Apakah Anda dan pasangan punya uang gabungan per bulan 6 juta rupiah? Bagaimana cara mengaturnya?

Mengatur dan mengelola keuangan memang membutuhkan sebuah seni tersendiri. Tidak jarang juga kita menemukan orang yang kewalahan mengelola keuangannya.

Yuk, ketahui caranya mengatur keuangan dengan punya uang gabungan per bulan sebesar 6 juta rupiah berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Punya Uang Gabungan per Bulan 6 Juta

Apakah Anda sudah memiliki pasangan? Jika sudah, pasti Anda telah mengetahui seni dari mengatur keuangan yang ternyata susah-susah gampang. Lebih sering ditemukan susahnya, jika dibandingkan dengan gampangnya.

Terlebih lagi jika Anda dan pasangan sudah mulai hidup bersama memiliki banyak sekali pengeluaran. Hal ini tentunya berbeda ketika Anda masih hidup sendiri.

Saat Anda masih hidup sendiri, Anda pun bisa menyiasati bagaimana caranya berhemat, bahkan terkadang Anda pun rela untuk makan hanya satu kali sehari. Meskipun dari sisi medis tidak baik, tetapi Anda mencoba untuk bertahan dengan keadaan tersebut.

Ketika Anda mulai memiliki pasangan hidup, Anda pun pasti menginginkan hal yang terbaik untuk Anda dan pasangan. Tidak hanya itu saja, Anda pun pasti akan mengusahakan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik jika pekerjaan saat ini kurang memuaskan untuk Anda.

Saat Anda mencari pekerjaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Maksud hati, Anda menginginkan agar pasangan Anda tidak usah bekerja, dengan membiarkan Anda sendiri yang bekerja.

Selain itu, Anda pun tidak mungkin meminta gaji Anda ditambahkan oleh perusahaan Anda sehingga, Anda dan pasangan masih harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Punya Uang Gabungan per Bulan 6 Juta, Bagaimana Cara Mengaturnya 02 Uang Rupiah - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Ketahui Apa Tujuan Mengelola Keuangan Pribadi Anda]

 

Saat Anda mulai menikah, tentu saja kebutuhan pun menjadi jauh lebih banyak. Anda pun tidak akan meminta uang ke orangtua Anda lagi kan, untuk memenuhi kebutuhan Anda dan pasangan?

Anda dan pasangan pun harus mulai memikirkan dana persiapan untuk persalinan hingga dana pendidikan anak Anda kelak.

Tidak hanya itu saja, Anda pun mulai dihadapkan permasalahan membeli rumah. Ternyata, harga rumah dari hari ke hari semakin tidak masuk akal.

Tidak hanya itu saja, Anda pun mulai memikirkan untuk membeli kendaraan supaya Anda dan pasangan tidak perlu repot menggunakan angkutan umum.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sudah saatnya Anda mengetahui tips dan trik untuk mengelola keuangan jika Anda dan pasangan mempunyai uang gabungan sebesar 6 juta per bulan yang selanjutnya akan dibahas dalam bagian berikut ini.

 

Cara Mengatur Keuangan Jika Anda Punya Uang Gabungan 6 Juta Per Bulan

Memiliki uang gabungan sebesar 6 juta per bulan memang memerlukan tips dan trik untuk mengaturnya. Jika Anda ingin mengetahuinya, saya akan membagikan tipsnya di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Tentukan Prioritas Anda dan Pasangan

Jika Anda memiliki uang 6 juta per bulan dan terhitung pas-pasan, maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menentukan prioritas. Bagaimana caranya Anda menentukan prioritas Anda dan pasangan?

Pertama, Anda bisa melakukan cek kesehatan keuangan di link di bawah ini supaya Anda mengetahui apa yang seharusnya Anda lakukan pertama kali.

 

Kemudian, Anda akan diberikan beberapa rasio yang akan membantu Anda untuk menentukan prioritas dan Anda pun semakin mengerti kondisi keuangan Anda.

Jika rasio tabungan, rasio likuiditas Anda tidak ideal, Anda bisa memulai untuk menabung dan berinvestasi sebesar yang didapatkan dari data cek kesehatan keuangan.

Urutan Prioritas Keuangan Untuk Pasangan Setelah Menikah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Urutan Prioritas Keuangan Untuk Pasangan Setelah Menikah?]

 

Jika Anda masih kebingungan bagaimana cara membaca cek kondisi kesehatan keuangan Anda, Anda dapat menanyakan ke para perencana keuangan Finansialku melalui menu Tanya Jawab. Anda bisa langsung download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau akses Aplikasi.Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika rasio tabungan, rasio likuiditas Anda sudah ideal dan juga pendapatan dan pengeluaran Anda tidak minus. Maka Anda dapat menentukan prioritas Anda selanjutnya.

Apakah Anda akan mulai menyiapkan uang untuk bersalin, membeli rumah, membeli kendaraan atau untuk dana pendidikan anak kelak? Di Finansialku.com, kami biasanya menyebut bahwa Tujuan Keuangan harus Anda tulis secara spesifik.

 

#2 Mulai Berinvestasi Alih-alih Menabung

Anda pasti sudah tahu bahwa jika Anda menabung saja, uang Anda tidak akan terhindar dari risiko inflasi. Inflasi yang ada di Indonesia saja sudah mencapai 3 koma sekian persen.

Berapakah bunga yang ditawarkan oleh bank tempat Anda menabung, pasti tidak lebih dari 1%. Belum lagi jika ada biaya administrasi, bunga yang tidak seberapa itu harus dipotong dari akun Anda untuk biaya administrasi.

Investasi pun sudah beragam, Anda dapat memulainya mulai dari Rp100.000, cukup menggiurkan bukan? Bukan hanya itu saja, investasi pun memberikan Anda return yang lebih besar daripada hanya menabung di bank.

Instrumen investasi apa yang cocok untuk Anda? Anda bisa mencoba untuk berinvestasi reksa dana yang bisa Anda mulai dari Rp100.000. Bahkan di Aplikasi Finansialku pun Anda bisa langsung berinvestasi reksa dana.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang investasi reksa dana terlebih untuk pemula, kami akan membantu Anda. Anda bisa men-download ebook investasi reksa dana untuk pemula di bawah ini secara gratis.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Salah satu produk reksa dana yang paling rendah risikonya dapat memberikan return sebesar 5,8% per tahunnya tanpa dipotong pajak. Jika Anda menabung deposito, salah satu bank mampu memberikan bunga sebesar 6%.

Tetapi jangan lupa, bahwa bunga tersebut akan dipotong pajak sebesar 20%, cukup besar bukan?

Tidak hanya itu saja, ketika Anda akan membuka akun deposito, Anda juga diharuskan memiliki uang sebesar Rp10 juta untuk membuka rekening deposito.

Deposito 6 Bulan untuk Bayar SPP 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Benar Lebih Untung Investasi Reksa Dana Pasar Uang daripada Tabungan dan Deposito?]

 

Jika modal yang Anda miliki belum sebesar itu, ada baiknya Anda mulai mencari instrumen investasi yang menawarkan modal yang kecil seperti reksa dana, P2P Lending, atau bisa juga investasi emas.

Investasi emas memang masih menjadi primadona dalam berinvestasi dengan risiko yang tidak setinggi saham. Tetapi, jangan salah, Anda pun masih tetap harus mempelajari investasi emas ini supaya investasi Anda lebih efektif dan efisien.

Anda dapat membaca dan men-download ebook mengenai investasi emas untuk pemula di bawah ini. Ebook ini tentu sangat mudah untuk diaplikasikan dan tentunya mudah juga untuk dimengerti.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Rajin Membuat Anggaran dan Catatan Keuangan

Langkah ini sebenarnya adalah langkah yang sangat mudah untuk dilakukan tetapi banyak orang yang sering melewati langkah ini, padahal langkah ini adalah langkah yang krusial.

Anggaran dan catatan keuangan ini bisa menjadi dasar untuk Anda dan pasangan dalam memperbaiki arus kas. Selain itu, dengan dibuatkan anggaran dan catatan keuangan juga mempermudah Anda kemana saja uang Anda pergi.

Anda pun sekarang bisa dengan mudah membuat anggaran dan catatan keuangan di Aplikasi Finansialku.

 

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya membuat anggaran dan catatan keuangan Anda dapat menonton video di bawah ini.

 

Kelola Keuangan Anda dengan Bijak

Sudah saatnya Anda mengelola keuangan Anda dengan bijak. Pastikan juga Anda sudah mengambil langkah yang tepat untuk mengelola keuangan Anda dan pasangan.

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya mengelola keuangan Anda, Anda dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku dari Aplikasi Finansialku.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan jika Anda punya uang gabungan per bulan 6 juta.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan jika Anda punya uang gabungan per bulan 6 juta. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Punya Uang Gabungan per Bulan 6 Juta 01 – https://goo.gl/ZagQPx
  • Punya Uang Gabungan per Bulan 6 Juta 02 – https://goo.gl/Z4TGZQ