Sakit kepala adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi dan banyak dirasakan oleh setiap orang. Apa penyebab sakit kepala?

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala, baik laki-laki maupun perempuan, atau anak muda hingga orang tua.

Meskipun sudah biasa, bukan berarti Anda boleh mengabaikan rasa sakit kepala ini. Karena bisa jadi, sakit yang Anda rasakan adalah gejala awal dari penyakit yang lebih serius.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sakit Kepala

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit kepala? Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala baik pada gejala ringan hingga sakit kepala berat yang sangat mengganggu.

Sayangnya, tidak setiap orang menyadari bahwa ada beberapa hal yang menjadi sebab timbulnya sakit kepala sehingga sering kali mereka mengabaikan rasa sakit yang mereka alami, atau hanya meminum obat penghilang rasa sakit yang sebenarnya tidak membantu menyelesaikan penyebab asli dari timbulnya rasa sakit tersebut.

Sakit kepala ringan atau sakit kepala biasa dapat hilang dengan sendirinya setelah Anda istirahat atau meminum obat sakit kepala dengan air putih dalam jumlah yang cukup.

Kepala Cenat Cenut 02a Sakit Kepala 2 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Diet Makanan Sehat Agar Biaya Kesehatan Bisa Diminimalisasi]

 

Akan tetapi, jika beberapa jam setelahnya rasa sakit di kepala Anda kembali muncul, tidak ada salahnya jika Anda mulai waspada terhadap apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Meskipun sakit kepala sering dianggap sebagai sakit yang remeh, namun sakit kepala parah dapat menghambat aktivitas Anda.

Bahkan dapat mengganggu produktivitas Anda yang nantinya malah menimbulkan dampak buruk dalam berbagai hal. Termasuk dalam meraih kesuksesan hidup ataupun karier yang tengah Anda jalani.

 

Jenis Sakit Kepala

Mungkin Anda menyadari bahwa setiap kali Anda merasakan sakit kepala, lokasi rasa sakit itu sering kali berbeda-beda.

Sekali waktu Anda merasakan sakit kepala di kepala bagian depan, lain waktu di kepala sebelah kiri, kepala sebelah kanan, atau di bagian kepala belakang.

Posisi sakit kepala ini sebenarnya cukup membantu untuk mengetahui apa penyebab sakit kepala yang Anda alami.

Bisa jadi sakit kepala itu disebabkan oleh migrain, tekanan darah yang tinggi, vertigo, nyeri bagian dalam dan sekitar mata, sakit kepala disertai sinus, dan lain-lain.

Dengan memahami jenis dan posisi sakit kepala yang Anda rasakan, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan timbulnya sakit kepala.

Kepala Cenat Cenut 03a Sakit Kepala 3 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Hidup Sehat Jika Anda Sering Duduk Sepanjang Hari]

 

Penyebab Sakit Kepala

Ada banyak hal yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada kepala. Bisa karena disebabkan oleh aktivitas, pola makan, atau bahkan menunjukkan adanya gejala atas penyakit yang perlu diwaspadai.

Sakit kepala ringan bisa jadi disebabkan oleh kesalahan aktivitas sehari-hari yang tidak kita sadari.

Misalnya seperti terlalu lama menatap layar komputer ataupun ponsel, terlalu lama duduk, stres, kurang tidur, terlalu sedikit minum air putih, membaca terlalu lama, merokok, terlambat makan, menatap cahaya yang terlalu silau, posisi yang salah saat tidur, hingga terlalu lama berada di bawah matahari terik atau kehujanan.

Selain itu, pola hidup yang salah juga bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala.

Misalnya mengkonsumsi penyedap rasa terlalu banyak, kafein yang berlebihan, konsumsi alkohol, memakan cabai yang terlalu pedas, penggunaan pemanis buatan yang terlalu banyak, makan daging atau seafood dalam porsi yang terlalu banyak, dan juga minum air dingin.

Kepala Cenat Cenut 04a Sakit Kepala 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless? Apakah Bermanfaat?]

 

Cara Mengobati Sakit Kepala

Mengetahui penyebab sakit kepala dapat membantu Anda untuk melakukan pengobatan dengan lebih tepat. Sebaiknya, hindari penggunaan obat-obatan pereda sakit kepala jika memungkinkan.

