Sobat Finansialku, sudah melakukan muhasabah diri terhadap keuangan kamu? Sudah sejauh mana evaluasinya di tahun ini??

 

Summary

  • Muhasabah diri penting kita lakukan untuk mengetahui sejauh mana setahun terakhir ini kita berikhtiar, termasuk dalam aspek merencanakan keuangan.
  • Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk evaluasi akhir tahun terutama dalam hal perencanaan keuangan, seperti cek Kesehatan keuangan, tujuan keuangan, dana darurat dan investasi.

 

Pentingnya Muhasabah Diri

Wah, nggak kerasa udah memasuki akhir tahun nih Sobat Finansialku. Gimana, kabarnya resolusi keuangan kamu di 2021? Berapa banyak yang sudah terwujud? Siap-siap nyusun rencana baru di tahun 2022 juga, ya, biar makin berkelanjutan untuk mewujudkan rencana-rencana keuangannya.

Bulan Desember biasanya menjadi momentum yang tepat bagi kita semua untuk melakukan penilaian terhadap diri sendiri. Di dalam Islam, hal ini juga dikenal sebagai proses muhasabah diri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, muhasabah diri identik dengan istilah introspeksi, koreksi diri atau memawas diri dengan melihat perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan yang terkait dengan diri sendiri.

Dengan muhasabah ini diharapkan kamu bisa mengevaluasi penuh segala progress di tahun 2021 yang akan segera berlalu, terutama rencana dan tujuan keuanganmu.

[Baca Juga: VIDEO: Tips Buat Resolusi Keuangan 2022]

 

Lalu, kenapa sih penting banget melakukan muhasabah diri?

Allah SWT pernah berfirman dalam QS Al Hasyr ayat 18, yaitu

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

 

Ayat ini menjelaskan bahwa dalam proses bertaqwa kepada Allah SWT, kita tidak boleh lupa bahwa segala aktivitas yang kita lakukan saat ini harusnya juga memperhatikan efek bekalnya di hari esok kelak (akhirat).

Sehingga, secara tersirat ini menjadi landasan yang kuat mengapa penting sekali kita melihat sejauh mana setahun terakhir ini kita berikhtiar, termasuk dalam aspek merencanakan keuangan.

Apakah sudah optimal belajar produk-produk keuangan syariah? Sudahkah latihan mengelola pos pengeluaran dengan baik? Jadikah untuk berinvestasi syariah? dan lain sebagainya.

 

Evaluasi Akhir Tahun

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk evaluasi akhir tahun terutama dalam hal perencanaan keuangan.

 

Financial Check Up

First thing first, lakukan kembali Financial Check Up untuk melihat sejauh mana kesehatan keuanganmu sepanjang tahun. Bisa jadi ada perbedaan besar dengan kesehatan keuangan kita di awal tahun dibanding akhir tahun.

Lakukan proses ini dengan mudah di aplikasi Finansialku. Masukkan data-data mulai dari pemasukan bulanan baik dari gaji, side hustle, maupun pasif income, sampai ke pos-pos pengeluaran nyata sehari-hari.

Tak lupa juga update hasil investasi serta penambahan aset yang mungkin ada di sepanjang perjalanan setahun ini. Dari sini saja akan terlihat berapa besar perbedaan yang kita dapatkan dari akhir tahun lalu ke akhir tahun ini dari pola perencanaan keuanganmu.

Nah Sobat Finansialku sudah punya aplikasi Finansialku, belum? Kalau belum, yuk download sekarang dan coba gratis 30 hari pakai semua fiturnya!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Cek Pengeluaran di Luar Plan Awal

Setelah melakukan Financial Check Up di aplikasi Finansialku, kamu akan mendapatkan hasilnya berupa kesehatan keuanganmu melalui berbagai macam kriteria rasio keuangan. Nah, di sini juga akan terlihat sejauh mana sih pola pengeluaranmu dibanding dengan rencana yang biasanya kamu susun di awal tahun.

Bisa jadi, karena tahun 2021 masih pandemi, maka ada beberapa pos pengeluaran yang masih membengkak.

