utang yang sudah ada, sebaiknya Anda stop untuk menambah utang yang baru.

Jangan sampai, saat ini Anda melakukan gali lubang tutup lubang. Karena dengan sistem seperti ini akan membuat utang baru yang bunganya justru lebih besar daripada utang yang lama.

Pasangan Baru, Ini 10 Hal yang Tidak Anda Sadari Bisa Bikin Anda Bangkrut! Yuk Cegah Sekarang Juga! 02 Stres - Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasianya: Cara Terbebas Dari Utang! Lakukan!]

 

Utang jenis kartu kredit yang berjalan dengan bunga tertentu akan membuat utang Anda menjadi semakin tinggi.

Lalu, di sisi lain ada tawaran untuk mengajukan KTA dari pihak bank yang sama, dengan alasan utang kartu kredit terlalu tinggi dan sebaiknya berutang di KTA saja, dengan cara melunasi utang sebelumnya terlebih dahulu.

Ini juga sistem yang salah, kartu kredit atau KTA sama saja, jika sudah menjadi utang, nilainya akan semakin tinggi.

 

#3 Tambah Penghasilan

Tambah pemasukan dengan cara-cara kreatif. Ingat tambahan pemasukan digunakan untuk melunasi utang. Anda dapat menjadi freelance di beberapa website penyalur jasa freelance, contoh: Sribulancer, Project.co.id.

Anda juga dapat memanfaatkan peluang bisnis online yang ada di internet.

Dan berhati-hatilah dengan jalan pintas (shortcut). Investasi dengan hasil yang fantastis. Jalan pintas = penipuan.

 

#4 Lunasi Satu Persatu Utang

Lunasi satu persatu utang yang ada dengan menggunakan strategi.

 

Konsolidasi Utang

Konsolidasi utang adalah penggabungan dari beberapa pinjaman menjadi satu pinjaman yang besar.

Konsolidasi utang memungkinkan orang-orang dengan beberapa utang untuk menggabungkan semua pinjaman bunga tinggi menjadi satu pinjaman lebih besar yang menawarkan tingkat suku bunga relatif lebih rendah. Umumnya, semakin banyak Anda meminjam, semakin rendah biaya pinjamannya (suku bunga dikenakan atas pinjaman tersebut).

Oleh karena itu, jika Anda memiliki beberapa utang, menggunakan pinjaman pribadi untuk mengkonsolidasikan utang-utang itu berpotensi mengurangi bunga yang Anda bayar.

Selain menghemat uang untuk membayar bunga, konsolidasi utang juga menyediakan kenyamanan membayar semua utang Anda melalui satu pinjaman.

Pada banyak kasus, orang biasanya mendapatkan KPR, cicilan mobil dan KTA dari lembaga yang berbeda.

Selain suku bunga yang beragam, pinjaman ini juga memerlukan pembayaran yang berbeda dalam hal waktu pembayaran, yang bisa membuat Anda kesulitan, belum lagi merepotkan untuk dikelola.

Cara Mengatur Keuangan Pasangan Muda Digabung vs Dipisah, Kamu Pilih Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengerikan! Terlilit Utang Hingga Hampir Bunuh Diri, Jangan Sampai Anda Juga!]

 

Mengkonsolidasikan semua utang Anda ke dalam utang tunggal membantu Anda dengan mudah mengelola transaksi melalui satu pembayaran bulanan.

Anda perlu ingat bahwa dengan mengkonsolidasikan utang yang Anda punya, maka pembayaran bulanannya akan besar.

Oleh karena itu, jika peminjam tidak mengelola keuangan saat ini dan masa depan dengan baik, mereka bisa terperangkap ke dalam jebakan utang.

Namun perlu diingat bahwa konsolidasi utang ini bukanlah solusi atas utang Anda, melainkan hanya menggabungkan semua utang Anda ke dalam satu lump sum.

Jika pembayaran bulanan Anda saat ini di bawah pinjaman konsolidasi utang tampak lebih kecil, itu bisa terjadi karena jangka waktu pinjaman lebih panjang, yang berarti Anda berpotensi bisa membayar bunga lebih besar dari yang sebelumnya.

 

Debt Avalanche

Metode Debt Avalanche adalah membayar utang sesuai urutan dari yang suku bunganya tinggi sampai terendah.

Susunlah tagihan dan dokumen cicilan Anda kemudian periksa syarat dan kondisi pinjaman untuk menentukan suku bunga yang dikenakan pada tiap utang yang dimiliki.

