Menjadi pengantin dengan make up paling sempurna merupakan impian semua wanita. Ingin tahu apa saja cara mengurangi biaya rias pengantin namun tetap cantik dan menawan?

Make up merupakan salah satu poin wajib saat menikah. Mempelai wanita harus selalu terlihat cantik dan menawan tanpa cacat sedikitpun. Namun ternyata biaya make up yang sempurna tidaklah murah.

Simak yuk artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Make Up, Poin Wajib Mempelai Wanita agar ‘Pangling’

Menikah merupakan suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang sebagai akhir dari pencarian pasangan hidup yang sejati.

Namun perlu digaris bawahi bahwa menikah bukanlah akhir melainkan awal dari perjalanan hidup baru bersama pasangan. Momen spesial  yang satu ini memang memerlukan banyak sekali persiapan yang cukup rempong dan juga menguras banyak biaya.

Poin terpenting yang perlu disiapkan dengan matang adalah make up untuk pengantin dan keluarga pengantin terutama untuk mempelai wanita.

Mempelai wanita harus selalu terlihat cantik dan menawan sepanjang acara dan perias bertanggung jawab membuat tamu undangan ‘pangling’ ketika melihat si mempelai.

Cara Mengurangi Biaya Rias Pengantin Namun Tetap Cantik dan Menawan 02 Rias Pengantin - Finansialku

[Baca Juga:  Ingin Menikah? Pasangan Biasanya Melakukan Perencanaan Dana Pernikahan Dulu]

 

Perias membutuhkan perlengkapan make up yang memiliki kualitas bagus dan juga keahlian yang sempurna untuk membuat pengantin ‘manglingi’, oleh karena itu biaya rias pengantin itu kebanyakan mahal dan cukup menguras budget.

Bahkan beberapa make up pengantin ada yang menghabiskan biaya sampai puluhan juta, jumlah ini tentu memberatkan beberapa pasangan yang akan menikah.

Tapi bukan berarti make up mahal adalah suatu keharusan lho. Sebenarnya, ada juga make up pengantin yang bisa didapat dengan harga terjangkau namun tetap terlihat menawan.

Oleh karenanya kamu harus pintar mengakali biaya make up pengantin supaya terjangkau namun tetap terlihat mewah dan sempurna, Kamu pasti tidak mau kan terlihat jelek karena make up yang berantakan di hari pernikahan kamu?

Ada beberapa cara untuk mengakali kegalauan budget dan kualitas make up pengantin yang bisa membantu para calon pengantin nih, simak terus ya!

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Cara Mengurangi Biaya Rias Pengantin Namun Tetap Cantik dan Menawan

Mahal bukanlah patokan wajib untuk menentukan riasan pengantin. Ada banyak pilihan make up yang masih terjangkau namun tetap terlihat mewah karena meskipun budget minim pengantin tetap harus terlihat cantik juga menawan.

 

#1 Survei Make Up Artist dengan Social Media

Zaman sekarang social media juga sangat bisa digunakan untuk survei termasuk survei riasan pengantin. Biasanya dengan menggunakan hashtag kamu bisa dengan mudah menemukan akun-akun perias pengantin.

Pilihlah perias yang berdomisili sama dengan kamu supaya menghemat ongkos. Gambar-gambar yang ada di halaman akun tersebut sudah bisa digunakan untuk melihat kualitas make up perias tersebut.

Biasanya perias juga menyediakan beberapa paket sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa banyak bertanya menghubungi kontaknya melalui pesan baik Direct Message ataupun menggunakan aplikasi chatting lainnya atau bahkan kamu bisa datang langsung ke salonnya.

 

#2 Mintalah Saran dari Teman atau Kerabat yang sudah Menikah

Sebelum menikah pasti kamu sudah beberapa kali datang untuk kondangan kan? Ingat-ingat riasan pengantin yang pernah kamu datangi. Jika ada yang menarik perhatian mu, langsung tanyakan pengalaman pengantin tersebut.

Banyaklah bertanya kepada pasangan yang sudah lebih dulu menikah, kamu bisa mengambil ilmu dari pengalaman mereka, kamu juga bisa memilah-milah dan memadu padankan bagian riasan mana yang kira-kira penting dan yang tidak.

Cara Mengurangi Biaya Rias Pengantin Namun Tetap Cantik dan Menawan 03 Bridesmaid - Finansialku

[Baca Juga:  Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Selain itu bertanya kepada kerabat atau teman juga bisa menjadi cara survey yang cukup efektif, siapa tahu mereka juga memilih make up yang sederhana untuk meminimalisasi biaya namun tetap terlihat mewah.

Bahkan sekarang banyak artis yang juga menggunakan saran dari temannya untuk make up minimalis tetapi tetap elegan lho!

 

#3 Pilihlah Riasan dan Aksesoris yang Sesimpel Mungkin

Selain lebih menawan, make up natural ternyata lebih banyak diminati lho sekarang. Riasan natural memberikan kesan yang mewah dan elegan dibandingkan dengan make up yang medok dan tebal yang terkesan tua.

Lagi pula make up natural membutuhkan sedikit produk make up jika dibandingkan yang medok. Biasanya make up bisa dipilih satu paket dengan baju pengantin, seragam keluarga dan aksesoris lainnya.

Untuk dapat mengurangi biaya maka pilihlah baju pengantin dan aksesoris yang sudah disediakan oleh salon dengan desain yang simpel namun tetap kekinian dan catchy untuk dilihat.

 

#4 Tentukan Siapa Saja yang akan di Rias

Kurangi juga seragam dan make up untuk keluarga yang berlebihan, karena merias keluarga membutuhkan banyak tim untuk mempercepat riasan. Semakin banyak tim yang dibawa maka semakin banyak pula budget yang dikeluarkan.

Tentukan dan catat siapa saja yang akan dirias karena semakin banyak yang dirias juga akan banyak mengeluarkan budget.

 

#5 Mintalah Diskon

Meminta diskon merupakan hal yang wajar dan sangat lumrah lho kawan, jangan malu untuk memintanya! Jika berhasil mendapatkan potongan harga kan tentunya dapat menekan budget dan dapat dialokasikan ke hal lain.

Cara Mengurangi Biaya Rias Pengantin Namun Tetap Cantik dan Menawan 04 Pengantin - Finansialku

[Baca Juga:  Optimalkan Biaya Pernikahan Mulai dari Kartu Undangan]

 

#6 Pelajarilah Trik Make Up Sebelum Hari Pernikahan

Setiap wanita pasti memiliki jiwa khusus untuk memulas wajahnya dengan make up. Belajarlah merias wajahmu sendiri sebelum pernikahan. Kemampuan mu ini bisa kamu gunakan untuk touch up riasanmu di siang dan malam harinya.

Biasanya perias akan memulas ulang make up mu sebanyak 2 sampai 3 kali untuk memperbaiki make up yang sudah turun performanya.

Jika kamu punya kemampuan untuk memulas wajahmu sendiri dengan  memuaskan maka budget tukang riasmu juga bisa berkurang bukan?

 

#7 Hubungi Teman atau Kerabatmu yang Jago Make Up

Jika kamu punya kenalan yang memiliki jasa MUA, segera hubungi! siapa tahu kamu bisa dapat harga khusus. Selain itu, kamu juga bisa lebih nyaman untuk request jenis dan bentuk make up seperti yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa dengan leluasa curhat tentang apa yang kamu butuhkan. Seperti membutuhkan make up sederhana namun tetap menawan.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Biaya Rias Pengantin Murah Bukan Berarti Murahan

Jika kamu bisa mendapatkan harga make up terjangkau tapi tetap sesuai dengan yang diinginkan kenapa harus ambil yang mahal?

Tampil tetap cantik juga menawan di hari spesial adalah inti dari riasan pengantin. Pintarlah dalam mengeluarkan budget.

Apakah Anda sudah merencanakan dana pernikahan Anda? Jika belum, Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan, mengelola dan mengatur keuangan Anda, khususnya mengenai dana pernikahan.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. Atur keuanganmu sekarang juga, selamat mencoba!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagi kamu calon pengantin tentu meminimalisasi budget sangatlah penting agar dapat dialokasikan ke hal yang lebih penting lagi.

Jangan lupa praktikkan dan bagikan tips diatas kepada teman atau kerabat sesama calon pengantin ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andhyka Lady Maharsi. 2016 . Agar Tak Keliru Memilih Makeup Resepsi, 12 Trik Ini Perlu Kamu Pertimbangkan. Hipwee.com – https://goo.gl/mzc4Zy

 

Sumber Gambar:

  • Melody – https://goo.gl/RWhqDY
  • Rias Pengantin – https://goo.gl/NGm8ST
  • Bridesmaid – https://goo.gl/1D5E51
  • Pengantin – https://goo.gl/Zi454v