Apakah Tepat Solusi Modal Usaha dengan Pinjaman P2P Lending?

Apakah Anda memiliki sebuah usaha dan sedang berencana meminjam uang untuk modal? Jika iya, apakah Anda sedang bertanya-tanya tepat atau tidak solusi modal usaha dengan pinjaman P2P Lending?

Jika Anda sedang merintis sebuah usaha dan ingin meminjam modal selain dari bank, maka Anda berada di tempat yang sangat tepat!

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Solusi Pembiayaan Modal bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Kemarin, saat saya sedang bertemu dengan teman saya di sebuah reuni sekolah, teman saya curhat mengenai rencananya untuk merintis usaha sendiri.

Dia bercerita:

“Kalau mau mulai usaha susah ya mencari pinjaman.”

 

Teman saya mengeluh, katanya untuk mendapatkan pinjaman dari bank itu sulit bagi para pengusaha yang baru merintis karena terdapat keterbatasan dalam persyaratan.

Mendengar cerita teman saya, saya turut kecewa. Bagaimana bisnis mau berkembang kalau memulainya saja sudah dipersulit seperti ini? Padahal bisnis UMKM memiliki kontribusi sangat besar dalam perekonomian Indonesia.

Semua pengusaha pasti ingin melihat bisnisnya berkembang dengan pesat. Untuk meraih keinginannya tersebut, tentu ada proses dan tantangan yang harus dilewati.

Inilah salah satu tantangan yang sering dialami oleh para pengusaha bisnis UMKM ini adalah kendala keterbatasan modal.

Hal ini terjadi, karena bisnis UMKM ini disebut bisnis yang kecil, sehingga pilihan untuk mendapatkan modal pun terbatas.

Berdasarkan data dari World Bank, pada tahun 2017, 42% masyarakat Indonesia memilih keluarga atau saudaranya sebagai sumber pinjaman modal usaha masyarakat Indonesia yang dapat diandalkan.

Kemudian, di peringkat kedua dengan besar persentase 12% ada bank atau institusi keuangan lainnya.

Diketahui, kurangnya minat masyarakat untuk meminjam di bank disebabkan oleh panjangnya proses yang harus dilalui untuk mendapatkan pinjaman. Selain itu, pengajuan pembiayaan pun belum pasti diterima.

Selanjutnya, peringkat ketiga ditempati oleh informal leader atau yang biasa kita kenal rentenir, dengan persentase sebesar 3%.

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak pengusaha lebih memilih meminjam ke keluarga atau saudara daripada ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Menurut Adrian Gunadi, wakil ketua Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) sekaligus Co-Founder & CEO Investree, mengatakan bahwa mayoritas bank dan institusi lainnya menganggap pemilik toko atau penjual online yang mayoritas adalah UMKM sebagai masyarakat yang tidak terjangkau oleh bank, atau yang disebut sebagai ‘unbankable’.

Investree-Siap-Ekspansi-ke-Asia-Tenggara-2-Finansialku

Adrian Gunadi, Wakil Ketua Asosiasi Fintech Indonesia dan CEO Investree.

 

Meski prosesnya sulit, pengajuan pinjaman bisnis ke bank maupun lembaga keuangan masih menjadi pilihan yang paling umum. Lembaga keuangan yang dapat memberikan pinjaman adalah bank, pegadaian, dan lembaga leasing.

Kendala yang sering dialami adalah lembaga-lembaga keuangan ini mewajibkan keberadaan jaminan aset, serta skala bisnis minimal sebelum memberikan pinjaman.

Bagi Anda yang memiliki bisnis berskala besar, tentu hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Tetapi, jika Anda adalah seorang pebisnis yang baru akan terjun ke dunia bisnis dan skala bisnis Anda masih kecil, tentu syarat tersebut cukup memberatkan.

Dengan adanya keterbatasan ini, banyak pebisnis baru merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya yang memiliki prospek bagus karena adanya keterbatasan modal.

Prosedur yang dipersulit dan jangka waktu dari pengajuan hingga keputusan boleh meminjam yang sangat lama dan panjang menambah kesulitan bagi para pebisnis baru.

