SHOCK! Rupiah melemah hingga tembus Rp14.000 per US$, gimana mau liburan ke luar negeri?

Tentunya para traveler sedang harap-harap cemas karena nilai rupiah yang terus menurun ini.

Namun jangan khawatir, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips untuk tetap liburan ke luar negeri meski rupiah melemah seperti saat ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

News: Rupiah Melemah hingga Tembus Rp14.000 per USD

Mengutip Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai tukar rupiah pada Senin (7/5/2018) mencapai Rp14.000 per US$ akibat situasi pasar yang sedang melakukan penyesuaian terhadap perubahan kebijakan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Sri Mulyani di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, mengungkapkan,

“Kami akan terus menjaga perekonomian Indonesia, fondasi kami perkuat, kinerja kami perbaiki, hingga apa yang disebut sentimen market itu relatif bisa netral terhadap Indonesia”

 

Tren pelemahan rupiah memang sudah berlangsung beberapa waktu terakhir ini. Diperkirakan, pelemahan rupiah akan terus berlanjut selama sebulan ini.

Rupiah-Melemah,-Liburan-Ke-Luar-Negeri-02-Finansialku

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (27/2/2018)

 

Mengapa bisa terjadi demikian?

Berdasarkan sumber yang sama, dijabarkan bahwa faktor-faktor yang berkontribusi dalam pelemahan rupiah antara lain adalah:

  • Pembagian dividen emiten pada awal kuartal II 2018 yang menyebabkan tingginya permintaan terhadap US$
  • Penguatan mata uang Amerika Serikat, dan
  • Kenaikan US treasury atau suku bunga obligasi negara di atas 3 persen.

Tren ini tidak hanya dialami mata uang Indonesia, namun juga beberapa mata uang negara lain, seperti Brasil dan India yang mengalami pelemahan mata uang lebih parah dari Indonesia.

Melemahnya mata uang rupiah terhadap mata uang asing ini tentu membuat para traveler cemas, apalagi yang sudah beli tiket untuk berangkat dekat-dekat ini.

Jika kamu juga salah satunya, jangan cemas! Kamu masih bisa liburan ke luar negeri dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

 

Liburan Bisa Dihemat

Liburan sebagai momen relaksasi dari rutinitas sehari-hari yang semakin diminati masyarakat. Banyak remaja yang lebih mengutamakan berlibur daripada membeli barang mewah atau elektronik.

Walaupun nilai Rupiah melemah, kamu tetap dapat menikmati liburan tanpa perlu stress akibat biaya berlibur yang mahal hanya dengan perencanaan yang matang lho.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Berikut beberapa tips agar bisa berlibur dengan hemat:

 

#1 Tentukan Prioritas

Jika berlibur tanpa prioritas, keuangan kamu pasti berujung boros. Itulah mengapa kamu harus mulai menentukan mana yang penting dan mana yang tidak agar tetap bisa liburan dengan anggaran terbatas.

Misalnya saja, anggapan bahwa buat saya yang terpenting adalah pengalaman berliburnya. Saya akan menghabiskan hari-hari untuk menikmati tempat wisata di sana.

Jadi, saya rela memilih transportasi dan akomodasi yang lebih ekonomis demi bisa membeli banyak tiket wisata.

15-Tips-Mencari-Tempat-Wisata-Berikutnya-4-Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Intinya, coba deh mulai buat prioritas, mana yang pantas dibayar mahal dan mana yang justru bisa dihemat. Sehingga kamu tetap bisa liburan menyenangkan dengan cara ini.

 

#2 Menyasar Negara yang Mata Uangnya juga Mengalami Pelemahan

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, beberapa mata uang juga mengalami pelemahan mata uang, misalnya Brasil dan India.

Nah, logikanya, saat mata uang mereka ikut melemah, tentunya kamu bisa menukarkan lebih banyak dengan anggaran yang sama bukan?

Jadi, carilah tujuan wisata yang tidak menggunakan mata uang US$, melainkan mata uang yang juga mengalami pelemahan. Kamu bisa berlibur dengan lebih santai dan menyenangkan deh dengan trik jitu ini!

 

#3 Manfaatkan Travel Fair atau Promo Kejutan Lainnya

Umumnya, tiket pesawat pada musim liburan memang mahal, namun kamu dapat membelinya pada saat promo atau travel fair agar memperoleh harga yang lebih murah hingga separuhnya.

Untuk memperoleh informasi promo, ikuti media sosial maskapai terkait atau travel agent terjamin di daerah kamu.

 

#4 Minimalisasi Tagihan Telepon

Kamu pastinya sudah pernah mendengar bahwa tarif telepon internasional sangatlah mahal, dan umumnya terdapat roaming sehingga ketika menerima telepon pun akan dikenakan biaya yang tak sedikit.

Rupiah-Melemah,-Liburan-Ke-Luar-Negeri-03-Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tagihan teleponmu tidak membengkak adalah sebagai berikut:

  • Matikan mobile data dan roaming di negara tempatmu berlibur dengan mengaktifkan airplane mode sesaat setelah mendarat.
  • Jangan terima telepon atau SMS sembarangan.
  • Download map yang dibutuhkan saat berada di negara asal. Simpan agar tidak membutuhkan koneksi internet nantinya.
  • Carilah wifi gratis di negara tujuan, misalnya wifi hotel atau restoran.
  • Jika benar-benar membutuhkan koneksi atau telepon internasional, lebih baik beli kartu prabayar di negara tujuan.

