Seperti apakah karakter entrepreneur yang sukses menurut Anda?  Banyak orang yang ingin menjadi seorang entrepreneur atau pebisnis sukses. Tetapi seperti apakah tipe entrepreneur sukses yang sebenarnya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Karakter Seorang Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur adalah cita-cita banyak orang. Bukan hanya mereka yang baru saja lulus kuliah tetapi juga bagi kalangan yang sudah lama bekerja menjadi seorang karyawan dan lelah dengan gaji yang tidak kunjung memberikan perkembangan keuangan. Banyak orang yang menganggap berbisnis adalah sebuah hal yang mudah. Kata-kata ini yang mungkin sering muncul dalam pikiran Anda ketika berpikir untuk memulai bisnis:

“Saya tinggal menjual barang …. seharga …. dengan harga …. maka saya akan segera mendapatkan keuntungan”

 

“Saya tinggal …” adalah kalimat yang paling mudah diucapkan. Tetapi pada praktik berbisnis tidak ada kata “saya tinggal”. Kenyataannya setiap entrepreneur yang sukses tidak pernah mengalami kalimat “saya tinggal ….”. Sekecil apapun bisnis yang dirintis, selalu ada proses menuju kesuksesan yang berat dan penuh rintangan. Tetapi ketika bisnis tersebut berhasil maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang setimpal.

Slide 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses]

 

Tidak mudah untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Dibutuhkan lebih dari sekedar angan-angan mendapatkan keuntungan besar-besaran untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Mengapa? Karena ada beberapa karakter yang wajib dimiliki seorang entrepreneur yang berbeda dari karyawan atau orang yang tidak menjalankan bisnis. Berikut adalah 9 karakter yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur:

 

#1 Berfokus Pada Bisnis

Seorang entrepreneur harus berfokus pada bisnisnya karena membangun bisnis bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Bahkan bisnis memiliki banyak faktor rumit di dalamnya. Untuk itu dibutuhkan fokus yang tinggi dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis. Inilah mengapa seorang entrepreneur harus memiliki karakter yang berfokus pada bisnis.

 

#2 Percaya Diri

Kepercayaan diri dapat membuat seseorang menjadi sukses. Hal ini juga tentunya berlaku pada profesi entrepreneur. Seorang entrepreneur harus memiliki kepercayaan diri untuk dapat terus maju dan mengembangkan bisnisnya.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

#3 Berpikir Kreatif

Jika Anda menjadi seorang karyawan, seringkali Anda tidak dituntut untuk berpikir kreatif. Bahkan pada banyak kasus seorang karyawan dilarang untuk ‘berpikir kreatif’. Mengapa? Karena sudah terdapat sistem yang dibuat sedemikian rupa oleh perusahaan sehingga karyawan hanya perlu mengikuti sistem yang ada.

Jika karyawannya berpikir kreatif terkadang perusahaan justru akan kesulitan karena pemikiran tersebut dapat merusak atau merubah sistem yang sudah ada. Berbeda halnya ketika Anda menjadi seorang entrepreneur.

Seorang entrepreneur memulai segala sesuatu dalam bisnisnya dari nol. Artinya ada sistem baru yang harus dibuat. Sistem ini bukan hanya mencakup satu atau dua aspek dalam bisnis yang dijalankan, melainkan seluruh aspek harus ditangani. Karena itu seorang entrepreneur dituntut untuk terus berpikir kreatif dalam menciptakan ide-ide baru yang dapat membuat bisnisnya berkembang dan menonjol di pasaran.

 

#4 Mampu Mendelegasikan Pekerjaan

Jika dalam bisnis yang dijalankan Anda mengerjakan segala sesuatunya sendirian artinya Anda bukanlah seorang entrepreneur. Anda tetaplah menjadi seorang karyawan yang bekerja di bawah seorang atasan. Siapa atasan Anda? Tentunya klien yang dilayani.

Seorang entrepreneur adalah orang yang membangun sistem dan membuat konsep, bukan karyawan yang mengerjakan segala pekerjaan sendirian. Anda melihat dan harus mengontrol konsep tersebut secara keseluruhan, bukan melulu secara mendetail.

