Pemerintah memberikan kebijakan sekolah libur, Mendikbud Nadiem Makarim apresiasi langkah tersebut.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Sekolah Libur!

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengapresiasi penuh perihal kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberlakukan pemberhentian aktivitas sekolah.

Langkah pemberhentian tersebut merupakan salah satu cara demi meminimalkan penyebaran pandemi virus corona.

Selain itu, kebijakan ini juga berlaku untuk melindungi keamanan dan keselamatan guru, dan segenap elemen tenaga pendidik lainnya.

Adapun mengenai kegiatan belajar-mengajar akan tetap dilakukan dengan cara daring.

Kemendikbud mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya; Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Sekolah Libur Karena Corona, Kemendikbud, “Saya Dukung!” 02

[Baca Juga: Sah! Nadiem Makarim Resmi Hapus UN 2021]

 

Boleh jadi nantinya Ujian Nasional (UN) juga akan ditunda jika penyebaran pandemi virus corona belum ada ujungnya.

Mendikbud menjelaskan, saat ini kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak.

Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruang Guru, Sekolahmu, dan Zenius.

Gotong royong pendidikan ini diharapkan dapat menjadi solusi seiring bertambahnya kebijakan Pemda menghentikan sementara aktivitas belajar di sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu daerah yang telah meliburkan sekolah dalam dua pekan, yakni DKI Jakarta.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah mulai TK hingga SMP.

 

Sepotong Pesan untuk Para Orangtua di Rumah

Meskipun kegiatan belajar-mengajar di sekolah berhenti untuk sementara waktu, bukan berarti anak boleh senyantai mungkin diam di rumah dengan kata lain tak melakukan apa-apa.

Ada banyak cara untuk melakukan pembelajaran, misalnya untuk anak SD, orangtua bisa menjelaskan secara sederhana tentang virus corona, mengapa harus rutin mencuci tangan dan sebagainya.

Pada malam hari bisa dengan membacakan dongeng dan cerita-cerita sebelum si anak tidur, agar rasa cemas si anak ditimpa dengan imajinasi yang menyenangkan.

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Bagaimana menurut Sobat Finansialku tentang artikel di atas, Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Eva Safitri. 16 Maret 2020. Sejumlah Daerah Liburkan Sekolah, Kemendikbud Dorong Pembelajaran Online. Detik.com – https://bit.ly/3aV8tNV
  • Yopi Makdori. 15 Maret 2020. Antisipasi Penyebaran Corona, Kemendikbud Siap Tunda Ujian Nasional Merdeka.com – https://bit.ly/3d10yQN
  • Yohannes Enggar Harususilo. 15 Maret 2020. Nadiem Pahami Keputusan Pemprov Hentikan Sementara Aktivitas di Sekolah. Kompas.com – https://bit.ly/3aWe1HU
  • Asteria Desi Kartika Sari. 16 Maret 2020. Cegah Penularan Corona, Kemendikbud Gandeng Swasta Bikin Sistem Belajar Daring. Bisnis.com – https://bit.ly/2x10sIo

 

Sumber Gambar:

  • Menteri Pendidikan – http://bit.ly/38XBE1b
  • Sekolah – http://bit.ly/33jPdHn