Ini bisa menjadi evaluasi di tahun depan untuk menambah budget di beberapa pos tadi, misalnya budget kesehatan, budget transportasi, budget hiburan di rumah, budget asuransi, budget investasi, dsb.

[Baca Juga: Jangan Sepelekan Rencana Keuangan Jangka Pendek! Yuk Buat Dari Sekarang!]

 

Cek Dana Darurat

Dana darurat selalu menjadi hal penting yang harus kamu evaluasi di setiap penghujung tahun. Karena, jumlahnya yang selalu bertambah dan berkurang sesuai dengan kebutuhan.

Ada kalanya kamu sudah menentukan target besaran dana darurat sesuai jumlah tanggungan, namun seiring waktu berjalan tentu ada banyak kejadian darurat yang mengharuskanmu untuk mengambil sebagian dari dana yang telah ditabung.

Misalnya, seperti kebutuhan servis kendaraan, rumah, peralatan elektronik, penambahan suplemen, dsb yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Kalau ternyata berkurang, jadikan hal ini sebagai tantangan untuk bisa dipenuhi lagi ke jumlah ideal di tahun depan. Misalnya, dana darurat bagi kamu yang sudah berkeluarga, ingin memenuhi target 12 kali dari pengeluaran bulanan rumah tangga.

Jika ingin mengetahui betapa pentingnya dana darurat, kamu bisa dengarkan audiobook berikut ini.

banner -mengupas pentingnya dana darurat

 

Cek Tujuan Keuangan

Nah, muhasabah diri yang paling terlihat dalam konsep perencanaan keuangan biasanya berkaitan dengan tujuan keuangan, sejauh mana progress pencapaian beberapa tujuan keuangan kamu di 2021. Tentu setiap orang punya target dan tujuan keuangannya masing-masing, misalnya target menikah, target memiliki income tambahan, target membeli rumah, target ganti kendaraan, dsb.

Tak perlu kecewa juga apabila tahun ini belum mencapai target yang diinginkan, yang terpenting adalah kamu bisa mengukur bahwa ada ikhtiar di sana dan progress nyata dalam mencapainya. Oleh karena itu, makin SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Reasonable, Time Based) target yang kamu susun, makin mudah untuk mengevaluasinya dan menjadi catatan di tahun depan.

[Baca Juga: Komik: Pahami dan Ikuti Tips Smart Membuat Tujuan Keuangan]

 

Cek Imbal Bagi Hasil Investasi Syariah

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengecek imbal bagi hasil investasimu di setiap akhir tahun. Desember menjadi momentum karena hampir semua instrumen investasi memiliki garis akhir kinerja di tahun tersebut.

Mulai dari kinerja produk-produk dengan risiko rendah seperti Deposito Syariah dan Sukuk, sampai produk dengan risiko menengah ke tinggi mulai dari Reksadana Syariah hingga Saham Syariah.

Cek dulu, apakah portofolio investasi syariah kamu di tahun 2021 sudah sesuai dengan target awal tahun?

Jadikan hasil kinerja Year to date setiap instrumen investasi syariahmu sebagai dasar untuk evaluasi dan analisis produk-produk investasi syariah lainnya yang ingin kamu beli di tahun 2022.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa konsultasikan dengan saya atau perencanan keuangan Finansialku lainnya. Hubungi saya di menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Atau booking jadwal konsultasimu melalui konsultasi.finansialku.com atau Whatsapp Finansialku.

Cara Konsultasi Keuangan Bersama Perencana Keuangan GRATIS 01

 

Sobat Finansialku, selamat mencoba ya, semoga bermanfaat. Jadikan semangat muhasabah diri ini, terutama dalam aspek pengelolaan keuangan untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun depan.

Dengan mengetahui segala kekurangan dan kelebihanmu, mampu menjadi pijakan yang kuat untuk menyusun strategi perencanaan keuangan selanjutnya.

 

Sobat Finansialku, sudah sampai mana muhasabah diri kamu? Yuk, tulis opini atau komentar kamu di kolom di bawah ini. Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya, supaya 2022 bisa jadi lebih baik.

 

Editor: Ratna SH