Walaupun Anda berfokus melunasi utang satu persatu pastikan semua pembayaran minimum dari tagihan Anda terpenuhi setiap bulannya.

sebelum-menikah-tanyakan-5-hal-keuangan-ini-ke-pasangan-anda

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Utang Pinjaman Untuk Membuat Kaya?]

 

Yang perlu Anda perhatikan dari metode ini adalah:

  1. Pastikan membayar tagihan yang mempengaruhi prioritas Anda. Anda perlu perhatikan dalam hal biaya tahunan yang bisa dihindari jika kartu kredit dilunasi dan ditutup, namun hal ini akan mempengaruhi skor kredit Anda. Beberapa pinjaman memiliki denda jika dilunasi sebelum waktunya sehingga pelunasannya sebaiknya mengikuti jadwal yang ditentukan.
  2. Pastikan memperhatikan tagihan-tagihan tertentu yang suku bunganya dapat berubah, misalnya pada kartu kredit yang memiliki suku bunga perkenalan. Prioritas Anda dapat sesuai perubahan suku bunga.
  3. Gunakan suku bunga saat menyusun prioritas. Suku bunga efektif adalah suku bunga yang juga memperhitungkan pengurangan akibat pajak. Biasanya suku bunga ini terdapat pada hipotek atau pinjaman pelajar. Karena pembayaran bunga pada pinjaman ini dapat mengurangi pajak, biayanya menjadi lebih rendah dari yang suku bunga.

 

Jika Anda benar-benar ingin terlepas dari lilitan utang, Anda akan menghapuskan semua beban yang tidak penting dan menyalurkan pendapatan sebanyak-banyaknya untuk melunasi utang ini.

Dengan demikian, utang cepat lunas dan Anda bisa beralih ke utang berikutnya.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat investasi untuk pasangan muda. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Debt Snowball

Pada metode ini maka Anda harus prioritaskan melunasi utang dengan sisa pokok utang terendah. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka utang yang Anda miliki.

Buatlah jadwal utang yang pertama kali akan dilunasi mulai dari jumlah utang terkecil sampai yang terbesar.

Pastikan Anda juga mempertimbangkan pembayaran minimum tiap utang sebelum menyalurkan semua dana untuk melunasi utang pertama Anda.

Slide Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah Coba Praktikkan Cara Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menghitung Simulasi Utang dengan Aplikasi Finansialku]

 

Jangan sampai utang Anda bertambah karena tidak membayar pembayaran minimum ini tiap bulannya. Anda akan melunasi dari utang ke utang.

Waktu pembayaran akan lebih lama karena jumlahnya akan semakin besar, namun jagalah semangat Anda dan lanjutkan pembayaran sembari mengingat utang pertama yang sukses Anda lunasi. Teruskan pelunasan sampai Anda bebas utang.

 

#5 Setelah Lunas, Selanjutnya

Jika Anda sudah bebas utang, sekarang saatnya Anda mulai merencanakan keuangan untuk mencapai keamanan keuangan dan kenyamanan keuangan.

 

Utang Produktif dan Utang Konsumtif

Pelajaran penting yang perlu Anda pahami, yaitu:

  • Utang produktif (utang untuk beli aset) dapat membuat kita sejahtera.
  • Utang konsumtif (utang untuk beli liabilitas) dapat membuat kita sengsara.

 

Apakah Anda sudah melakukan cara tersebut untuk melunasi utang? Apa kesulitan dan kendala Anda? Yuk, berikan komentar dan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Cara Melunasi Utang untuk Pasangan Muda – https://goo.gl/s7vvre
  • Akibat Tidak Melunasi Utang – https://goo.gl/1noy9c

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Bagaimana Cara Melunasi Utang Untuk Pasangan Muda?
Article Name
Bagaimana Cara Melunasi Utang Untuk Pasangan Muda?
Description
Bagaimana cara melunasi utang untuk pasangan muda? Apakah ada cara terbaik yang bisa dilakukan untuk pasangan muda?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Eunike Oktavia Tejosusilo, SE., M.Ak., Ak., CA
Eunike Oktavia Tejosusilo., S.E., M.Ak., Ak., CA adalah seorang ibu rumah tangga, dosen, dan akuntan independen. Memiliki background pendidikan S1 dan S2 di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha. Memiliki pengalaman di bidang pembuatan laporan keuangan, audit, analisa laporan keuangan, dan sistem akuntansi perusahaan.

Leave A Comment