Hello guys, yuk kita bermain quiz untuk mencari tahu apakah kamu termasuk yang udah punya resolusi keuangan 2019 atau belum!

Simak artikel berikut dan ikuti quiznya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apakah Kamu Sudah Mempunyai Resolusi Keuangan 2019? Yuk, Cari Tahu Disini!

Mengawali tahun yang baru ini, setiap orang pasti mempunyai resolusi yang ingin dicapai, namun kebanyakan dari mereka lebih fokus pada goals dalam bentuk real, seperti membeli kendaraan, punya rumah, atau liburan keliling dunia.

Padahal tanpa mereka sadari, untuk mencapai resolusi tersebut ada sebuah proses dan hal penting yang harus direncanakan sedemikian rupa. Yups, perencanaan keuangannya. Apakah resolusi keuangan 2019 sudah masuk dalam list kamu? Ikuti quiznya dan temukan jawabannya!

Sebelum mempelajari tentang pentingnya setiap orang memiliki resolusi dalam hidup, terutama dalam hal finansial atau keuangan. Supaya lebih seru, kita bermain quiz dulu yuk untuk mengetahui seperti apa resolusi keuangan kamu di tahun 2019.

 

 

Untuk memulai quiz, silahkan klik “start the quiz” dan klik jawaban “ya” atau “tidak” yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini, kemudian terakhir klik “SUBMIT”. Selamat bermain!

 

Bagaimana dengan hasil QUIZ kamu? Apakah kamu termasuk yang mempunyai resolusi keuangan 2019? Finansialku akan mengupas pentingnya memiliki resolusi keuangan sampai dengan poin penting yang harus kamu ketahui dalam mewujudkan resolusi tersebut.

Jika kamu belum termasuk diantaranya, semoga setelah membaca artikel ini kamu termotivasi untuk mempunyai resolusi keuangan di tahun ini ya.

 

Menuju Financial Freedom Tahun 2019, Lakukan 3+ Resolusi Keuangan Ini

Hello guys, gimana nih kesan-kesan meninggalkan 2018 dan memasuki tahun 2019? Apakah sudah merasakan hal berbeda? Atau tetap sama seperti biasanya?

Ketika menyambut tahun yang baru, biasanya orang-orang disibukkan membuat resolusi. Arti resolusi sendiri menurut KBBI adalah “putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan”.

Umumnya, resolusi berisikan pernyataan tertulis tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya saja resolusi karir, pendidikan, atau menghindari beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tahun Baru 2019: Begini Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan 2019]

 

But anyway, dari berbagai resolusi yang dibuat setiap orang kali ini saya ingin fokus membahas salah satunya yang penting dalam hidup saya, yaitu resolusi keuangan.

Seberapa penting sih? Sedikit sharing, resolusi keuangan ini penting karena secara umum permasalahan finansial seringkali mempengaruhi seseorang dalam menjalankan kehidupannya.

Agar keberhasilan finansial bisa tercapai maka dibutuhkan resolusi keuangan. Jika masalah keuangan sudah berjalan dengan baik dan lancar, maka seluruh kebutuhan pun bisa terpenuhi.

Saya pun mencoba belajar dari pengalaman, di tahun 2018 lalu menjadi tahun bersejarah karena saat itu saya mengalami momentum yang mengubah hidup saya, yaitu menikah.

Seperti kita ketahui, biaya menikah memang tidak terlalu merogoh kocek, tapi resepsinya itu lho…

Setelah itu kami menjalani kehidupan berumah tangga yang baru seumur jagung, saya dan suami sempat mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Biasanya penghasilan kita bisa dengan bebas digunakan untuk diri sendiri, sekarang banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dari situlah, saya dan suami berpikir bahwa ini semua harus dicarikan solusinya. Salah satunya dengan resolusi keuangan di tahun 2019 ini. Seperti apa resolusinya? Yuk simak, siapa tau bisa menginspirasi kamu.

 

#1 Memantau Dana Darurat

Setelah menjalani kehidupan berumah tangga, hal pertama yang saya dan suami lakukan adalah memantau kondisi dana darurat.

Hal ini penting karena sebagai manusia, kita tidak lepas dari musibah (kehilangan pekerjaan dan perubahan jabatan) dan pengeluaran tak terduga (perbaikan kendaraan, perbaikan rumah dan biaya berobat).