Melihat realita pahit di atas, Anda tidak perlu khawatir. Kini, Anda para pebisnis baru yang ingin mengajukan pinjaman modal, bisa memanfaatkan sebuah platform fintech pinjam meminjam uang yang disebut P2P Lending.

Oh iya, sebagai pengusaha, apakah Anda tahu bahwa membuat rencana keuangan bisnis yang baik dan terperinci adalah salah satu kunci utama untuk memiliki usaha yang sukses?

Dalam merencanakan keuangan bisnis Anda, Anda harus bisa memisahkan arus kas pribadi dan arus kas bisnis sehingga usaha Anda berjalan dengan lancar.

Dapatkan panduannya melalui ebook Finansialku di bawah ini!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Solusi Modal Usaha Dengan Pinjaman P2P Lending

Apa sih Peer To Peer Lending atau yang biasa disebut P2P Lending?

P2P Lending merupakan marketplace yang mempertemukan pihak investor dan pihak yang membutuhkan dana (debitur).

Pada praktiknya, perusahaan P2P Lending memfasilitasi satu pihak untuk meminjamkan dana ke pihak lain (peers) tanpa melalui lembaga keuangan seperti bank.

Jenis pembiayaannya sendiri merupakan pembiayaan piutang, sehingga investor akan menempatkan dananya untuk membiayai piutang debitur sebelum piutang tersebut dibayar oleh debit debitur.

 

 

P2P Lending memberikan kemudahan proses aplikasi dalam pengajuan pinjaman, baik untuk modal usaha, pinjaman pendidikan hingga pinjaman kesehatan.

Dalam P2P Lending, investor diberikan kebebasan untuk memilih sendiri jenis UMKM yang akan dibantunya.

Setiap UMKM atau peminjam memiliki tingkat risiko dan tingkat pengembalian yang berbeda. Semakin besar risiko dari peminjam yang dipilih, maka imbal hasil yang diberikan akan lebih besar juga.

P2P-Lending-vs-KTA-Koinworks-3-Finansialku

[Baca Juga: P2P Lending vs KTA, Mana yang Lebih Mudah dan Menguntungkan Buat Peminjam?]

 

Dari sisi peminjam, P2P Lending ini dianggap sangat cocok dengan usaha kecilnya karena produknya tidak memerlukan aset maupun jaminan. Kelayakan kredit dinilai melalui data kesehatan sebuah bisnis dan keuangan dari bisnis tersebut.

Peer To Peer Lending ini sendiri sekarang sudah menjadi fenomena bisnis yang terjadi di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, pelaku P2P Lending berhasil memiliki bisnis bernilai ratusan juta dolar dan sudah berkembang.

Lalu, mengapa P2P Lending menjadi solusi tepat bagi pembiayaan modal usaha UMKM?

 

Keuntungan #1: Proses yang Mudah dan Waktu yang Cepat

Jika Anda masih terkendala dengan pinjaman bank yang prosesnya berbelit-belit, maka P2P Lending bisa menjadi jawaban Anda selama ini!

Pembiayaan modal usaha melalui P2P Lending ini juga akan memudahkan Anda selama melewati proses pengisian aplikasi. Tidak akan ada proses yang berbelit-belit, dari awal Anda mengajukan hingga dananya cair.

Jika Anda mengajukan modal usaha kepada bank, maka Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya sebelum dana yang disetujui oleh bank dapat dicairkan.

Hal ini berbanding terbalik dengan P2P Lending, di mana untuk pembiayaan modal usaha P2P Lending dapat memenuhi pinjaman Anda hanya dalam hitungan hari bahkan bisa dalam hitungan jam.

 

Keuntungan #2: Dapat Memilih Jumlah Pinjaman

Jika Anda sudah pernah mengajukan pinjaman modal ke bank, pasti bank akan membatasi pinjaman modal yang akan mereka berikan, maksimal hanya Rp300 juta untuk usaha kecil menengah.

Berbeda dengan P2P Lending, pinjaman di P2P Lending menyediakan limit pinjaman hingga Rp2 miliar tanpa agunan.

Mengapa P2P Lending bisa memberikan limit yang lebih besar daripada bank?

Pasalnya, Anda bisa saja mendapatkan pinjaman lebih dari satu investor, jadi Anda bisa mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar daripada limit pinjaman di bank.

[Baca Juga: Apa Perbedaan Fintech P2P Lending dengan Payday Loan?]

 

Memberikan pinjaman modal usaha lebih dari satu investor disebut crowdfunding. Crowdfunding ini memberikan modal secara bersama-sama dari berbagai investor yang memiliki visi dan misi yang sama.

Konsep ini dapat menguntungkan kedua belah pihak. Bagi investor, dia memiliki banyak pilihan untuk investasi dan dapat mendiversifikasikan investasinya.

Sedangkan bagi debitur, dia bisa mendapatkan pinjaman modal yang jauh lebih besar dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

 

Keuntungan #3: P2P Lending Sudah Diawasi Oleh OJK

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui P2P Lending, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena P2P Lending sudah diawasi oleh OJK.

Jadi P2P Lending ini sudah resmi menjadi sebuah lembaga peminjaman keuangan dan tentu saja sudah terlisensi. Jadi, Anda tidak perlu ragu akan P2P Lending ini.

 

P2P Lending adalah Solusi yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Keberadaan P2P Lending tentu akan sangat memudahkan Anda, terutama bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis tetapi tidak tahu di mana tempat pengajuan modal yang cepat dan terjamin.

Pastikan Anda sudah mempelajari setiap keuntungan dan kerugian saat Anda mengambil langkah untuk bisnis Anda. Pastikan juga Anda sudah siap saat Anda terjun untuk berbisnis.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bahwa solusi modal usaha dengan pinjaman P2P dapat membantu bisnis Anda.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui solusi modal usaha dengan pinjaman P2P dapat membantu bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 November 2015. Apa Itu P2P Lending? Yuk Pelajari Lebih Lanjut!. Investree.id – https://goo.gl/shRrZx
  • Rahma Soediro. 27 April 2018. Solusi Tambahan Modal Usaha di Bulan Ramadhan untuk Pemilik Toko Online. Investree.id – https://goo.gl/c9Z1ER
  • Suci Rahmadhani. Solusi Pinjaman Modal Untuk UKM Menggunakan Layanan P2P Lending. Goukm.id – https://goo.gl/V9VMZB
  • Kimberly Stephanie. Ketahui Lebih Dalam, Ini 5 Keuntungan P2P Lending yang Perlu Diketahui. Koinworks.com – https://goo.gl/JnonxF

 

Sumber Gambar:

  • P2P Lending Solusi UMKM – https://goo.gl/qeErud
  • P2P Lendilending Solusi UMKM 2 – https://goo.gl/Ne7pJw
Summary
Apakah Tepat Solusi Modal Usaha dengan Pinjaman P2P Lending?
Article Name
Apakah Tepat Solusi Modal Usaha dengan Pinjaman P2P Lending?
Description
Apakah Anda memiliki sebuah usaha dan sedang berencana meminjam uang untuk modal? Jika iya, apakah Anda sedang bertanya-tanya tepat atau tidak solusi modal usaha dengan pinjaman P2P Lending?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

2 Comments

  1. Iyus pira 10 September 2018 at 16:29 - Reply

    Selamat sore Finansialku.. Saya mau tanya bagai mana cara untk mengajukan p2p dan apa saja persyaratanya?terimaksih

    • Miriam Fajria Juliman
      Miriam Fajria Juliman 18 September 2018 at 15:41 - Reply

      Halo Pak Iyus Pira,
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com.

      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pengajuan pinjaman di platform P2P Lending satu dan lainnya tidaklah sama. Namun umumnya, Anda harus mengisi besaran pendapatan bulanan, tujuan peminjaman serta jangka waktunya.
      Untuk persyaratan lebih jelasnya bisa Anda baca di situs web masing-masing platform.

      Semoga jawaban kami bermanfaat.

Leave A Comment