Rumah DP 0 rupiah Anies-Sandi di DKI Jakarta segera dibangun, Anies buat dua Peraturan Gubernur. Serta Sandi ingatkan warga waspada calo rumah DP Rp0.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Gubernur Anies Baswedan Buat Dua Pergub

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan membuat dua Peraturan Gubernur (Pergub) untuk menjadi dasar pelaksanaan rumah DP Rp0. Pergub ini berguna untuk memisahkan pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan skema pembiayaan.

Seperti yang dilansir dari detikFinance, Senin (16/4/2018), Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan bahwa pergub mengenai skema pembiayaan akan mengatur detail skema pembiayaan rumah DP Rp0.

Selain itu, pergub mengenai UPT ini juga akan fokus pada pembentukan organisasi:

“Ya pertama pembentukan organisasinya, setelah itu pembiayaannya. Dan ada tentunya peraturan-peraturan lain yang nanti akan membantu merealisasikan program rumah dengan DP Rp0.”

 

Pergub yang mengatur rumah DP Rp0 telah disahkan pada Senin (16/4/2018). Wagub DKI tersebut berharap dengan adanya pergub tersebut, Pemprov DKI bisa segera memproses program rumah DP Rp0:

“Ini merupakan awal dari sebuah lembaran baru untuk hunian terjangkau yang nanti Insya Allah akan jadi menjawab harapan masyarakat Jakarta untuk jadi miliki rumahnya sendiri.”

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Waspada Calo Rumah

Sandiaga Uno menyampaikan pada Senin (16/4/2018) di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, bahwa warga DKI Jakarta bisa segera mendaftar untuk mendapatkan rumah DP Rp0.

Namun, ia meminta warga untuk selalu waspada dan melapor jika ada oknum atau calo dalam pendaftaran program tersebut:

“Ini selalu menjadi tantangan karena setiap pemprov luncurkan kebijakan selalu terantisipasi adanya mungkin rekayasa mungkin calo. Ini masyarakat dan pemprov harus saling mengawasi.”

Soal-Rumah-DP-Rp-0,-Anies-Sandi-Buat-Dua-Pergub-1-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman?]

 

Pembentukan UPT rumah DP Rp0 akan diumumkan pekan ini. Sandiaga menyatakan, usai pembentukan UPT tersebut, warga bisa mendaftar untuk mendapatkan rumah DP Rp0.

Wagub DKI Jakarta ini pun berjanji akan bertindak tegas bila ada penyelewengan pada program rumah DP Rp0. Ia ingin rumah DP Rp0 diserahkan pada warga yang berhak menerimanya:

“Kalau misalnya unit ini yang sudah dipesan diperdagangkan kita akan langsung meng-cancel dan memasukkan kembali unit itu ke dalam inventory kita. Karena tidak boleh diperjualbelikan tidak boleh seperti itu.”

 

Fokus Cari Personalia

Pada kesempatan lain, Wagub DKI Jakarta mengatakan pergub terkait UPT rumah DP Rp0 sudah ditandatangani. Menurutnya, Pemprov DKI dalam waktu dekat akan memilih personalia untuk kelengkapan UPT:

“Ini UPT-nya alhamdulillah kita ucapkan syukur sudah ditandatangani hari ini dan kita akan langsung isi personalianya. Mungkin dalam dua minggu ke depan kita akan seleksi. Kita akan lihat dari talent pool yang dimiliki oleh Pemprov DKI, sosok yang tepat untuk mengisi personalia kelengkapan di UPT.”

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sandi menambahkan, fokus pemprov saat ini adalah penentuan SDM untuk mengawal agenda UPT. Harapannya, setelah ditandatanganinya Pergub UPT ini dapat memberi jawaban bahwa hunian layak di Jakarta akan segera terealisasi.

“Nah, yang harus kita fokuskan sekarang penunjukan SDM yang tepat. Untuk mengawal agenda UPT ini, yang kita harapkan menjadi sebuah jawaban terhadap hunian layak dan hunian terjangkau oleh masyarakat Jakarta.”

 

Pemprov memastikan, target 250 ribu hunian di Jakarta bisa dibangun dalam 5 tahun ke depan. Hal ini dapat terwujud jika setelah terbentuk UPT berkembang menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Kita berharap ini UPT akan berkembang jadi BLUD. Pada suatu saat, begitu ada kelengkapannya untuk mengejar target kita, pemprov dan seluruh pemangku kepentingan memastikan bahwa 250 ribu unit hunian dengan DP Rp0 ini bisa direalisasikan untuk lima tahun ke depan.”

 

Apa pendapat Anda mengenai rumah DP Rp0? Cukupkah menjanjikan? Silakan isi kolom komentar mengenai pandangan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Fida Ul Haq. 16 April 2018. Atur Rumah DP Rp 0, Anies Buat Dua Pergub. Finance.detik.com – https://goo.gl/Z2siH5
  • Muhammad Fida Ul Haq. 16 April 2018. Sandiaga Minta Warga Waspada Calo Rumah DP Rp 0. Finance.detik.com – https://goo.gl/1aoQs8
  • Indra Komara. 17 April 2018. Sandi: Pergub UPT Rumah DP Rp 0 Sudah Ditandatangani. News.detik.com – https://goo.gl/ABzssD

 

Sumber Gambar:

  • Sandiaga Uno – https://goo.gl/gJTVCE
  • Rumah DP Rp0 – https://goo.gl/aQMmLP

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Summary
Soal Rumah DP Rp 0, Anies-Sandi Buat Dua Pergub dan Minta Warga Waspada Calo
Article Name
Soal Rumah DP Rp 0, Anies-Sandi Buat Dua Pergub dan Minta Warga Waspada Calo
Description
Rumah DP Rp 0 Anies-Sandi di DKI Jakarta segera dibangun, Anies buat dua Peraturan Gubernur. Serta Sandi ingatkan warga waspada calo rumah DP Rp0.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo