Perdana menteri Jepang, Shinzo Abe mengundurkan diri dari jabatannya secara resmi. Kenapa, ya?

Ketahui jawaban selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Penyebab Perdana Menteri Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Jumat (28/08) kemarin, Perdana Menteri Shinzo Abe mengundurkan diri secara resmi, dengan mengadakan konferensi pers di kantor Perdana Menteri di daerah Chiyoda, Tokyo, Jepang.

Pengunduran dirinya yang terkesan mendadak ini ternyata ditengarai oleh penyakit kolitis ulseratif kronis yang sudah bersarang di tubuhnya sejak ia remaja.

“Tiga belas tahun yang lalu, penyakit kronis saya muncul dalam satu tahun. Tiba-tiba saya harus mengundurkan diri sebagai PM, tapi kemudian bisa menyebabkan masalah besar kepada masyarakat.” Katanya, dikutip laman kompas.com, Jumat (28/08).

 

Dilaporkan juga bahwa penyakit yang dideritanya ini kembali menyerangnya, membuat Shinzo Abe harus menjalani perawatan yang intensif pada Juni 2020 lalu.

“Selama delapan tahun, saya mengendalikan penyakit kronis saya tanpa masalah. Saya tetap fokus pada pekerjaan saya sebagai Perdana Menteri setiap hari. Saya memakai segala usaha. Namun, pada Juni tahun ini, saya melakukan check-up regular dan melihat pertanda kemunculan penyakitnya.” Aku Shinzo Abe, mengutip laman liputan6.com, Jumat (28/08).

 

Penyakit kolitis ulseratif atau kolitis ulserativa sendiri merupakan penyakit radang usus besar yang bisa menyebabkan bisul pada lapisan usus besar dan rektum pada penderitanya.

Adapun, gejala umumnya biasanya ditandai dengan diare, kram perut, penurunan berat badan, dan kelelahan, sebagaimana dilansir laman kompas.com, Sabtu (29/08).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri. Kenapa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal 4 Konsep Ikigai, Konsep Hidup Penuh Makna Ala Orang Jepang]

 

Melansir laman dunia.tempo.co, beberapa hari sebelum Shinzo Abe resmi mengundurkan diri, sudah terdengar desas-desus perihal ini di wilayah kantornya.

Ini berawal saat Shinzo Abe yang selalu menghabiskan waktu berjam-jam setiap kali mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Adapun, masa jabatan Shinzo Abe sebenarnya tersisa satu tahun, yaitu hingga September 2021 mendatang.

 

Shinzo Abe sendiri, merupakan salah satu Perdana Menteri Jepang yang mencetak rekor durasi kepemimpinan terlama, sekira 8 tahun lamanya.

“Meski ada dukungan, saya masih ada satu tahun lagi dalam masa jabatan saya, dan ada tantangan-tantangan lain yang belum terjawab di tengah penyebaran virus corona, saya memutuskan untuk turun sebagai perdana menteri. Saya ingin menyampaikan maaf saya ke rakyat Jepang.” Tutupnya.

 

Selama menjabat sebagai Perdana Menteri, Shinzo Abe sudah meluncurkan beberapa program dan kebijakan, baik yang masih berjalan atau pun yang sudah lalu.

Salah satu kebijakan di sektor ekonomi yang menjadi sorotan setelah mundurnya Shinzo Abe dari jabatan Perdana Menteri adalah Abenomics.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri. Kenapa 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mitos dan Fakta Unik Jepang yang Akan Puaskan Rasa Penasaranmu!]

 

Abenomics sendiri merupakan lakuran dari kata Abe (Shinzo Abe) dan Economics, di mana adalah sebuah kebijakan ekonomi yang diciptakannya sebagai bentuk usaha mendorong pertumbuhan ekonomi Jepang.

Dari kebijakannya ini, ekonomi Jepang berhasil merangkak naik, di mana nilai yen terhadap dolar AS turun 25 persen pada 2013, dan tingkat pengangguran berkurang menjadi 3,7 persen di kuartal pertama 2013.

 

Mundurnya Shinzo Abe dari jabatannya tentu meninggalkan tanda tanya besar soal masa berlaku Abenomics di Jepang.

Ini kemudian dijawab oleh para analis yang mengatakan kalau bakal ada sedikit perombakan di Bank of Japan, di mana pada akhirnya Abenomics hanya tinggal nama saja.

“…Kita akan menyambut kebijakan baru, kita akan memiliki engine baru, dan pertumbuhan, dan momentum, dan langkah-langkah itu akan dieksekusi perdana menteri selanjutnya. Sebelum dia diangkat, saya akan masih bertanggung jawab sebagai perdana menteri Jepang. Saya akan melakukan pengobatan dan mengembalikan kesehatan saya lagi, dan saya bisa berdiri di belakang administrasi baru sebagai seorang politisi. Kepada rakyat Jepang, saya mengapresiasi dukungan kalian selama delapan tahun.” Tutupnya.

 

Agar menjadi pemimpin yang baik seperti beliau, ada baiknya Anda membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk Entrepreneur/Freelance dari Finansialku.

Silakan download secara gratis melalui tombol berikut ini:

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Jangan lupa cek juga video berikut ini untuk melengkapi resep keberhasilan Anda dalam bebisnis:

 

Menurut Sobat Finansialku, siapa kandidat kuat yang bakal mengisi bangku kosong jabatan Perdana Menteri Jepang? Yuk, kita diskusikan di kolom komentar!

Apabila Sobat Finansialku ingin mendiskusikannya bersama teman-teman terdekat, bisa dengan membagikan berita dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Nur Fitriatus Shalihah. 29 Agustus 2020. PM Jepang Shinzo Abe Mundur karena Idap Penyakit Kolitis Ulserativa, Apa Itu?. Kompas.com – https://bit.ly/3b6NU27
  • Admin. 28 Agustus 2020. Shinzo Abe Resmi Mundur sebagai Perdana Menteri Jepang. Dunia.tempo.co – https://bit.ly/2FYH3wf
  • Tommy Kurnia. 28 Agustus 2020. Pidato Lengkap Shinzo Abe Ungkap Penyebab Mundur dari Posisi PM Jepang. https://bit.ly/3lnCwUx
  • Trio Hamdani. 28 Agustus 2020. Shinzo Abe Mundur, Abenomics Tetap Berlanjut?. Finance.detik.com – https://bit.ly/2EExpyx
  • Admin. 28 Agustus 2020. Shinzo Abe Resmi Mundur Sebagai Perdana Menteri Jepang. Dunia.tempo.co – https://bit.ly/2FYH3wf
  • Miranti Kencana Wirawan. 28 Agustus 2020. Breaking News: PM Jepang Shinzo Abe Resmi Mengundurkan Diri. Kompas.com – https://bit.ly/3b6Ohd1

 

Sumber Gambar:

  • Shinzo Abe 01 – https://bit.ly/2G0dmuK
  • Shinzo Abe 02 – https://bit.ly/3lpnZYx
  • Shinzo Abe 03 – https://bit.ly/2YKdXHL