Apakah Anda memiliki rencana pensiun: hidup dari bunga deposito saat pensiun nanti? Bunga deposito adalah salah satu sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan pada masa pensiun. Return yang diberikan dapat dijadikan pertimbangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hidup dari Bunga Deposito saat Pensiun Nanti 

Ada sebuah metode untuk menghitung dana pensiun yang disebut Die Rich Method. Metode ini memungkinkan seseorang untuk membiayai hidup hanya dengan hasil investasi pada masa pensiun. Caranya adalah dengan mengumpulkan sejumlah dana tertentu untuk diinvestasikan pada saat Anda pensiun. Kemudian bunga dari investasi tersebut akan digunakan untuk membayar kebutuhan bulanan Anda. Ada perhitungan khusus untuk menentukan berapa dana yang harus diinvestasikan pada saat pensiun. Bunga hasil investasi harus cukup untuk menutupi biaya hidup ketika Anda sudah tidak bekerja.

rencana-pensiun-efektifkah-hidup-dari-bunga-deposito-saat-pensiun-1-finansialku

[Baca Juga : Perbedaan Orang yang Sudah Punya Rencana Pensiun dan Belum Punya

 

Deposito merupakan salah satu sumber penghasilan yang dapat digunakan dalam praktek Die Rich Method. Sebenarnya ada banyak produk investasi selain deposito yang dapat digunakan sebagai sumber penghasilan pada masa pensiun. Deposito memiliki kelebihan dan kekurang tertentu jika dibandingkan dengan produk investasi lain.  

 

Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari menggunakan deposito sebagai dana pensiun :

 

Kelebihan Deposito sebagai Dana Pensiun

Berikut adalah kelebihan dari menggunakan bunga deposito sebagai dana pensiun jika dibandingkan dengan produk investasi lain :

#1 Risiko Rendah

Deposito memiliki risiko yang relatif sangat rendah. Pergerakan pasarnya dapat dianggap sangat stabil. Berbeda dengan pasar uang yang sangat fluktuatif sehingga harganya bisa berubah-ubah setiap menit bahkan detik. Sehingga Anda tidak perlu khawatir bisa mengalami kerugian secara tiba-tiba seperti jika berinvestasi saham. Di usia yang lanjut Anda tentu mengharapkan ketenangan mental yang lebih baik. Mengambil keputusan investasi dengan risiko rendah adalah salah satu cara yang baik untuk menghindari ketegangan mental akibat berinvestasi.

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-1-finansialku

[Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Membuat Rencana Pensiun?]

 

#2 Frekuensi Pembayaran Bunga Relatif Tinggi 

Ada beragam pilihan periode pembayaran bunga deposito. Anda dapat memilihnya sendiri sesuai dengan aturan bank tempat Anda menyimpan deposito. Pada masa pensiun nanti tentu Anda tidak bisa menunggu bunga investasi yang turun tahunan. Anda memerlukan dana setiap bulan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan deposito, Anda bisa memilih pembayaran bunga bulanan, tidak seperti investasi lain yang umumnya memberi pembayaran bunga per tahun.

Gunakan strategi mengatur periode deposito, agar dapat cari setiap bulan. 

 

#3 Bunga Pasti

Bunga yang dijanjikan ketika Anda membuka deposito adalah bunga yang pasti. Pada saat jatuh tempo Anda akan mendapatkan bunga dengan angka tersebut. Berbeda dengan investasi saham, bunga deposito tidak terpengaruh kondisi pasar atau inflasi. Kepastian bunga ini akan membuat Anda yakin berapa jumlah uang yang akan didapatkan setiap bulan. Dengan begitu perencanaan dana pensiun Anda pun semakin presisi dan kecil kemungkinan salah perhitungan.

 

#4 Aman

Deposito dianggap sebagai investasi yang aman karena dananya terlindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jumlah deposito maksimal yang dijamin oleh LPS adalah Rp 2.000.000.000. Jika deposito Anda tidak melebihi jumlah tersebut maka tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu karena dana Anda akan digantikan oleh LPS.

8-kesalahan-dalam-merencanakan-biaya-pensiun-yang-harusnya-dihindari-finansialku

[Baca Juga : Hidup dari Bunga Deposito, Apakah Bisa?]

