Sudah siapkah untuk menikah? Sudah merencanakan pernikahan? Eits, sebelumnya, ketahui yuk apa kamu sebenarnya sudah siap untuk menikah?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sudah Siapkah Untuk Menikah?

Apa kamu sedang merencanakan pernikahan?

Apa kamu sudah memikirkan semuanya matang-matang?

Ingat, pernikahan bukanlah soal status melainkan hidup baru yang harus kamu jalani, yang mungkin tidak bisa kamu bayangkan sebelumnya.

Lika-liku pernikahan itu tidak bisa ditebak, lho. Jadi apa kamu sudah yakin sepenuhnya? Coba ikut quiz ini dulu yuk!

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Quiz: Sudah Siapkah Untuk Menikah Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

Tanda Kamu Sudah Siap Menikah

Sebenarnya tidak ada patokan usia untuk menikah, tergantung kesiapan dan kematangan setiap orang untuk berkomitmen dalam suatu ikatan yang hanya bisa diputuskan oleh maut.

Namun jika kamu terusik dengan pertanyaan “Wah kapan nyusul nih?” ketika menghadiri undangan pernikahan, kamu bisa cek dulu apakah memang kamu sudah siap menikah dengan tanda-tanda di bawah ini.

 

#1 Kamu Sudah Selesai dengan Diri Sendiri dan Tidak Kehilangan Apapun

Walaupun sedang jatuh cinta, kamu tetap merasa kurang akan sesuatu hal yang tidak dapat kamu temukan di diri pasangan atau bahkan pada diri sendiri.

Mungkin kamu masih merasa perlu mengejar pendidikan yang lebih tinggi, ingin merasakan pengalaman traveling sendirian, atau mewujudkan keinginan personal lainnya.

Biaya Upacara Pernikahan Adat Jawa Memang Mahal, Namun… 07 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Perencanaan Dana Pernikahan, Supaya Sakinah, Mawadah, Warohmah]

 

Penuhilah kebutuhan dan keinginan tersebut sebelum memutuskan untuk menikah.

Saat kamu sudah memenuhi semua kebutuhan pribadi, maka kamu dapat meraih kebahagiaan dan kepuasan sendiri tanpa bergantung terlalu banyak pada calon pasangan.

Itulah saatnya untuk mulai memikirkan langkah berikutnya dalam hubunganmu.

 

#2 Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuanganmu Dengan Stabil

Dalam pernikahan, kamu butuh lebih dari cinta. Pasangan suami istri harus berusaha memiliki stabilitas dan kebebasan finansial agar dapat memulai hidup baru yang mandiri dan mencapai tujuan-tujuan keluarga bersama.

Jika kamu tidak memiliki tabungan, kesulitan dalam menyelesaikan tagihan-tagihan, terlilit utang, atau belum bisa berhemat dan mengatur keuangan dengan baik, maka akan sulit bagimu untuk mengontrol keuangan rumah tangga kelak.

Sebaliknya, kalau kamu sudah memiliki kebiasaan menabung serta dapat mengelola uang dengan baik dan bertanggung jawab, ini adalah salah satu tanda kamu sudah siap memasuki sebuah pernikahan.

Dengan kemampuan mengatur keuangan, kamu pun bisa mengumpulkan dana untuk pesta pernikahan yang kamu inginkan.

Jika kamu bingung bagaimana mengalokasikan dana pernikahanmu, kamu dan pasangan bisa menggunakan bantuan aplikasi Finansialku yang memiliki fitur ‘Rencana Keuangan’ untuk rencana pernikahanmu.

Download sekarang di ikon Play Store dan App Store berikut.

playstore icon
appstore icon

 

#3 Berpikir Dewasa dan Terbuka

Jangan menikah karena kamu terus merasa bertambah tua, tapi menikahlah ketika kamu merasa dirimu sudah dewasa.

Ketika kamu sudah mampu berpikir dan bersikap dewasa, maka kamu akan mengerti arti pernikahan yang lebih dalam.

Selain itu, karena kamu sudah berpikir dewasa, maka emosimu juga terbilang stabil.

Tidak seperti zaman SMA dulu, yang senggol dikit langsung bacok. Baru kena tantangan sedikit langsung down dan gak semangat untuk menjalani hidup.

 

#4 Lebih Memikirkan Kehidupan Pernikahan Dibandingkan Acara Pestanya

Satu lagi tanda yang menjadi petunjuk kesiapan kamu menikah adalah kamu lebih sering memikirkan tentang kehidupan rumah tangga kelak, dibandingkan acara pernikahan seperti apa yang akan digelar.

Tidak terlalu penting bagimu, apakah pestanya akan diadakan secara mewah atau sederhana, sesuai impianmu atau tidak, namun yang terpenting adalah bagaimana kamu memasuki kehidupan pernikahan nanti.

Keistimewaan dan Persiapan Menikah di Bulan Syawal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Dana Pernikahan, Siapkan Janji Sehidup Semati]

 

Kamu lebih fokus pada bagaimana cara menjadi suami dan istri yang terbaik untuk satu sama lain, serta selalu berusaha untuk mencintai, menghormati dan saling menyayangi bahkan ketika masalah melanda sekalipun.

 

#5 Siap Berbagi dan Berkompromi

Berbagi dan berkompromi merupakan hal yang mendasari sebuah pernikahan. Jika kamu masih memiliki sisi egois yang tidak mau mengalah maka bisa jadi kamu belum siap untuk menikah.

Sebaliknya, jika kamu tidak merasa keberatan untuk menggabungkan berbagai aspek kehidupanmu pribadi dengan orang lain yang memiliki kepribadian dan kebiasaan yang berbeda, membuat berbagai keputusan penting bersama dan dapat mencari titik tengah saat berselisih paham, artinya kamu telah mengerti cara kerja sebuah pernikahan dan siap untuk menghadapinya.

 

#6 Tahu Betul Apa yang Diinginkan Dalam Sebuah Hubungan

Di masa remaja, kriteria pasangan idamanmu mungkin hanya sebatas ketampanan dan romantisme.

Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman hidup, kriteria ini mungkin akan menjadi lebih spesifik dan realistis.

Kamu pun semakin yakin karakteristik seperti apa yang kamu butuhkan dan tidak butuhkan dalam diri calon pasangan.

Persiapan Pernikahan Wedding Organizer 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan]

 

Misalnya, kamu mencari sosok pria yang baik hati dan bekerja keras, serta menghindari pribadi yang kasar dan tidak saling menghormati.

Dengan begitu, saat menjalin sebuah hubungan yang serius, kamu dapat langsung melihat apakah calon suami memiliki cara pandang yang sejalan dan pribadi yang dapat menyeimbangkan personalitasmu.

 

#7 Saat Memikirkan Masa Depan, Pasangan Termasuk di Dalamnya

Tanyakan pada diri sendiri, saat kamu berpikir tentang cita-cita dan tujuan hidupmu untuk 5 hingga 10 tahun mendatang, apakah pasanganmu termasuk di dalam visi tersebut?

Jika iya, maka secara tak sadar kamu sudah merencanakan komitmen jangka panjang dengan dirinya.

Kamu pun mungkin berusaha menggabungkan keinginannya dengan impianmu agar dapat berjalan sesuai dengan bayangan kalian berdua.

Hal ini pun menjadi pertanda bahwa kamu telah memiliki kesiapan untuk menikah.

 

Jadi, Sudah Siapkah Untuk Menikah?

Itulah tujuh tanda kesiapan menikah yang ada pada diri seseorang. Apakah kamu menemukan bahwa kamu diantaranya?

Ada banyak tanda bahwa kamu mungkin siap untuk komitmen besar dalam hidup.

Jika memiliki pacar maka tanda-tanda ini lebih terlihat dan jika tidak memilikinya, kamu akan mencari satu orang yang dapat membuatmu untuk memulai hubungan yang serius.

Apa pun itu, ada waktu yang tepat bagi setiap laki-laki atau perempuan untuk merasa seperti dia siap untuk menikah dan jika kamu merasakan hal-hal yang disebutkan di atas, kamu kemungkinan besar sudah siap menikah.

 

Jadi apakah kamu siap untuk menikah? Berpikirlah jauh ke depan, jangan sampai kamu malah menyesal dengan keputusanmu sekarang.

Punya pendapat lain? Kemukakan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel bermanfaat ini pada rekan-rekan maupun saudaramu. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Rully Bunga. 15 Desember 2017. Jawab Pertanyaan Ini dan Lihat Apakah Kamu Siap Menikah atau Belum!. Idntimes.com – http://bit.ly/2w2Ad3L