PLN berikan listrik gratis tambahan bagi pengusaha kecil. Anda salah satunya? Cari tahu cara klaimnya melalui artikel ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Cara dan Ketentuan agar Dapat Listrik Gratis, Ketahui Disini!

Akibat pandemi virus corona atau Covid-19 pengusaha kecil menjadi rentan miskin. Mereka kehilangan penghasilannya. Sedangkan cicilan tetap kudu dibayar, perut harus terisi dan listrik tetap harus nyala.

Kabar baiknya, Sobat Finansialku, merespon hal tersebut pemerintah akan gratiskan listrik selama enam bulan ke depan.

Hal itu juga merupakan langkah inisiatif dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi virus corona.

Keputusan pembebasan tarif tagihan listrik dan pemberian token gratis bagi pelanggan golongan tersebut telah diputuskan oleh pemerintah melalui rapat terbatas pada 29 April 2020 yang lalu.

Dalam keterangan yang diunggah oleh pengelola akun media sosial Instagram @pln_id, lebih dari 500.000 pelanggan akan menerima stimulus ini.

Terutama, bagi pelanggan PLN bisnis kecil dan industri kecil berdaya listrik 450 VA akan mendapatkan listrik gratis mulai dari Mei – Oktober 2020.

“PLN telah siapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik. Bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA.” Tulisnya

“Dan termasuk diantaranya 500 ribu pelanggan berbasis token. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam. Sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis terdata.” Pungkas pengelola akun Instagram @pln_id.

Cara Klaim Token Listrik Gratis Dari PLN dan Manfaatnya untuk Keuangan! - Finansialku

[Baca Juga: Ini Tips Mempertahankan Bisnis Dari Kerugian Imbas Covid-19!]

 

Perlu diketahui, Sobat Finansialku, program listrik gratis bagi pengusaha kecil dari PLN ini berlaku bagi pelanggan pascabayar maupun prabayar.

Meski begitu, bagi pelanggan prabayar token gratis akan diberikan sesuai pemakaian bulanan tertinggi tiga bulan terakhir.

“Sangat jelas dan tergambar nyata kebijakan Bapak Presiden dalam merasakan penderitaan dan kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, PLN langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan bisnis kecil dan industri kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dilansir detik.com, Minggu (03/05).

Mengingatkan kembali, sebelumnya, pemerintah membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan Rumah Tangga (R1) 450 VA dan pemberian diskon 50% bagi pelanggan golongan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi.

 

Cara Dapat Token Listrik Gratis

Nah, Sobat Finansialku, cara mendapatkan token listrik gratis PLN Mei 2020 cukup mudah, hanya perlu mengunjungi pln.co.id atau chat WA 08122123123.

 

Lewat Situs Web

Melansir dari kompas.com, berikut cara mendapatkan token listrik gratis via website PLN.

  1. Pelanggan mengakses website resmi PLN, pln.co.id online ( layanan pln.co.id)
  2. Pilih menu ‘pelanggan’, klik opsi ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’
  3. Masukan ID pelanggan atau nomor meter pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil pada layar
  4. Isi kode captcha di kolom “Masukkan kata di samping”
  5. Setelah itu klik tombol “Cari”
  6. Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan.
  7. Setelah token listrik gratis didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

 

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Lewat WhatsApp

Cara lain bisa klaim token gratis lewat Whatsapp, begini tahapnya;

  1. Pelanggan dapat menghubungi PLN via WhatsApp melalui nomor 0812-2-123-123
  2. Setelah itu, pelanggan mengetik keyword “Listrik Gratis” atau dapat mengetikkan nomor ID pelanggan
  3. Lalu masukan ID pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar
  4. Token listrik gratis akan tampil di layar
  5. Jika sudah mendapatkan token gratis, maka pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

 

Sebelum melakukan klaim, pastikan Sobat Finansialku termasuk kategori pelanggan yang bisa mendapatkan listrik gratis maupun diskon pembayaran listrik.

Bagaimana cara mengeceknya?

Caranya, cek rekening pembayaran listrik atau pembelian pulsa terakhir.

Jika tertera kode M (Mampu) seperti R1M, artinya pelanggan merupakan kategori pasca-bayar yang tidak mendapatkan subsidi.

Adapun pada kode R1MT berarti merupakan pelanggan kategori listrik prabayar yang dianggap mampu sehingga tidak mendapatkan bantuan pemerintah.

Jika tidak tertera kode M seperti R1 dan R1T, maka merupakan pelanggan yang berhak mendapatkan bantuan pemerintah.

Secara lengkap, berikut rincian pelanggan yang mendapatkan listrik gratis atau diskon biaya listrik:

  • R1/450 VA (gratis)
  • R1T/450 VA (gratis)
  • R1/900 VA (diskon)
  • R1T/900 VA (diskon)

 

Pelanggan 450 VA sesuai ketentuan di atas akan mendapatkan listrik gratis, sementara bagi pelanggan 900 VA akan mendapat diskon 50 persen.

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afiyadi. 01 Mei 2020. Pelanggan Bisnis Kecil Dapat Listrik Gratis 6 Bulan Liputan6.com – https://bit.ly/2KTy92j
  • Admin. 03 Mei 2020. Login www.pln.co.id Klaim Token Listrik Gratis PLN Mei 2020, Bisa Via WA 08122123123. Tribun News – https://bit.ly/2zTVxL1
  • Nur Rohmi Aida. 01 Mei 2020. Token Listrik Gratis Bulan Mei, Ini Cara Klaim via WhatsApp dan Website PLN. Kompas.com – https://bit.ly/3fgpLb0