Dana darurat ini penting dimiliki setiap orang, baik yang masih single, sudah menikah, ataupun sudah mempunyai anak. Agar lebih jelas mengetahui seberapa besar dana darurat yang harus dimiliki, berikut rumusannya:

  • Single = 3x pengeluaran atau pemasukan bulanan
  • Menikah = 9x pengeluaran atau pemasukan bulanan
  • Menikah dan Punya Anak = 12x pengeluaran atau pemasukan bulanan

 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai dana darurat, silakan cek infografis berikut ini.

 

#2 Review Kebutuhan Asuransi

Mencari berbagai referensi tentang asuransi adalah hal penting lainnya yang jangan dilupakan.

Jika saat ini kondisi kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, maka lakukan pengecekan atau review karena bisa jadi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang dulunya cukup, sekarang menjadi kurang.

 

Contoh:

  • Coba cek apakah plan kamar rawat inap sesuai dengan harga wajar kamar rumah sakit saat ini.
  • Cek jumlah uang pertanggungan (UP) yang diperlukan. Tambah uang pertanggungan kamu, jika kamu sudah berkeluarga atau baru memiliki anak. Untuk kebaikan kamu saat ini dan masa depan, tolong jangan tawar poin yang satu ini.
  • Teman-teman pembaca juga mungkin memiliki produk-produk asuransi umum, seperti asuransi rumah dan kendaraan.
    Biasanya asuransi rumah dan kendaraan akan habis setelah 1 tahun. Coba cek dan perpanjang kembali asuransi rumah dan kendaraan.
  • Jika kamu ingin pergi berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, ada baiknya beli asuransi perjalanan (travel insurance).

 

Jika Anda ingin menghitung kebutuhan uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa, silakan hitung dengan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Rencanakan Dana Pendidikan

Meskipun telah banyak program beasiswa ataupun program pemerintah untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, tetap saja kamu perlu melakukan perencanaan dana pendidikan.

Orientasinya tidak sekedar menempuh pendidikan di sekolah menengah saja, tapi ada baiknya kamu rencanakan dana pendidikan anak untuk pendidikan yang lebih lanjut (misal kuliah S1 dan S2).

Jika kamu saat ini mempunyai anak usia sekolah, sebaiknya jangan menunda untuk lakukan perencanaan dana pendidikan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mewujudkan resolusi keuangan kamu di tahun 2019.

Berikut ini beberapa poin yang bisa membantu kamu untuk merencanakan dana pendidikan:

  • Cari informasi mengenai uang pangkal, biaya-biaya pendidikan dan biaya hidup (jika sekolah di luar kota).
  • Mulai hitung kebutuhan dana pendidikan anak. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk mengetahui kebutuhan yang harus kamu penuhi.
  • Mulailah berinvestasi di produk-produk investasi, sesuai dengan rencana keuangan kamu.
  • Lakukan review berkala.

 

#4 Maksimalkan Tabungan Pensiun

Sudahkah kamu mempersiapkan tabungan pensiun? Jika kamu masih bersantai ria, sebenarnya itulah kesalahan fatal.

Tabungan pensiun bukan berarti diperuntukkan bagi mereka yang usianya sudah menua saja, karena ketika kamu berusia 20 an atau 30 an, kamu masih memiliki banyak waktu dan pilihan.

Semakin cepat dana pensiun terkumpul, kamu akan dapat segera pensiun dari pekerjaan aktif serta menikmati hidup (melakukan apa yang ingin kamu lakukan).

Komik Mau Keluar Dari Roda Putar Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang! 02 Dana Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Catat, Resolusi Keuangan yang Harus Anda Persiapkan dan Jalankan]

 

#5 Optimalkan Investasi

Berinvestasi menjadi resolusi penting yang harus kamu miliki. Investasi bisa diwujudkan dalam berbagai macam bentuknya. Kamu harus memiliki rencana investasi dan rencana keuangan, agar investasi lebih terarah dan efektif.

Kalo masih bingung, kamu bisa kok baca beberapa tips investasi untuk pemula berikut ini. Bukan hanya untuk ibu rumah tangga, pegawai, atau orang tua aja lho¸investasi juga bisa dilakukan oleh mahasiswa.

 

Sudahkah Kamu Mempunyai Resolusi Keuangan 2019?

Setelah mengisi quiz dan membaca artikel ini, so sudahkah kamu termasuk yang mempunyai resolusi keuangan 2019? Jangan menunda lagi, mumpung masih euforia awal tahun sebaiknya rencanakan saat ini juga. Selamat mencoba…

Jika Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan keuangan, Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara Gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami akan siap membantu Anda.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • 2019 – https://goo.gl/ixzyCT