Jika Anda tidak tahu apakah sakit kepala yang Anda alami adalah sakit kepala biasa atau sakit kepala berat, sebaiknya Anda meminta bantuan profesional seperti dokter untuk membantu Anda mengidentifikasi.

Ini penting karena beda jenis sakit kepala, akan berbeda pula penanganan yang diperlukan.

Untuk sakit kepala biasa, sebenarnya Anda bisa mengkonsumsi obat yang dijual di toko obat atau warung untuk mengurangi rasa sakitnya.

Namun, jika masih memungkinkan sebaiknya Anda menggunakan alternatif lain untuk mengobati sakit kepala yang Anda rasakan.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan sakit kepala ringan yang bisa Anda coba lakukan:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#1 Menggunakan Es Batu

Efek dingin dari es batu bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit untuk sementara. Caranya cukup dengan menempelkan es batu sampai bagian kepala yang sakit itu mereda.

Sebaiknya Anda menggunakan kain untuk melapisi es batu tersebut agar dinginnya tidak langsung mengenai kepala Anda.

 

#2 Minum Air Putih yang Cukup

Terkadang rasa sakit kepala juga bisa disebabkan oleh metabolisme tubuh yang terganggu. Untuk sakit kepala seperti ini, minum air putih akan menjadi solusi yang cukup efektif.

Pada dasarnya tubuh manusia tersusun dari 70 persen cairan dan membutuhkan sekitar 8 hingga 10 gelas air minum setiap harinya. Kekurangan air minum bisa membuat Anda dehidrasi dan menyebabkan kepala terasa sakit.

 

#3 Makan Kentang, Pisang, Dan Semangka

Selain pertanda dehidrasi, sakit kepala juga bisa menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan kalium. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan kandungan kalium dengan mengkonsumsi kentang, pisang, atau semangka.

Kandungan kalium, potasium, dan magnesium yang ada di dalamnya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu Anda meredakan rasa sakit kepala.

Akan tetapi, perhatikan untuk tidak mengkonsumsi kentang yang digoreng. Karena kolesterol yang didapat dari proses menggoreng bisa menyebabkan efek yang berlawanan dengan yang diharapkan.

Jika Anda ingin mengkonsumsi semangka, Anda bisa memilih semangka merah atau kuning sesuai dengan selera.

Semangka adalah buah yang kaya akan kalium dan dapat membantu meredakan rasa sakit yang Anda alami.

Jangan lupa untuk memakan bagian pangkal buahnya juga, karena bagian inilah yang memiliki kandungan kalium paling tinggi.

 

#4 Konsumsi Kopi

Siapa sangka kalau kopi dapat membantu meredakan rasa sakit kepala? Orang yang rutin mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup biasanya cenderung jarang mengalami sakit kepala.

Ternyata hal ini disebabkan oleh senyawa kafein pada kopi yang membantu menenangkan sistem saraf yang menegang.

 

#5 Lakukan Peregangan

Sering kali sakit kepala disebabkan karena saraf yang menegang. Karena itu, Anda perlu melakukan peregangan agar saraf yang menegang bisa lebih rileks dan mengendur. Misalnya dengan melakukan olah raga secara rutin.

Selain itu, perhatikan juga pola istirahat dengan melakukan istirahat yang cukup agar sakit kepala Anda cepat mereda.

 

Segera Tangani Sakit Kepala

Itulah beberapa cara menangani rasa sakit kepala yang Anda alami. Namun, cara-cara tersebut tidak akan berpengaruh besar jika sakit kepala yang Anda rasakan tergolong berat.

Jika Anda merasa sakit kepala Anda tergolong berat, atau tidak kunjung reda dalam 1-2 hari, sebaiknya segera jadwalkan kunjungan ke dokter untuk melakukan konsultasi.

Karena bisa jadi sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh penyakit serius yang perlu segera ditangani.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai penyebab sakit kepala dan cara mengobatinya? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum & Jarang Disadari. Doktersehat.com – https://goo.gl/RKumqn
  • Admin. Sakit Kepala. Aladokter.com – https://goo.gl/fWmvtz

 

Sumber Gambar:

  • Sakit Kepala 1 – https://goo.gl/Xp2GL5
  • Sakit Kepala 2 – https://goo.gl/XndBNU
  • Sakit Kepala 3 – https://goo.gl/tYmo6v
  • Sakit Kepala 4 – https://goo.gl/HUKCv8