 

#5 Manfaatkan Couchsurfing

Nah, bagaimana dengan tempat tinggal selama liburan atau akomodasi? Akomodasi biasanya memakan 40 persen dari anggaran liburanmu. Tapi, ini semua bisa diatasi dengan mudah dengan cara couchsurfing.

Couchsurfing merupakan website yang memungkinkan para traveler memberikan atau meminta tumpangan gratis di tempat tinggal mereka masing-masing. Seperti AirBnB, namun dengan harga murah atau bahkan GRATIS!

 

Namun, selalu cek kembali apakah member yang menyewakan tempat tinggalnya sudah terverifikasi atau belum. Hal ini ditujukan untuk menjamin keamanan dan meminimasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

#6 Jika Terpaksa, Ambil Sedikit Dana Darurat

Dalam kasus ini, kamu bisa mengambil sedikit (maksimal 20 persen) dari pundi dana daruratmu demi tetap melangsungkan liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Namun, hal ini dilakukan apabila benar-benar darurat ya. Kalau tidak darurat, sebisa mungkin jangan melakukannya.

Sepulang liburan nanti, kembalikan lagi dana darurat yang kamu pinjam agar jumlahnya menjadi seperti semula.

Kamu harus tetap disiplin agar dana daruratmu tetap siap siaga saat nanti benar-benar dibutuhkan dalam keadaan yang darurat.

 

#7 Manfaatkan Kartu Kredit

Kartu kredit kini menjadi sebuah produk yang umum digunakan karena beragam keuntungannya.

Beberapa contoh fitur kartu kredit tersebut adalah adanya fasilitas untuk menikmati fasilitas airport. Selain itu, pengumpulan poin yang bisa kamu lakukan setiap kali membeli tiket pesawat tertentu atau bertransaksi di luar negeri.

Poin ini kemudian bisa ditukar dengan pemotongan harga tiket pesawat.

Top 6 Faktor Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Jika kamu sering berlibur atau melakukan business trip, tentunya fitur ini sangat sesuai bagimu. Dengan memanfaatkan kartu kredit secara tepat, kamu dapat menikmati liburan dan business trip dengan lebih nyaman dan hemat.

Jika kamu tertarik, simak beberapa kartu kredit khusus traveler pada artikel berikut ini:

 

#8 Berhati-hati dalam Pertukaran Mata Uang

Tahukah kamu bahwa perbedaan kurs setiap bank bisa sangat berpengaruh? Jika kamu tidak berhati-hati dan menggunakan kartu kredit sembarangan di luar negeri, bisa-bisa tagihanmu membengkak dengan kurs yang sangat tinggi.

Cara terbaik untuk membawa uang saat berlibur adalah dengan membawa kartu uang tunai elektronik dengan kurs yang masuk akal, atau dengan membawa uang tunai yang sudah ditukar dengan kurs yang jelas sebelum berangkat.

Tanyakan kepada bank langganan kamu berapa kursnya, agar kamu tidak kaget akan pengeluaran tak terduga saat pulang liburan.

Dapatkan pula penawaran dan potongan harga dari beberapa kartu kredit union tertentu.

 

#9 Jika Belum Beli Tiket, Tunda Rencana Liburan

Kalau kamu justru belum merencanakan liburan (alias belum beli tiket atau mem-booking hotel dan tempat wisata), kami sarankan lebih baik tunda rencana liburanmu. 

Siapa tahu nanti rupiah akan menguat lagi, sehingga kamu tidak perlu menambah anggaran liburanmu dan tetap bisa menikmatinya.

Daripada memaksakan liburan tapi tidak dapat menikmatinya, menunda sebentar tidak apa-apa kan?

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Revisi Anggaran Liburan dengan Aplikasi Finansialku

Jika kamu tidak bisa melakukan beberapa cara di atas untuk tetap berlibur saat rupiah melemah, kami punya solusi lain agar tidak bertambah stress nantinya dengan tumpukan hutang sisa liburan.

Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung revisi dana liburanmu. Dengan demikian bagi kamu yang masih lama liburannya, masih punya waktu untuk menginvestasikan lebih banyak uang dari yang direncanakan.

Apakah kamu sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress:

Klik tautan ini untuk mengunduh aplikasinya di Google Play Store, dan klik tautan berikut bila kamu ingin mengakses aplikasi Finansialku via desktop.

Kemudian, masuk ke fitur “Dana Liburan” di tab rencana keuangan dan isi data yang dibutuhkan. Klik “hitung”, dan voila! Hasil perhitungan muncul dengan sangat mudah.

 

Apakah kamu mengetahui tips liburan ke luar negeri walaupun rupiah melemah lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu kamu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 12 April 2018. Rupiah Melemah? Ini Triknya Biar Tetap Bisa Liburan ke LN. Moneysmart.id – https://goo.gl/knvu1
  • Admin. 11 Maret 2018. Tips Jalan-Jalan ke Luar Negeri Saat Rupiah Melemah. Okezone.com – https://goo.gl/Aufprk
  • Andri Donnal Putera. 8 Mei 2018. Dollar AS Tembus Rp 14.000, Ini Kata Sri Mulyani. Kompas.com – https://goo.gl/VaR1hp

 

Sumber Gambar:

  • Rupiah Melemah, Liburan Ke Luar Negeri 1 – https://goo.gl/VXLbpi
  • Rupiah Melemah, Liburan Ke Luar Negeri 2 – https://goo.gl/pbv4P2
  • Rupiah Melemah, Liburan Ke Luar Negeri 3 – https://goo.gl/SzurTN