Salah satu cara untuk branding di era digital adalah dengan podcast. Lalu, apa saja sih hal-hal penting tentang podcast itu?

Yuk simak ulasan ala Finansialku berikut ini tentang podcast.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Podcast, Trik Ampuh Menarik Netizen

Sering mendengar istilah podcast, tapi tidak mengerti artinya? Seperti yang telah diketahui Podcast adalah sebuah program di internet, di mana bentuknya adalah seperti rekaman baik audio maupun video.

Bahkan, ada juga yang berbentuk rekaman dari siaran televisi atau siaran radio serta pertunjukkan dan banyak lagi acara lainnya yang bisa didengarkan oleh banyak orang.

Untuk bisa mendengarkan podcast haruslah memiliki sebuah platform seperti iTunes, Spotify atau semacamnya.

 

Kelebihan Podcast untuk Memperkenalkan Suatu Hal Baru

Podcast merupakan bentuk media digital yang terbentuk dari rangkaian episodic audio, video radio, ataupun ePub berlangganan melalui web atau streaming online. Konten podcast pun bervariasi, bahkan sebagai podcaster juga bisa menghasilkan uang dari sponsor yang ada.

Istilah dari nama podcast juga ada asal muasalnya, yaitu berasal dari kata iPod dan Broadcasting. Podcast memiliki banyak kelebihan di antaranya sebagai berikut.

 

#1 Banyak Kategori

Dalam podcast banyak sekali kategorinya, hingga mencapai ratusan yang bisa kamu dengarkan dan bisa dipilih berdasarkan kategori.

Podcast Adalah Ketahui Definisi dan Cara Membuatnya Di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Canggih!! Inilah Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik]

 

#2 Waktu Fleksibel

Mendengarkan podcast memiliki waktu yang fleksibel, bisa kapanpun kamu mendengarkannya sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

 

#3 Tanpa Iklan

Menggunakan podcast tidak perlu terganggu dengan iklan-iklan yang muncul seperti di radio.

 

#4 Bisa Didengar Ulang

Podcast bisa didengar ulang kapanpun kamu mau, jikalau ada rekaman yang kamu lewatkan.

 

#5 Tersedia Banyak Aplikasi

Podcast adalah media digital, dimana menggunakan aplikasi untuk bisa mendengarkannya.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bagus untuk digunakan terutama untuk Android bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti BeyondPod Classic, Google Play Music, Player FM, Pocket Cast dan Tune In Radio.

 

#6 Bisa Dibuat Sendiri

Podcast adalah sebuah rekaman yang juga bisa dibuat sendiri. Bahkan, ada beberapa cara untuk membuat sebuah rekaman podcast.

 

#7 Didukung oleh Brand Ternama

Karena podcast berasal dari kata iPod, maka podcast ini sangat didukung oleh brand ternama Apple yang mengusung teknologi podcast ini menjadi menarik.

 

Cara Membuat Podcast Sendiri

Podcast memiliki cara sendiri untuk membuatnya, bahkan kamu sendiri bisa membuat podcast yang kamu inginkan. Bagaimana caranya? Ikuti cara berikut ini.

 

#1 Buat Karakter Sendiri

Sebelum membuat, terlebih dulu tentukan karakter yang diinginkan, seperti komedi, politik, musik atau yang lainnya. Karena banyaknya kategori yang sudah di publish, maka kamu harus membuat karakter sendiri agar podcast kamu memiliki ciri khas.

Podcast Adalah Ketahui Definisi dan Cara Membuatnya Di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Situs Nonton Film Secara Online Ini Harus Masuk List Kamu]

 

#2 Siapkan Alat

Persiapkan alat seperti mikrofon, tapi tidak harus menggunakan mikrofon biasanya. Agar hasil suara lebih maksimal, kamu bisa menggunakan mikrofon peredam gangguan suara.

 

#3 Buat Konten

Setelah semuanya siap, kamu bisa mulai membuat kontennya. Caranya dengan membuat naskah terlebih dulu, apa yang akan kamu katakan di awal dan akhir acara.

Tentukan pula musik pengiring pada saat perpindahan acara, layaknya sebuah program radio tanpa iklan. Lalu, urutkan semua bagiannya dari awal sampai akhir.

 

#4 Editing Software

Setelah membuat konten rekamannya, kamu perlu menggunakan editing software untuk mengedit bagian yang tidak perlu. Bagian ini diperlukan agar hasil suara lebih jernih dan enak untuk didengarkan.

 

#5 Tambah Keterangan

Sebelum di-upload, cobalah beri keterangan seperti judul, nama artis atau apapun. Selain itu, buat desain album semenarik mungkin. Setelah selesai kamu bisa meng-upload-nya.

Podcast Adalah Ketahui Definisi dan Cara Membuatnya Di Sini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan]

 

Yuk, Buat Podcastmu Sendiri!

Podcast sudah ada sejak tahun 2005 dan kini mulai eksis dengan beragam kategori yang unik. Kontennya pun bervariasi, sehingga lebih menarik mendengarkan podcast dibandingkan radio.

Kalau kamu tertarik, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat podcastmu sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di atas. 

Selagi kamu memikirkan kategori podcast apa yang akan kamu buat, yuk tonton video ini agar pengetahuan tentang keuangan semakin bertambah.

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk membuat podcasts sendiri? Jika ya, bagikan informasi penting di atas pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Rizal. 9 Juli 2019. Seberapa Besar Siaran Podcast Ancam Bisnis Media Radio di Indonesia? Infokomputer.grid.id –  https://bit.ly/3dxa2nm

 

Sumber Gambar:

  • Podcast 1 – https://bit.ly/2Jf8ct8
  • Podcast 2 – https://bit.ly/2xmP7mq
  • Podcast 3 – https://bit.ly/33KmFHa