Robot mahal itu seperti apa ya? Apa pendapat kamu, untuk sebuah Robot di sematkan harga yang sangat fantastis, Rp35 miliar?

Kita simak yuk robot apa saja yang dibandrol dengan harga mahal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Teknologi Robot

Semakin berkembangnya teknologi, kemampuan teknologi robot tentu semakin bermacam-macam. Ada yang bisa memasak, menjadi pelayan toko, bahkan ada robot yang mampu berkomunikasi dan memiliki ciri fisik mirip seperti manusia. Robot dapat melakukan kegiatan manusia sehari-hari.

Dengan adanya robot ini, mungkin dimasa mendatang banyak pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot. Tetapi pada dasarnya, robot perlu diproduksi dengan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan biaya sangat mahal.

Lalu robot apa saja yang mahal, berikut pembahasanya.

 

#10 Robo Thespian Humanoid Robot

Robo Thespian diiklankan sebagai humanoid akting ulung yang dirancang untuk berinteraksi di lingkungan publik. Ia dikenal karena mempunyai banyak ekspresi dan robot ini adalah robot komersial pertama yang berperilaku seperti manusia. Dibuat oleh perusahaan rekayasa seni Inggris.

Robot 1

[Baca Juga: Murah, Inilah Daftar Harga Pasang Wifi Terbaru dan Terlengkap 2020]

 

Robot ini dapat membuat kontak mata, menyanyikan lagu, berinteraksi dengan manusia dan bahkan menebak usia kamu.

Robot ini dibeli oleh museum, universitas dan perusahaan untuk berkomunikasi dengan tamu dan menghibur di pameran dagang atau acara. Harga yang disematkan untuk robot ini US$93.000 atau Rp1,396 miliar.

 

#9 Robot Mahal Urutan Selanjutnya, Xenex

Xenex adalah robot yang dirancang khusus untuk mendisinfeksi area, yang biasanya merupakan kamar rumah sakit. Robot ini menggunakan sinar UV untuk mendisinfeksi dan meminimalkan kemungkinan infeksi yang didapati pada rumah sakit.

Saat ini, Xenex digunakan lebih dari 400 rumah sakit di Amerika Serikat. Harga untuk robot ini sekitar US$125.000 atau setara Rp1,875 miliar.

 

#8 I-Cub

I-Cub dibuat oleh Institut Teknologi Itali. Dirancang untuk belajar berperilaku dan berinteraksi dengan lingkungan atau manusia. Tingginya hanya satu meter, mensimulasikan seorang anak berusia 3,5 tahun. Dimaksudkan untuk berinteraksi dengan dunia, menggunakan cara yang sama seperti seorang anak.

I-Cub mampu merangkak sambil menghindari benda, memecahkan labirin 3D yang kompleks, menggenggam benda-benda kecil, membuat berbagai ekspresi wajah dan berinteraksi dengan lingkungan dan manusia. Untuk harganya sendiri sekitar US$266.000 (Rp3,99 miliar).

 

#7 PR2 Robot System

Robot PR2 diperkenalkan oleh laboratorium penelitian robotika California Willow Garage pada tahun 2010.

Saat ini, PR2 Robot sedang diprogram untuk melakukan beberapa aplikasi yang semakin teknis seperti membuka pintu dan melipat handuk.

Robot ini tersedia untuk dijual dengan harga US$280.000 atau Rp4,2 miliar.

 

#6 HRP-4

HRP-4 adalah bagian dari proyek robot humanoid yang disponsori oleh kementerian ekonomi, perdagangan, dan industri Jepang.

HRP-4 dirancang untuk menjadi drone pekerja dengan 34 sendi bergerak, dan lengan yang masing-masing dapat menampung sekitar satu pon.

Robot 4

[Baca Juga: 4 Aplikasi Meeting Gratis Biar Bisa #ProduktifDiRumah]

 

Tingginya sekitar 5 kaki dan mampu berdiri dengan satu kaki, mencengkeram, melacak wajah, menggunakan alat, menuangkan minuman, dan tugas-tugas sederhana lainnya. HRP-4 Ini dapat dibeli sekitar US$300.000 (Rp4,5 miliar)

 

#5 Hubo II

Hubo II dikembangkan di pusat penelitian robot humanoid di Korea Advanced Institute of Science and Technology. Versi kedua lebih ringan, lebih cepat dan lebih maju. Ia memiliki lebih dari 40 motor dan puluhan sensor.

Hubo II dapat menangani benda apa pun yang pas di telapak tangannya dan pergelangan tangannya mampu berputar secara alami. Hubo II juga bisa berjalan, berlari dan menari. Harga jual robot ini sekitar US$400.000 atau setara dengan Rp6 miliar.

 

#4 Robot Mahal lain, Kuratas

Kuratas adalah robot yang dapat dinaiki dan dapat dioperasikan oleh pengguna. Untuk mengoperasikannya, operator dapat duduk di kursi tubuh robot, tetapi juga dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Kuratas Ini dapat mengambil benda dan dapat dilengkapi dengan aksesoris seperti meriam atau peluncur yang dapat menembakkan botol air. Kuratas saat ini tidak dapat berjalan tetapi ia dapat mengemudi dengan 4 roda.

Robot ini dibanderol harga US$1,3 juta atau Rp19,5 miliar.

 

#3 Atlas

Merupakan Robot Generasi baru Atlas memulai debutnya pada tahun 2016, versi terbaru dapat beroperasi di luar dan di dalam gedung. Mereka dapat berjalan di berbagai medan bahkan salju.

Sensor Lidah membantunya menghindari rintangan, menilai medan, menavigasi, dan memanipulasi objek. Ia bahkan dapat melompat, berputar 180 derajat dan melakukan backflip, Atlas dijual seharga US$2 juta atau Rp30 miliar.

 

#2 Valkyrie

Valkyrie adalah robot humanoid yang dirancang oleh NASA untuk beroperasi di lingkungan berbahaya seperti menjelajahi planet lain atau melakukan perbaikan eksternal ke stasiun ruang angkasa internasional.

Robot 3

[Baca Juga: Ingat!!! Perkembangan Teknologi Untuk Memaksimalkan Hidup. Bukan Sebaliknya!]

 

Robot ini mampu mengambil perintah dari manusia dan melakukan tugas-tugas tertentu dan juga mampu menganalisis lingkungannya melalui laser yang dipancarkan dari kepala dan sonar yang berasal dari daerah perut. Ini juga memiliki lebih dari 200 sensor individu.

Untuk model yang paling baru, harganya US$2 juta (Rp30 miliar).

 

#1 Robot Mahal Urutan Teratas, Asimo

Salah satu robot termahal di dunia adalah robot humanoid Asimo. Asimo dibuat sebagai bagian dari program robotika penelitian dan pengembangan Honda. Asimo dapat beroperasi di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan, stasiun kereta api atau museum.

Ia dapat beradaptasi dengan lingkungannya, berjalan di medan apa pun, menari dan juga berlari dengan kecepatan 9 km/jam. Asimo ini satu-satunya robot humanoid yang mampu memanjat dan menuruni tangga secara mandiri.

Mereka juga dapat membuat gerakan dalam jumlah terbatas dengan membaca gelombang otak pengguna. Asimo dapat dibeli seharga US$2,5 juta setara dengan Rp37,5 miliar bila disewa sekitar US$150.000 atau Rp2,25 miliar sebulan.

 

Nah itu dia 10 robot mahal di dunia. Sungguh harga yang fantastis. Apakah kamu berminat menjadi kolektor dari robot?

 

Kita sudah sampai pada penghujung artikel ini, Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk share artike ini pada rekan-rekan kamu ya, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

 

Sumber Referensi:

  • Zeeshan Haider. 6 Januari 2019. 10 Most Expensive Robots In The World. Abouticles.com – https://bit.ly/3bcskrT

 

Sumber Gambar:

  • Robot 1 – https://bit.ly/2IZ4G6a
  • Robot 2 – https://bit.ly/2UsP8Ng
  • Robot 3 – https://bit.ly/2J1fIrB
  • Robot 4 – https://bit.ly/2U5HqKb