Purbaya Yudhi Sadewa resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang baru, berikut rekam kariernya

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Rekam Karier Ketua LPS Baru, Purbaya Yudhi Sadewa

Purbaya Yudhi Sadewa resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang baru. Presiden Joko Widodo sudah sepakat menunjuk Purbaya Yudhi Sadewa sebagai nahkoda baru LPS.

Dengan begitu, Purbaya pun menggantikan posisi ketua sebelumnya yaitu Halim Alamsyah.

Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah mengungkapkan penunjukan Purbaya sebagai ketua DK LPS ini tidak akan mengganggu kinerja.

“LPS sudah punya sistem, tidak bergantung kepada satu orang pimpinan,” kata Piter dikutip dari Detikcom, Minggu (06/09).

Ini Dia Rekam Karier Purbaya Yudhi Sadewa, Bos LPS yang Baru 02

[Baca Juga: Begini Lho Cara Cek Legalitas Suatu Koperasi Simpan Pinjam]

 

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan LPS dipimpin oleh Dewan Komisioner di antaranya ada tiga yang berasal dari Bank Indonesia, Kementrian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan secara ex officio.

“Tapi memang disayangkan di luar itu pimpinan LPS minim bankers, hanya pak Didik yang paham perbankan. Tapi sejauh ini tidak terlalu masalah,” jelasnya.

 

Rekam Karier Purbaya Yudhi Sadewa

Lalu seperti apa rekam karier Purbaya? Berikut perjalanannya, melansir dari Tempo.co;

Purbaya lahir pada 7 Juli 1964. Pria ini lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bidang Teknik Elektro. Dalam dunia pendidikan, Purbaya sempat meraih gelar Doktor dalam bidang Ekonomi dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat.

Pada usia ke-36 tahun, Purbaya memulai kariernya di pasar modal dengan bergabung bersama PT Danareksa (Persero) pada 2000. Jabatannya saat itu adalah Senior Economist Danareksa Research Institute.

Lima tahun kemudian, dirinya menjabat sebagai Chief Economist Danareksa Research Institute. Dia menjadi Direktur PT Danareksa Sekuritas hingga tahun 2008, atau sampai usia 44 tahun.

Selain itu, Purbaya juga menjabat sebagai Komisaris PT Danareksa Investment Management.

Dalam catatan Danareksa Sekurits, Purbaya sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan atau BAPEPAM-LK, yang kini bernama Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini adalah izin sebagai Wakil Penjamin Emisi Efek.

Di bulan Maret 2015, di usianya yang ke-51 tahun, Purbaya masuk ke Istana. Ia menjadi Deputi III Bidang Pengelolaan Isu Strategis, Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang saat itu dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada 28 Juli 2016, Luhut pindah menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Dua tahun kemudian, pada 21 Mei 2018, giliran Purbaya menyusul Luhut.

Di sana, dia kembali menjadi anak buah Luhut dan menjabat sebagai Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Saat ini, Purbaya pun tercatat masih menjabat sebagai komisaris di Holding Tambang Indonesia (MIND ID) atau PT Inalum (Persero).

Hingga kemudian Purbaya dikabarkan ditunjuk menjadi Ketua LPS, di usianya yang sudah menginjak 56 tahun. Jika menjadi Ketua LPS, dia akan menjadi anggota dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Untuk diketahui, di dalam komite ini, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, KSSK menjadi organ yang rutin memantau kinerja dan stabilitas sistem keuangan di tanah air.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Fajar Pebrianto. 05 September 2020. Jokowi Resmi Tunjuk Purbaya Yudhi Sadewa Menjadi Ketua LPS. Bisnis.tempo.co – https://bit.ly/3h0pSYd
  • Chandra Gian Asmara. 05 September 2020. Ini Dia Profil Purbaya Yudhi Sadewa, Bos LPS Pilihan Jokowi. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3i5rMIa
  • Fajar Pebrianto. 06 September 2020. Rekam Jejak Purbaya Yudhi Sadewa yang Dikabarkan Bakal Pimpin LPS. Bisnis.tempo.co – https://bit.ly/334SjPt
  • Sylke Febrina Laucereno. 05 September 2020. Tak Punya Background Bankir, Purbaya Bisa Pimpin LPS?detik.com – https://bit.ly/2DxFJQ8

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/2FcjCz4
  • Gambar 02 – https://bit.ly/3jOaIHh