Pekerjaan mendetail seharusnya menjadi tugas karyawan yang akan bekerja di bawah kepemimpinan Anda. Inilah alasan mengapa seorang entrepreneur harus mampu mendelegasikan pekerjaannya.

Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya?]

 

#5 Independen

Seorang entrepreneur harus independen, tidak bergantung kepada orang lain. Mengapa? Karena Anda tidak memiliki atasan. Anda adalah atasan atas diri sendiri dalam berbisnis. Tidak ada orang yang menentukan apakah Anda harus melanjutkan atau menghentikan bisnis yang dijalankan. Semua keputusan ada di tangan Anda.

Jika bergantung pada orang lain maka bisnis Anda dapat dipastikan hanya akan terbawa arus tren atau perkataan orang lain. Ketika kondisi sekitar tidak mendukung maka bisnis itu akan hancur.

 

#6 Suka Mencari Pengetahuan Baru

Dalam kehidupan manusia tidak ada yang namanya selesai belajar. Hal ini berlaku terutama bagi para entrepreneur. Zaman berkembang begitu cepat, ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, intelektualitas masyarakat dan kemajuan lainnya Seorang entrepreneur harus peka terhadap perubahan-perubahan tersebut agar bisnis yang dijalankannya tidak ketinggalan zaman.

Karena itu, seorang entrepreneur harus rajin untuk mencari pengetahuan-pengetahuan baru yang nantinya dapat bermanfaat bagi bisnis yang dijalankannya.

 

#7 Ahli Promosi

Sebuah bisnis dapat dinyatakan sukses jika mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis adalah dengan mempromosikan bisnis tersebut kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang entrepreneur diharapkan mampu mempromosikan bisnisnya dengan baik.

Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha 1 - Finansialku

  [Baca Juga: Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha?]

 

#8 Ahli Membangun Hubungan

Koneksi adalah hal yang penting dalam bisnis. Dengan koneksi yang tepat dan beragam Anda cenderung dapat mengembangkan bisnis dengan lebih mudah dan cepat. Seorang entrepreneur dituntut untuk menjadi ahli dalam membangun hubungan dengan orang lain. Baik itu dengan klien maupun dengan vendor atau pendukung bisnis lainnya. Dengan begitu peluang kesuksesan bisnis yang dijalankan akan semakin tinggi.

 

#9 Pengambil Risiko

Karakter inilah yang paling sulit didapatkan. Banyak orang ingin terjun ke dunia bisnis atau entrepreneurship, tetapi tidak semua orang mampu menjadi seorang pengambil risiko. Faktor yang paling membedakan profesi entrepreneur dan karyawan terletak pada risiko. Seorang karyawan tidak dihadapkan dengan risiko sebesar entrepreneur setiap harinya.

Contoh yang paling sederhana adalah pendapatan. Seorang karyawan tidak perlu khawatir tidak digaji karena setiap bulan dia pasti mendapatkan gaji dengan jumlah yang pasti. Berbeda halnya dengan seorang entrepreneur yang di bulan ini mungkin mendapatkan keuntungan besar tetapi di bulan selanjutnya bisa saja tidak mampu membeli makanan karena tidak ada keuntungan. Dibutuhkan keberanian tinggi untuk mengambil risiko seperti itu. Karena itu seorang entrepreneur harus mampu menjadi seorang pengambil risiko.

 

Karakter Mana yang Terpenting?

9 karakter tadi menggambarkan seorang entrepreneur yang sukses. Hanya saja setiap orang bisa memiliki persepsi yang berbeda. Kami ingin mengetahui pendapat Anda. Karakter manakah dari 9 karakter yang telah dibahas di atas yang menurut Anda paling menggambarkan seorang entrepreneur yang sukses? Silakan isi polling berikut ini:

[total-poll id=29697]

 

Sumber Referensi:

  • Elaine Pofeldt. 31 Mei 2014. Gallup: The 10 Qualities Of Highly Successful Entrepreneurs. Forbes.com – https://goo.gl/kKJPrT

 

Sumber Gambar:

  • Entrepreneur – https://goo.gl/4cNK2w

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang