Rumah subsidi tanpa DP adalah impian banyak orang yang memerlukan. Namun, ketahui juga bahwa ada prosedur yang harus Anda penuhi.

Inilah cara lengkap dapat rumah subsidi tanpa DP yang dirangkum Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rumah Subsidi Tanpa DP: Kesempatan Emas Untuk Keluarga Muda

Bahasan mengenai rumah subsidi tanpa DP memang selalu menjadi bahasan yang menarik.

Bagaimana tidak, seseorang bisa memiliki rumah dengan ukuran sekian meter persegi, bisa diangsur per bulannya dengan nominal kecil, dan ditambah lagi tidak perlu menyiapkan beberapa juta rupiah untuk DP.

Mungkin Anda sendiri juga sangat tertarik dengan kesempatan ini.

 

Syarat Bisa Dapat Rumah Bersubsidi Tanpa DP

Jika memang Anda sangat tertarik, maka ketahui dulu apa saja yang menjadi syaratnya. Di bawah juga akan disebutkan dokumen apa saja yang harus disiapkan saat pengajuan nanti.

 

#1 Memiliki Dokumen Lengkap WNI

Syarat ini dinilai paling mudah namun tetap saja menjadi syarat, yaitu siapapun yang ingin mengambil rumah subsidi tanpa DP haruslah mereka yang merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen KTP dan KK.

Gini Cara Jitu Dapat Rumah Subsidi Tanpa DP, Mau 01 - Finansialku

[Baca Juga: STRATEGI PRAKTIS! Beli Rumah Sebelum Usia 30 – Batch 8]

 

#2 Berusia Minimal 21 Tahun dan Maksimal 55 Tahun

Juga ada syarat usia, untuk bisa dipercaya pihak pemberi rumah bersubsidi Anda harus berusia setidaknya 21 tahun. Namun juga tidak boleh mengajukan jika usianya melebihi 55 tahun.

 

#3 Sudah Bekerja Atau Punya Usaha

Syarat nomor tiga adalah harus sudah bekerja atau punya usaha selama minimal 1 tahun. Kalau Anda belum sampai satu tahun bekerja dengan pekerjaan tetap, maka sebaiknya tunggu hingga lamanya mencapai 1 tahun.

 

#4 Belum Pernah Mengajukan KPR

Jika Anda belum menikah, maka untuk bisa ajukan beli perumahan subsidi adalah merupakan pertama kalinya.

Sama halnya jika Anda telah menikah, baik istri maupun suami, keduanya harus sama-sama belum pernah mendapatkan kesempatan untuk ajukan KPR rumah bersubsidi.

Jika sebelumnya pernah ajukan namun ditolak, boleh mengajukan lagi.

 

 

#5 Gaji Pokok Maksimal 4 Juta Rupiah

Untuk bisa beli rumah subsidi tanpa DP dengan cara KPR, Anda haruslah seorang warga dengan gaji pokok yang tidak melebihi 4 juta rupiah.

Kalau gaji pokok Anda lebih dari itu, maka rumah bersubsidi dari pemerintah tidak ditujukan untuk Anda.

 

#6 Memiliki NPWP Atau SPT Tahunan PPh

Syarat yang selanjutnya untuk bisa ajukan KPR bersubsidi adalah memiliki NPWP untuk karyawan, atau SPT tahunan PPh jika Anda seorang pengusaha. Jika belum punya, bisa dibuat terlebih dahulu.

 

#7 Memiliki Rekam Jejak Bank yang Baik

Rekam jejak yang dimaksud biasanya BI Checking atau yang namanya kini berubah menjadi SLIK.

Rekam jejak urusan dengan bank atau pihak pendanaan yang mungkin memberikan hutang pada Anda sebelumnya akan tertuang dalam dokumen ini. Jika rekam jejaknya baik maka Anda boleh mengambil KPR bersubsidi.

 

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Rumah Bersubsidi Tanpa DP

Syarat-syarat di atas hukumnya wajib dipenuhi. Jika syarat di atas sudah dipenuhi, Anda bisa langsung siapkan beberapa dokumen untuk bisa segera mendapatkan rumah subsidi tanpa DP.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain pas foto 3×4, fotokopi akta nikah (jika sudah menikah), fotokopi NPWP, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap, surat aktif bekerja yang distempel oleh HRD, buku tabungan, slip gaji asli sebulan terakhir, surat keterangan belum punya rumah dari lurah, SPT tahunan, dan meterai.

Dokumen-dokumen ini dibawa ke kantor pemasaran rumah subsidi yang bersangkutan, nantinya Anda akan mengisi formulir dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Gini Cara Jitu Dapat Rumah Subsidi Tanpa DP, Mau 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sekali Klik, Web Jual Beli Rumah Online Ini Mudah Diakses]

 

Jika Anda butuh panduan, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat. Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu merencanakan keuangan Anda untuk membeli rumah subsidi tanpa DP yang Anda inginkan.

Download aplikasinya dan rencanakan hunian impian Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Jadi, apakah semua persyaratan di atas sudah Anda miliki? Jika ya, jangan lupa segera daftar dan ajak lebih banyak kenalan untuk membaca artikel penting yang bermanfaat ini, terima kasih.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ingin Mengajukan KPR Rumah Bersubsidi? Ini Syarat yang Diperlukan. Simulasikredit.com – https://bit.ly/34CNiAr

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://bit.ly/3j3BuLi
  • Rumah 2 – https://bit.ly/3gn8SuO