 

Kekurangan Deposito sebagai Dana Pensiun

Selain kelebihan, deposito juga memiliki kekurangan seperti setiap investasi lainnya. Berikut adalah kelebihan dari menggunakan bunga deposito sebagai dana pensiun jika dibandingkan dengan produk investasi lain :

 

#1 Bunga Relatif Rendah

Jika dibandingkan dengan tabungan biasa, deposito memang memiliki bunga yang lebih besar yaitu antara 3% – 7% per tahun. Tetapi banyak instrumen investasi lain yang dapat menghasilkan bunga yang lebih besar. Misalnya saja reksa dana dan saham, bunga yang dihasilkan bisa mencapai 15% bahkan 20% per tahun walaupun dengan risiko yang lebih tinggi. Karena bunga yang relatif rendah, dana yang harus disediakan untuk deposito pun besar. Akibatnya dana yang harus disediakan sejak dini lebih besar daripada jika menggunakan investasi lain dengan bunga yang lebih tinggi.

Para_Istri_Mau_Bantu_Suami_Nabung

 [Baca Juga : Para Istri Mau Bantu Suami Nabung buat Pensiun Gini Caranya]

 

#2 Bunga Termakan Inflasi

Sebenarnya menaruh uang di deposito tidak memberikan keuntungan pada nilai uang Anda. Besaran bunga deposito umumnya setara atau bahkan bisa lebih kecil dari angka inflasi di Indonesia. Dengan begitu bunga deposito hanya mampu mempertahankan nilai riil uang yang Anda simpan.

 

#3 Keterlibatan Nasabah Rendah

Nasabah sebagai pemilik dana tidak dapat terlibat dalam proses pengelolaan deposito. Tujuan penggunaan dana deposito sepenuhnya dikendalikan oleh bank penyimpan deposito. Anda tidak dapat memilih kemana uang tersebut akan diinvestasikan.

HRD Wajib Baca Pensiun Bukan Lagi Masalah, Jika Tahu Caranya - Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara Pensiunan : Punya Bisnis dan Bisa Kerja dari Rumah ?]

 

#4 Pajak Tinggi

Keuntungan dari hasil deposito adalah objek pajak final. Besaran pajak yang harus dibayarkan dari setiap bunga deposito yang Anda dapatkan adalah 20%. Misalnya :

 

Dina memiliki deposito sebesar Rp 200.000.000 dengan bunga 6% per tahun. Karena dikenakan pajak 20% dari bunga deposito maka bunga yang diterima Dina adalah :

Bunga Brutto   :

Rp 200.000.000 x 6% = Rp12.000.000

 

Bunga Netto (setelah dikurangi pajak) :

Rp 12.000.000 – ( Rp 12.000.000 x 20% )     = Rp 9.600.000

 

Pajak yang harus dibayarkan dari bunga deposito jauh lebih tinggi daripada investasi lain seperti saham. Keuntungan dari bunga saham yang Anda dapatkan hanya terkena pajak sekitar 0,1%. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung simulasi deposito dan mulai membuat rencana pensiun. Silakan daftar di sini.

 Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Rencana Pensiun : Gunakan Investasi yang Optimal Untuk Dana Pensiun

Deposito adalah salah satu alternatif investasi yang dapat digunakan ketika Anda pensiun. Hanya saja ada kelebihan dan kekurangannya sama seperti instrumen investasi lain. Jika Anda tidak ingin mentolerir risiko yang tinggi maka deposito adalah produk yang tepat.

Jika Anda mampu mentolerir risiko yang lebih tinggi, tidak ada salahnya membuat portofolio investasi yang tidak hanya deposito tapi beberapa macam investasi. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan kelebihan dari masing-masing investasi untuk memenuhi kebutuhan pensiun Anda.

Konsultasikan rencana pensiun Anda dengan perencana keuangan independen, karena masa depan Anda bergantung keputusan Anda saat ini. Buatlah keputusan yang tepat dan benar dengan menghubungi perencana keuangan sekarang.

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana pensiun? Jika belum, segera buat rencana pensiun Anda dan tuliskan pertanyaan Anda di kolom berikut. Perencana keuangan kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda, terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Subiakto Soekarno. 2015. Materi Bahan Ajar Mata Kuliah Financial Planning. SBM ITB : Bandung.

 

Sumber Gambar :

  • Pensiun – https://goo.gl/vhvKFb dan https://goo.gl/oQxEkP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku