Apakah Anda menggunakan kartu debit dan kartu kredit? Keduanya mungkin terlihat memiliki fungsi yang serupa, yaitu mempermudah transaksi tanpa perlu menggunakan uang secara fisik. Namun ternyata keduanya menawarkan jasa yang sangat berbeda. Lalu manakah yang lebih aman untuk digunakan? Mari kita lihat manakah yang lebih aman, kartu debit atau kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kartu Kredit Lebih Aman daripada Kartu Debit

Mungkin sudah lama Anda memanfaatkan jasa transaksi non tunai yang ditawarkan oleh kartu kredit dan kartu debit, namun apakah Anda tahu bahwa keduanya menawarkan jenis jasa yang berbeda? Kartu debit menarik uang langsung dari tabungan Anda saat transaksi dilakukan, sedangkan kartu kredit mengumpulkan total transaksi Anda dan menagihnya pada akhir bulan. Banyak yang mengatakan bahwa kartu kredit lebih aman daripada kartu debit, namun benarkah demikian? Finansialku akan menjelaskan beberapa alasan mengapa kartu kredit lebih aman daripada debit.

Simak 4 Alasan Kredit Lebih Aman daripada Debit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda]

 

#1 Transaksi Kartu Kredit Lebih Dilindungi oleh Hukum

Jika Anda kesulitan dalam menangani utang, maka mungkin kartu debit lebih sesuai untuk Anda, karena Anda tidak dapat mengeluarkan uang lebih dari yang Anda miliki. Namun, nyatanya kartu kredit ternyata lebih diminati oleh mayoritas pengguna kedua jasa tersebut. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan oleh keamanan transaksi kartu kredit yang dilindungi oleh hukum. Sebagai contoh, transaksi sah kartu kredit yang disebabkan oleh kesalahan penjual dapat dibatalkan. Anda juga dapat menahan pembayaran yang menurut Anda tidak benar, jika penjual menolak membatalkan transaksi. Sangat berbeda dengan kartu debit yang hanya dapat membatalkan transaksi tidak sah.

 

#2 Ada Jaminan Keamanan dalam Transaksi Online

Kartu debit memang dapat digunakan untuk melakukan pembelian secara online, sama halnya seperti kartu kredit. Namun jika Anda tidak puas dengan barang yang dibeli atau jika ada cacat pada barang dan penjual tidak mau bertanggung jawab, maka transaksi Anda tidak dapat dibatalkan. Jika Anda menggunakan kartu kredit dan menghadapi kasus serupa, maka Anda dapat membatalkan transaksi tersebut. Sebagai contoh, jika penjual memasukan jumlah transaksi lebih banyak dari seharusnya, kegagalan produk diterima oleh pembeli, barang yang cacat, atau bahkan jika pembeli tidak puas dengan produk yang dibeli, maka Anda dapat melaporkan kasus Anda tersebut ke bank terkait dan Anda tidak perlu membayar tagihan untuk transaksi tersebut sebelum masalah tersebut terselesaikan.

Mitos Kartu Kredit Bagi Ibu Rumah Tangga, Ketahuilah! - Finansialku

[Baca Juga: Mitos Kartu Kredit Bagi Ibu Rumah Tangga, Ketahuilah!]

 

#3 Penyalahgunaan Kartu Kredit Dapat Diatasi

Penyalahgunaan kartu debit dapat dilakukan antara lain apabila kartu debit Anda hilang atau dicuri. Tidak seperti kartu kredit, apabila kartu debit Anda berpindah tangan ke orang lain dan orang tersebut menyalahgunakan kartu Anda, misalkan dengan memalsukan tanda tangan Anda atau entah bagaimana bisa mengetahui PIN kartu tersebut, ia bisa menghabiskan seluruh uang dalam tabungan Anda. Mengapa demikian? Karena penggunaan kartu debit secara otomatis mendebit atau mengurangi saldo tabungan. Dana tabungan tidak akan kembali seperti semula sebelum masalah diselesaikan. Namun pada kartu kredit tidak demikian, asalkan Anda teliti pada saat membayar tagihan, Anda dapat mengetahui kesalahan-kesalahan transaksi dan saldo Anda tidak akan berkurang apabila terbukti bukan Anda sendiri sebagai pemilik sah yang menggunakannya.

Ini 6 Jurus untuk Meningkatkan Limit Kartu Kredit Agar Maksimal - Finansialku

[Baca Juga: Ini 6 Jurus untuk Meningkatkan Limit Kartu Kredit Agar Maksimal]

 

#4 Kartu Kredit Melindungi Transaksi Anda

Kartu kredit melindungi transaksi Anda lebih baik daripada kartu debit, beberapa keunggulan kartu kredit dalam keamanan transaksi adalah sebagai berikut:

  1. Lebih aman dalam mengatasi pencurian. Jika kartu kredit Anda dicuri atau digunakan oleh orang lain, seperti telah dijelaskan sebelumnya, maka Anda dapat memblokir kartu Anda sebelum saldo Anda berkurang untuk menghindari penyalahgunaan. Anda tidak perlu membayar tagihan yang tidak sah hingga masalah dapat terselesaikan.
  2. Mampu memperpanjang garansi produk. Kartu kredit terkadang menawarkan perpanjangan garansi dari waktu yang ditawarkan oleh penjual atau pabrik. Sehingga Anda dapat memanfaatkan benefit tersebut jika barang yang Anda beli rusak di luar masa garansi produk.
  3. Perlindungan berupa Penukaran Produk. Jika Anda tidak puas dengan produk yang Anda beli dan ingin menukarkannya, terkadang penjual lepas tangan dan tidak mau menerimanya. Jika terjadi hal demikian, maka cobalah cek benefit kartu kredit Anda dengan menghubungi pihak bank yang menerbitkan kartu kredit Anda, karena beberapa kartu kredit menawarkan kebijakan untuk penukaran barang hingga 90 hari setelah transaksi dilakukan.

Mau Pandai Gunakan Kartu Kredit Ini Tips-Tipsnya - Finansialku

[Baca Juga: Mau Pandai Gunakan Kartu Kredit? Ini Tips-Tipsnya!]

 

Sudahkah Anda Merasakan Keamanan Kartu Kredit

Jika Anda sebelumnya tidak mengetahui berbagai benefit keamanan yang ditawarkan oleh kartu kredit, maka kini Anda tentu sudah memahaminya. Dengan memahami kelebihan yang ditawarkan oleh kartu kredit, maka Anda dapat memaksimalkan benefit yang ditawarkan tersebut. Benefit yang sebelumnya dijelaskan hanyalah benefit dasar yang umumnya ditawarkan oleh jasa kartu kredit. Untuk informasi lebih lanjut, hubungilah pihak bank terkait dan mintalah penjelasan akan kelebihan keamanan yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda, sehingga Anda dapat memilah-milah penggunaan kartu kredit dan kartu debit Anda.

 

Apakah Anda mengetahui kelebihan kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jason Steele. 13 February 2017. 4 Reasons Credit Is Safer Than Debit. Wisebread.com – https://goo.gl/q1USSJ

 

Sumber Gambar:

  • Mesin EDM – https://goo.gl/PuQdK8
  • Kartu Debit – https://goo.gl/kzvP43

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang