Seperti Apa Sih Bisnis Waralaba Fried Chicken Magfood Amazy dalam 10 Tahun Terakhir?

Pernahkah Anda mendengar tentang fried chicken Magfood Amazy? Magfood Amazy merupakan salah satu resto fried chicken yang berkiprah di Indonesia.

Penasaran dengan perkembangan Magfood Amazy Fried Chicken hingga merambah ke waralaba Indonesia? Simak pembahasannya berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha.

Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Bisnis Waralaba Gian Pizza 02 Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain.

Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap memepertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, sehingga menarik bisnis kuliner yang pastinya tidak pernah mati.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan serba serbi mengenai waralaba Magfood Amazy Fried Chicken bagi Anda:

 

Fried Chicken (Ayam Goreng)

Selama ini fried chicken atau ayam goreng sudah menjadi hidangan yang umum, tak lupa fried chicken sangat digemari masyarakat. Terbukti dengan banyaknya gerai dan restoran yang menawarkan produk yang satu ini.

Menurut Wikipedia, fried chicken merupakan hidangan yang dibuat dari daging ayam dicampur tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng panas.

Ayam goreng sendiri dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu ayam goreng yang kerap disajikan gerai fast food  dan ayam goreng tradisional Indonesia.

Letak perbedaannya adalah pada jenis tepung dan bumbu yang digunakan. Di mana ayam goreng fast food biasanya dibaluri tepung yang cukup tebal dengan cita rasa internasional, sedangkan ayam goreng tradisional biasanya hanya dibalur bumbu dan rempah lokal untuk menonjolkan rasanya.

Magfood-Amazy-Fried-Chicken-01b-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Topik yang akan dibahas adalah ayam goreng pada gerai fast food yang sangat digemari masyarakat terutama anak muda.

Lihat saja di sekitar Anda, gerai fast food ini kerap bermunculan dan semakin mudah diakses, misalnya dengan jasa delivery.

Namun meski banyak waralaba yang bermunculan dari luar negeri, Magfood Amazy Fried Chicken tidak gentar dan membuka program kemitraannya sendiri.

Penasaran dengan lika-liku perjalanan Magfood Amazy Fried Chicken dalam mengembangkan bisnisnya? Simak pembahasannya berikut ini:

 

Kelebihan Magfood Amazy Fried Chicken

Bisnis ini berawal pada tahun 2007 silam, di mana letak kekuatannya adalah menu andalan chicken crisp yang renyah dengan daging ayam yang rendah lemak.

Suwanto, Business and Product Development Magfood Amazy menjelaskan bahwa keunggulan inilah yang membuat bisnisnya dapat bersaing di bisnis tanah air:

“Hal ini dikarenakan proses pembersihan lemak dan lender pada daging ayam konsisten dilakukan oleh manajemen Amazy. Selain itu juga penggunaan bahan baku berkualitas tinggi serta bahan baku yang segar membuat produk Amazy lebih unggul dibanding pemain lain di bisnis yang sama.”

 

Terlebih, ayam-ayam ini kemudian dilumuri lebih dari 20 jenis bumbu rempah homemade oleh Magfood, yang memang terkenal ahli di bidang perbumbuan.

Alhasil, bisnis yang awalnya didirikan oleh Yanti Isa ini terus mengiprahkan sayapnya di tanah air.

Magfood-Amazy-Fried-Chicken-03-Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Kelebihan lainnya yakni seluruh bahan baku tersebut juga sudah disertifikasi kehalalannya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dengan demikian, fried chicken ini bisa dengan aman dikonsumsi berbagai kalangan dan suku di Indonesia.

Beberapa menu ditawarkan oleh Magfood Amazy di samping fried chicken, di antaranya potato crisp, fried rice crisp, spaghetti crisp, spaghetti Bolognese, spaghetti lada hitam, rice bowl crisp, burger crisp, chicken steak, soup, dan masih banyak lagi.

Dengan banyak keunggulan dibanding pesaing, Amazy mampu berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir. Hingga tercatat saat ini gerainya sudah lebih dari 130 buah.

Gerai-gerai itu tersebar di kota-kota besar di Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Maluku Utara, Sulawesi, dan Kalimantan.

Tidak berhenti di sana, Magfood Amazy juga melebarkan sayapnya ke mancanegara, yakni ke Malaysia.

 

Ekspansi Magfood Amazy Fried Chicken

Dalam 10 tahun ini, Magfood Amazy melakukan ekspansi hingga ke second city.

Dengan kata lain ekspansi bukan hanya dilakukan ke kota-kota besar, namun kota tingkat kabupaten hingga second city pun dijangkau olehnya.

Sebagai contoh, Magfood Amazy telah menjangkau kota Wonosobo di Jawa Tengah. Magfood Amazy membuka gerai berkonsep café dan resto disini.

Suwanto berujar, bisnis di Wonosobo ini sangat tidak terduga, responnya positif, terlebih karena konsep café dan restonya.

Pengunjung jadi bisa menikmati renyahnya ayam goreng Magfood Amazy sambil menyantap dessert dan kopi ala café.

Magfood-Amazy-Waralaba-06-Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Suwanto lebih lanjut menjelaskan:

“Di beberapa kota memang tengah happening trend coffee shop. Jadi memang sekarang generasi muda banyak yang suka nongkrong di coffee shop. Respon gerai di Wonosobo sangat bagus, mereka sangat puas dengan menu-menu yang ditawarkan Amazy. Mereka bisa menikmati suasananya sambil ngobrol dan bersantai bersama rekan-rekan mereka.”

 

Menurut pendapat Suwanto, kini anak muda sudah sangat kekinian, tidak peduli di kota besar maupun di kota kecil.

Pengaruh gaya hidup kota besar sudah merambah kemana-mana, dan bisa dilihat permintaan dari beberapa kota (tidak peduli besar kecilnya) hampir serupa.

Namun satu hal yang penting menurut Suwanto dalam menyediakan gaya hidup yang diminati anak muda adalah dengan keselarasan harga.

Artinya, harga harus pas di kantong anak muda di kota besar dan juga kecil.

Bisnis ini juga dibangun dengan segmen pasar yang sangat luas, mulai dari anak-anak hingga keluarganya yang tentunya sudah dewasa.

Suwanto mengungkapkan:

“Kami tetap menyasar segmen keluarga dengan mengusung konsep family resto, makanya kami juga sediakan area bermain anak. Jadi semua segmen kita bidik mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Kami juga menyediakan menu khusus untuk anak-anak.”

 

Waralaba Magfood Amazy Fried Chicken

Setelah ekspansi besar-besaran, kini Magfood Amazy Fried Chicken juga menawarkan paket kerja sama bagi Anda pebisnis yang berminat memulai bisnis di bidang resto fried chicken.

Magfood Amazy menawarkan beberapa paket kerja sama sesuai dengan tipe investasinya, yakni sebagai berikut:

 

#1 Paket Express (75 juta rupiah)

Paket ini dibanderol dengan harga 75 juta rupiah dan disebut lebih cocok bagi kota-kota urban dengan mobilitas tinggi seperti Jakarta.

Di sini kepraktisan dan keinstanan dijadikan kunci utama untuk menggaet gaya hidup masyarakat yang sibuk. Seperti yang dipaparkan Suwanto berikut ini:

“Tipe express ini peluangnya sangat bagus. Konsep ini kami mau garap di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Apalagi di Jakarta banyak tersedia mall dan pusat perbelanjaan. Kami membidik area food court di dalam mall. Kami sudah membuka satu outlet di salah satu mall di kota Cibinong dan Lippo Mall Bogor. Alhamdulilah responnya sangat bagus.”

 

#2 Paket Foodcourt (150 juta rupiah)

Paket kedua membutuhkan dana sebesar 150 juta rupiah dan membutuhkan lokasi sekitar 15 hingga 20 meter2.

 

#3 Paket Café dan Resto (340 juta rupiah)

Tipe ketiga ini mengusung konsep all in service, artinya dibutuhkan lokasi yang lebih luas untuk menampung usaha.

Luas lokasi yang diharapkan adalah sekitar 80 hingga 120 meter2.

Magfood-Amazy-Fried-Chicken-05-Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Pihak Magfood Amazy Fried Chicken akan menawarkan terlebih dahulu kepada existing franchise sebelum menyediakannya bagi para pebisnis baru.

Hal ini dilakukan dengan tujuan trial and error bagi calon mitra baru, agar tidak disodorkan dengan konsep bisnis yang belum matang.

Menurut Suwanto, jika konsep sudah teruji, barulah ia siap menawarkannya kepada market baru yang belum mengenal kuat sistem kerja sama mereka.

Oh ya, bagi Anda yang tertarik, maka Anda harus menyediakan biaya renovasi, sewa lokasi, dan deposit awal operasional bisnis. Mengapa? Karena dana investasi ketiga paket tersebut belum mencakup beberapa hal tadi.

Namun bisa dilihat bahwa Magfood Amazy menyediakan peluang bisnis lengkap yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan calon mitra. Terbukti dengan adanya manajemen yang matang dengan struktur organisasi lengkap, mulai dari business development dan R&D, training, warehouse & produksi, marketing & promosi, accounting & finance, hingga HRD.

Bagaimana? Sudah yakin untuk bergabung dengan Magfood Amazy Fried Chicken?

 

Ingin Menjadi Mitra Magfood Amazy Fried Chicken?

Bila Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra Magfood Amazy Fried Chicken yang sudah terbukti sukses hingga ke mancanegara, Anda bisa memperoleh informasi lebih lanjut dengan datang kekantornya di alamat berikut:

Jl. Mampang Prapatan XIV no. 11, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis yang murah dan terjamin.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Sabana Fried Chicken lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Admin. Ayam Goreng. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/mhP9BG

 

Sumber Gambar:

  • Magfood Amazy – https://goo.gl/CGcSGT, https://goo.gl/33ar4w
  • Ayam goreng – https://goo.gl/nQGi4v
  • Ayam bumbu rempah – https://goo.gl/no4ok8
  • Cafe amazy chicken wonosobo – https://goo.gl/8JMguk
  • Cafe amazy chicken wonosobo -https://goo.gl/74caYn

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Seperti Apa Sih Bisnis Fried Chicken Magfood Amazy dalam 10 Tahun Terakhir?
Article Name
Seperti Apa Sih Bisnis Fried Chicken Magfood Amazy dalam 10 Tahun Terakhir?
Description
Pernahkah Anda mendengar tentang fried chicken Magfood Amazy?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-02-05T13:33:30+00:00February 5th, 2018|Categories: Bisnis, Waralaba (Franchise)|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment