Apakah rumah DP nol rupiah adalah rumah idaman? Mengapa demikian? Berikut ini adalah informasi dari Finansialku tentang rumah DP nol rupiah yang sedang booming.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman?

Salah satu janji yang dikampanyekan oleh Anis Baswedan serta Sandiaga Uno adalah akan membuat kawasan pemukiman yang ramah lingkungan dengan uang muka DP nol rupiah.

Janji ini akan segera terwujud. Sudah mulai tampak tahap pembangunannya, Anies Baswedan sendiri yang melakukan peletakan batu pertama pada hari Kamis tanggal 18 Januari lalu.

Rumah idaman yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur ini tepatnya berada di kawasan Pondok Kelapa dengan rusun yang terdiri dari dua tipe rumah yakni tipe 36 serta satunya lagi tipe 21.

Kerja sama dilakukan dengan melibatkan 21 pengembang dalam membangun rusun yang satu ini. Berbagai hal yang perlu diperhatikan bagi orang yang ingin membeli rumah di sana, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Unit Beserta Harganya

Pemprov DKI Jakarta akan membangun hunian bagi masyarakat ibukota sebagai pengganti dari rumah susun yang terkenal sebagai tempat tinggal untuk sebagian warga.

Bangunan ini nantinya akan memiliki 20 lantai, sehingga bisa melihat pemandangan yang sangat tinggi sekali. Bangunan ini telah siap untuk ditempati.

Total jumlah unit yang akan dibangun sebanyak 703, dibagi menjadi 513 dengan tipe 36 dan satunya lagi tipe 21 sebanyak 190 atau sisanya.

Pemprov DKI sendiri memberikan gambaran terhadap tipe 36 yang memiliki ruang tamu, kamar tidur dua, ruang makan, kamar mandi, serta terdapat dapur. Pada tipe 21 juga memiliki ruang tamu, ruang makan, dapur dan kamar mandi, namun jumlah kamar tidur yang tersedia hanya satu.

Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman 02 Anis Sandi - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah? [Polling]]

 

Bagi masyarakat DKI Jakarta yang ingin mendapatkan hunian dengan tipe 36 harus menyiapkan uang sebesar Rp320 jutaan, sedangkan Rp185 jutaan bagi tempat tinggal tipe 21.

Jika dinilai sebagai rumah idaman atau bukan, tentu hal ini bersifat relatif dari pemikiran masing-masing personal.

 

#2 Sarana Umum Hunian

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menyiapkan hunian dengan uang muka 0 rupiah dengan lokasi di Pondok Kelapa Kota Jakarta Timur ini akan dilengkapi berbagai sarana umum.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Direktur Utama dari PD Pembangunan Sarana Jaya, warga akan mendapatkan berbagai fasilitas mulai dari tempat ibadah, taman bermain, tempat pertemuan untuk warga, serta tempat belanja. Kelebihan lainnya adalah kawasan ini dilintasi oleh bus Trans Jakarta.

 

#3 Persyaratannya

Tentunya kebijakan hunian dengan uang muka nol rupiah ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi jika seseorang ingin mendapatkan hunian di sini, baik itu untuk tipe yang 36 ataupun 21.

Kadin Perumahan Rakyat dan Permukiman Pemprov DKI Jakarta, Bapak Agustino Darmawan memberikan penjelasan bahwa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program ini adalah sebagai berikut.

 

#1 Warga DKI Jakarta

Warga Jakarta yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Syarat selanjutnya, selain harus merupakan penduduk DKI adalah sudah menikah dan belum memiliki rumah.

Tentunya dengan dibuktikan melalui surat keterangan dari Kelurahan tempat tinggalnya sesuai KTP.

Cara-Membuat-E-KTP-02-Finansialku

[Baca Juga: Era Rumah Murah: RUSUN, RUSUNAMI, RUSUNAWA dan Rumah DP 1% dari Pak Jokowi]

 

#2 Penghasilan di Bawah Rp7 Juta

Rumah dengan DP nol rupiah ini diperuntukkan bagi yang berpenghasilan dibawah Rp7.000.000, namun memiliki gaji yang sesuai dengan standar upah UMP DKI Jakarta.

Kemampuan seseorang dalam mencicil juga dipertimbangkan, yakni syaratnya adalah harus menunjukkan bahwa selama 6 bulan terakhir minimal telah menabung sebesar Rp2.300.000 pada Bank DKI.

Gaji Karyawan Semangat Kerja Finansialku

[Baca Juga: Apa Benar Bisa Kredit Rumah Tanpa DP? Gimana Caranya?]

 

Jumlah tabungan yang dimiliki selama 6 bulan terakhir digunakan sebagai acuan bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk membayar cicilan rumah pada saat mengikuti program pemerintah dengan nominal Rp2,3 jutaan ini.

 

#3 Surat Keterangan

Bagi kelompok yang memiliki usaha atau berpenghasilan tidak tetap, maka harus menunjukkan surat keterangan yang diperoleh dari pihak Kelurahan.

Berbeda lagi dengan yang memperoleh penghasilan tetap, cukup dengan melampirkan bukti penghasilan saja.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Persiapkan Uang Pemeliharaan

Salah satu persiapan keuangan yang harus ada pada saat telah menempati rumah DP nol rupiah ini adalah biaya pemeliharaan. Hal ini dikarenakan adanya IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan) pada rumah tersebut.

Peraturan mengenai IPL ini berdasarkan pada Undang-undang No 16 Tahun 1985 Jo, Peraturan Pemerintah Nomor .4 Tahun 1988 yang kemudian diatur dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang rumah susun yang isinya:

“Siapapun yang memiliki rumah susun, baik itu perorangan ataupun badan hukum, maka harus membayar IPL atau yang juga dikenal dengan istilah service charge.”

 

Kegunaan dari IPL sendiri nantinya akan digunakan untuk menjaga dan merawat berbagai fasilitas umum yang digunakan untuk kepentingan bersama.

Sarana tersebut diantaranya adalah instalasi listrik dan air, lift, tempat ibadah, maupun taman bermain.

Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman 03 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaatkan Kredit In-House, agar Bayar DP Rumah Jadi Ringan]

 

Wakil Gubernur Jakarta, Bapak Sandiaga Uno mengatakan bahwa kajian yang berhubungan dengan IPL hingga saat ini masih belum selesai.

Masalah yang berhubungan dengan IPL sendiri, nantinya akan diatur oleh BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) dengan pembentukan sekitar bulan April 2018 nanti.

 

Mekanisme Pembayaran

Rumah DP nol rupiah ini bisa diperoleh dengan skema cicilan, untuk jangka waktunya tergantung kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Diantaranya ada cicilan dengan 7 tahun, 10 tahun, ataupun hingga 15 tahun.

Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan sendiri masih belum bisa memberikan informasi secara detail mengenai waktu cicilan serta berapa besar angsuran yang harus dibayar oleh tiap pembeli per bulannya.

Pada pelaksanaannya, secara teknis semuanya akan dilayani oleh BLUD.

Proses yang dilakukan nantinya mulai dari pendaftaran bagi warga DKI Jakarta untuk mendapatkan rumah idaman mereka hingga penentuan cicilan berdasarkan  kemampuan mencicilnya sesuai jangka waktunya.

 

Apakah Anda berencana mengajukan rumah dengan DP nol rupiah ini?

Bagilah informasi dengan rekan yang ingin mengikuti program pemerintah DKI tersebut, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 23 Januari 2018. Rumah DP 0 Rupiah: Syarat dan Ketentuan Berlaku. Brilio.net – https://goo.gl/nsi1xP
  • Andry Trysandy Mahany. 19 Januari 2018. 5 Fakta penting rumah DP nol Rupiah, harganya nggak sampai Rp 200 juta. Mojok.co – https://goo.gl/VhA5HP
  • Reza Fadhila. 04 Januari 2018. Ini Kriteria Rumah Idaman Generasi Milenial. Kumparan.com – https://goo.gl/Kmouet
  • Admin. November 2017. 6 Kriteria Rumah Impian dan Idaman. Inirumahpintar.com – https://goo.gl/deHWrA

 

Referensi Gambar:

  • Rumah Idaman – https://goo.gl/wU9nfy
  • Rumah DP Nol Rupiah – https://goo.gl/iDRGAu
  • Syarat Memiliki Rumah DP 0% – https://goo.gl/9TGMw9

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang