Perbincangan antara Presiden Jokowi dan pengusaha terkaya di dunia Elon Musk, tentu menjadi hal menarik untuk disimak.

Kira-kira apa saja yang mereka bicarakan? Akankah ada kabar baik untuk Indonesia?

Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Pertemuan Jokowi dan Elon Musk, Apa Saja yang Dibicarakan?

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo bertolak ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat dalam rangka mengikuti US-ASEAN Summit 2022.

Menariknya, disela-sela pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berkesempatan untuk menemui pengusaha terkaya di dunia, Elon Musk.

Diketahui Presiden Jokowi bertandang sekaligus meninjau langsung lokasi produksi roket Space-X pada Sabtu 14 Mei 2022 pukul 10.30 waktu setempat.

Tentu saja momen pertemuan keduanya mengundang perhatian besar bagi publik. Bahkan menjadi salah satu topik hangat yang diperbincangkan di media sosial.

Akan tetapi yang menjadi perhatian utama adalah, topik pembahasan apa saja yang diperbincangkan oleh mereka? Apakah ada keterkaitan dengan langkah investasi Tesla di Indonesia?

[Baca Juga: Indonesia Teken Perjanjian Kerahasiaan Dengan Tesla]

 

Potensi Investasi yang Akan Dilakukan Tesla di Indonesia

Informasi mengenai penjajakan investasi yang akan dilakukan Elon Musk selaku pendiri perusahaan Space X dan Tesla bukan kali ini saja mencuat.

Sebelumnya Musk diketahui tertarik untuk berinvestasi di Indonesia pada akhir 2020 lalu.

Kemudian, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, juga telah melakukan penjajakan terlebih dahulu pada bulan lalu, terkait potensi investasi ini.

Tak berbeda jauh dengan sebelumnya, perbincangan antara Presiden Jokowi dan Elon Musk juga membahas mengenai potensi investasi yang akan dilakukan Musk di Indonesia melalui perusahaan miliknya yakni Tesla.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Presiden Joko Widodo, melansir dari situs Detik.com (16/05).

 

Presiden Jokowi menambahkan bahwa Elon Musk sangat tertarik untuk segera berkunjung ke Indonesia dalam rangka penjajakan investasi ini.

“Saya kira dia (Elon Musk) sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia, dan tadi sampaikan untuk bisa datang di Indonesia,” tambahnya.

 

Rencana Tesla Berinvestasi di Indonesia Tahun Ini

Investasi Tesla di Indonesia akan berfokus dalam sektor pengembangan industri nikel, guna memasok baterai sebagai sumber tenaga utama kendaraan listrik.

Pekan lalu, perwakilan Tesla Inc mengunjungi Indonesia, lebih tepatnya ke pusat produksi nikel di Morewali, Sulawesi Tengah.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung lokasi produksi nikel tersebut.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pihak perwakilan Tesla Inc merasa puas dengan data-data yang mereka himpun.

“Mereka akan berkunjung ke Morowali. Mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini,” ujar luhut dalam keterangan pers-nya.

Tidak hanya itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan bahwa realisasi investasi dari Tesla akan dilakukan pada tahun ini.

Menurutnya, Tesla juga tertarik untuk berinvestasi pada ekosistem baterai mobil serta mobil listrik di Indonesia.

Sebagian investasi tersebut akan dialokasikan di Batang, Jawa Tengah.

“Kalau ditanya kapan masuknya, insya Allah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggu lah, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Berapa investasinya, masih juga dirahasiakan, masih tunggu. Tapi ini barang bagus, barang gede,” ujar Bahlil, melansir dari situs Tempo.co (18/05).

 

Sementara di sisi lain, Indonesia mendapatkan sedikit angin segar setelah penambang asal Brasil, Vale, berhasil mencapai kesepakatan kerjasama dengan Tesla untuk memasok nikel dari operasinya di Kanada.

Pasalnya Vale juga memiliki operasi nikel di Indonesia.

[Baca Juga: Prospek Mobil Listrik Dan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. (INCO)]

 

Indonesia Berupaya Kembangkan Industri Nikel

Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nikel.

Oleh karenanya, pemerintah tengah berupaya untuk terus mengembangkan sektor industri yang satu ini.

Pengembangan dilakukan dalam hal rantai pasokan nikel dalam negeri secara penuh.

Terutama untuk mengekstrak bahan kimia baterai, membuat baterai, dan akhirnya membangun pabrik kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Sebelumnya Indonesia telah mencapai kesepakatan multi-millar dollar dengan perusahaan asal Korea Selatan dan China untuk memanfaatkan sumber daya nikel ini.

 

Sektor yang Berpotensi Jika Tesla Investasi di Indonesia

Adanya kabar investasi ini, tentu menarik untuk diketahui terkait sektor apa saja yang berpotensi untuk naik.

Menyikapi hal tersebut, Financial Planner dari Finansialku, Maryadi Santana, CFP®,. QWP ikut memberikan pandangannya.

Menurutnya, tentu saja sektor komoditas terutama nikel memiliki potensi yang cukup besar, lantaran sebagai bahan dasar dari pembuatan baterai.

Tidak hanya itu, bahan pendukung lainnya seperti alumunium juga akan terdampak.

Akan tetapi Maryadi menekankan bahwa kenaikan atau penurunan belum bisa dipastikan, sebab ini baru pertemuan awal.

“Apakah sektor tersebut akan naik saat ini, mungkin saja karena ada euforia. Tapi ini baru pertemuan awal, blm ada perjanjian kerjasamanya, jadi belum bisa diketahui apakah nantinya akan benar-benar naik atau tidak sektor-sektor tersebut,” tegas Maryadi.

 

Ia juga menambahkan bahwa selama informasi ini masih dalam bentuk “berita”, maka fluktuasinya masih terus terjadi.

 

Nah, dengan adanya kabar ini, apakah Anda tertarik berinvestasi saham dari beberapa komoditas tersebut? Tapi jangan sampai alasan investasinya karena sebatas euforia saja, ya!

Anda juga perlu mengetahui seperti apa cara yang tepat untuk investasi saham supaya mendapatkan keuntungan maksimal.

Jangan khawatir, Anda bisa mengetahui tips lengkapnya dengan membaca ebook Finansialku Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula.

Nantinya, Anda akan mengetahui bagaimana cara memulai dan mendapatkan keuntungan dari investasi saham. Jadi tunggu apalagi, download ebook gratisnya dengan klik banner di bawah ini!

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

Itulah informasi mengenai bocoran obrolan dari Presiden Jokowi dan Elon Musk. Apa tanggapan Anda mengenai informasi ini?

Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Anisa Indraini. 16 Mei 2022. Kepo Sama Obrolan Jokowi & Elon Musk? Nih Bocoran Isinya. Detik.com – https://bit.ly/3Mp0sDY
  • Antara. 18 Mei 2022. Hasil Jokowi Bertemu Elon Musk, 2022 Tesla Investasi di Batang Jateng. Tempo.co – https://bit.ly/3lmATHF