Siapa yang Tanggung Kerugiannya Jika Terjadi Tabrakan Beruntun?

Siapa yang tanggung kerugian? Apa saja yang perlu dilakukan saat terjadi kecelakaan? Apakah Asuransi kendaraan Anda sudah cukup meng-cover keadaan tersebut? Berikut hal-hal yang perlu dilakukan apabila Anda suatu waktu mengalami kecelakaan terutama berkenaan dengan asuransi Anda yang tentunya sangat diperlukan. Berikut ulasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Risiko Kecelakaan dan Tabrakan Beruntun

Saat Anda berkendara di jalan raya, maka Anda tentu memiliki sejumlah risiko terhadap keselamatan diri Anda. Hal ini sangat penting untuk Anda sadari sejak awal, mengingat berbagai hal/kejadian di luar rencana Anda bisa saja terjadi dan menimpa diri Anda. Bagi Anda, keselamatan tentu akan selalu menjadi yang paling utama, bukan?

Waspadalah dan selalu mematuhi rambu-rambu berlalu lintas. Hal ini akan menjadi pertimbangan yang wajib untuk Anda lakukan saat berkendara. Kedua hal ini akan membantu Anda untuk tetap bisa mawas diri, agar Anda tidak sampai mengalami berbagai kejadian yang tidak diharapkan selama melakukan perjalanan. Bukan hanya keselamatan diri Anda saja, namun kendaraan yang Anda gunakan juga tentu patut mendapatkan perhatian yang maksimal, sekalipun ketika Anda sedang berada di jalan raya.

Siapa yang Tanggung Kerugiannya Jika Terjadi Tabrakan Beruntun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko]

 

Pada kenyataannya, angka kecelakaan di jalan raya memang sangat tinggi. Jumlahnya bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, namun hal serupa juga terjadi di berbagai wilayah yang tingkat kepadatan penduduknya tidak begitu tinggi. Berbagai hal tentu saja bisa menjadi penyebab kecelakaan ini. Namun satu hal yang jelas, kecelakaan lalu lintas akan selalu membawa sejumlah kerugian bagi yang mengalami atau bahkan sekedar terkena imbasnya.

Salah satu bentuk kecelakaan di jalan raya yang paling banyak menimbulkan kerugian adalah kecelakaan beruntun, dimana sejumlah kendaraan akan terlibat dalam kecelakaan yang sama di jalan raya, berurutan dan jumlahnya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan kendaraan sekaligus. Kecelakaan seperti ini pada umumnya terjadi di jalan tol, dimana kendaraan selalu ramai dan melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Jika kejadian seperti ini terjadi di sebuah jalur/jalan tol yang jumlah kendaraannya begitu padat, maka bisa dibayangkan berapa banyak mobil yang akan terlibat di sana. Jumlah kerugian? Tentu luar biasa besar.

Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik]

 

Bagaimana Penanganan Kerugian Akibat Kecelakaan Beruntun?

Saat Anda terlibat dalam kecelakaan beruntun, Anda mungkin akan panik dan begitu khawatir terhadap berbagai hal. Kendaraan Anda, kendaraan orang lain yang terlibat kecelakaan tersebut, termasuk sejumlah orang yang mungkin saja menderita luka atau bahkan meninggal dunia. Kondisi yang seperti ini tentu sangat buruk, bukan?

Sejumlah masalah juga akan terlintas di dalam benak Anda, salah satunya masalah kerugian atas kejadian tabrakan yang baru saja Anda alami di sana. Siapa yang akan menanggung semua kerugian tersebut? Apakah Anda selaku pengendara dan sekaligus berstatus sebagai korban yang akan menanggung semuanya?

Hal seperti ini seharusnya Anda pikirkan sejak jauh-jauh hari, sebelum sebuah kecelakaan menimpa Anda dan juga kendaraan Anda tersebut. Pada dasarnya, apapun jenis kendaraan bermotor yang Anda miliki, Anda memang seharusnya melengkapinya dengan perlindungan yang terbaik, salah satunya dengan menggunakan asuransi kendaraan bermotor. Produk ini akan memberikan jaminan yang paling tepat bagi kendaraan Anda, termasuk ketika sebuah kecelakaan beruntun Anda alami bersama dengan kendaraan tersebut.

Mengapa Investasi itu Membingungkan - Kendaraan Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Bagaimana Pertanggungawaban Pihak Perusahaan Asuransi?

Di luar sana, ada banyak sekali orang yang menggunakan layanan asuransi, namun tidak mengetahui dengan jelas manfaat yang akan dan bisa didapatkannya atas polis yang mereka miliki tersebut. Hal seperti ini seringkali terjadi, sebab sebagian besar dari nasabah asuransi tidak pernah benar-benar memahami isi polis asuransi yang telah dibelinya. Jangan sampai Anda termasuk ke dalam salah satu di antara nasabah asuransi dengan kriteria seperti ini.

Penting bagi Anda untuk memahami isi polis Anda dengan tepat, termasuk sejumlah biaya lainnya yang mungkin akan Anda butuhkan untuk bisa menambah manfaat asuransi yang akan Anda gunakan nanti. Hal ini juga tentu akan membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah di masa yang akan datang.

Ketika mengalami sebuah kecelakaan beruntun dan Anda telah memiliki asuransi kendaraan, maka Anda tidak perlu khawatir akan sejumlah kerugian yang timbul atas kejadian tersebut, sebab pihak perusahaan asuransi Anda akan menanggung kerugian yang akan Anda alami atas kejadian tersebut.

Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Wajib Kita Miliki]

 

Seberapa Besar Pertanggungan yang Akan Diberikan oleh Perusahaan Asuransi?

Hal yang tak kalah pentingnya untuk Anda pahami sejak awal adalah mengenai jumlah pertanggungan yang akan Anda dapatkan atas asuransi kendaraan yang Anda miliki. Hal ini sangat penting, agar Anda tidak sampai mengalami kerugian atas polis yang Anda beli.

Meski berbeda-beda, namun pada dasarnya hampir semua perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan maksimal, termasuk perlindungan bagi pihak ketiga yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan Anda. Hal ini termasuk dalam sebuah kecelakaan beruntun sekalipun, tergantung pada investigasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi di TKP. Anda juga akan mendapatkan perlindungan dalam tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, sehingga berbagai masalah terkait dengan kecelakaan yang Anda alami tersebut akan diselesaikan oleh pihak perusahaan asuransi. Bentuk perlindungan ini bukan hanya untuk Anda, namun untuk pihak ketiga lainnya yang juga terlibat di sana.

Rumah Anda Belum Tentu Aset, Bisa Jadi Malah Liabilitas - Kendaraan yang Anda Gunakan - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Karyawan?]

 

Namun, semua perlindungan ini tentu akan dipengaruhi oleh beberapa hal yang menjadi ketentuan dari pihak perusahaan asuransi Anda, antara lain:

  • Jenis asuransi kendaraan yang Anda miliki, termasuk cakupan perluasan yang terdapat di dalam asuransi tersebut.
  • Besaran premi yang Anda bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi, sebab sejumlah perusahaan asuransi mengemas produk asuransi kendaraan mereka dalam paket tertentu dengan premi yang berbeda-beda, dan tentunya dengan perlindungan yang berbeda pula.

 

Anda Harus Mengetahui Manfaat

Oleh sebab itu, pahamilah jenis asuransi kendaraan yang Anda gunakan dengan baik, termasuk berbagai manfaat perlindungan yang akan Anda dapatkan dari produk tersebut, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal.

 

Sudahkah Anda mengerti dengan berbagai prosedur dalam mengklaim asuransi kendaraan bermotor Anda ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan? Berikan tanggapan, komentar dan pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan setiap informasi yang Anda dapatkan melalui Finansialku.com kepada rekan terdekat yang Anda kenal. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alie91. 24 Juli 2014. Tabrakan Beruntun, Siapa yang Tanggung Kerugiannya? – https://goo.gl/RBBFlp

 

Sumber Gambar:

  • Tabrakan – https://goo.gl/fMk6Rt
  • Tabrakan Beruntun – https://goo.gl/UzDTzg

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment