Apakah Anda sudah memiliki asuransi kartu kredit? Tahukah Anda manfaat utama dari asuransi kartu kredit? Apa saja perlindungan yang diberikan? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan menjelaskan lebih lengkap mengenai asuransi kartu kredit.

 

Artikel ini Dipersembahkan oleh :

Halomoney Indonesia Logo

 

Sudahkah Anda Memiliki Asuransi Kartu Kredit?

Apakah Anda seorang pengguna kartu kredit? Jika Anda seorang pengguna kartu kredit, apa kecemasan utama seorang pengguna kartu kredit? Apakah Anda pernah memiliki ketakutan, bagaimana jika terjadi sesuatu dengan Anda, siapa yang akan melunasi tagihan kartu kredit? Jika Ya, Anda tidak perlu khawatir, karena kecemasan tersebut bukan hanya Anda saja yang mengalami. Banyak orang mengalami kecemasan yang sama dengan Anda.

Sudahkah Anda Memiliki Asuransi Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Perlu Membeli Asuransi Kartu Kredit?]

 

Namanya hidup terkadang datang kondisi-kondisi yang tidak terduga. Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia Halomoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa antisipasi terhadap kejadian-kejadian yang tidak terduga dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin ditimbulkan

 

“Saya mempersiapkan diri untuk membuat tabungan dana darurat apabila terjadi suatu kecelakaan atau kondisi darurat lain yang menyebabkan saya tidak dapat menafkahi keluarga saya lagi. Untuk kejadian yang paling ekstrim atau kematian, asuransi merupakan pilihan saya untuk mengantisipasi datangnya hal tersebut,” kata Jay melalui keterangan tertulisnya.

 

Dana darurat (emergency fund) adalah solusi pertama untuk mengantisipasi kejadian tak terduga. Idealnya, dana darurat perlu dibentuk untuk menutupi biaya hidup antara 6 hingga 12 bulan. Pembentukan dana darurat merupakan salah satu prioritas utama dalam menabung dan lebih baik jika cepat terbentuk.

Terkadang dana darurat saja tidak mencukupi membiayai musibah. Asuransi merupakan solusi kedua untuk melengkapi solusi pertama. Anda dapat mencari produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

 

[Lihat Infografis : Kartu Kredit U itu Untung bukan Utang]

 

Dalam kasus utang kartu kredit, kecemasan Anda: jika terjadi sesuatu dengan saya, siapa yang akan membayarkan tagihan-tagihan kartu kredit? Apakah keluarga saya mampu membayar lunas tagihan kartu kredit? Jika Anda merasa cemas dengan hal tersebut, Anda dapat mempertimbangkan fitur tambahan asuransi kartu kredit saat mengajukan kartu kredit.

Fitur asuransi kartu kredit memiliki manfaat-manfaat yang dapat mengobati kecemasan Anda, misal premi yang relatif murah dan jika terjadi sesuatu dengan pemilik kartu kredit, tagihan akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Sebagai contoh, berikut ini beberapa produk kartu kredit yang memiiki fitur asuransi:

Bank Fitur Asuransi Contoh Kartu Kredit
Citibank Sebagai contoh, berikut ini beberapa produk kartu kredit yang memiiki fitur asuransi

Citi Premiermiles

Citi Platinum

Standard Chartered Asuransi Jiwa dan perlindungan kecelakaan dalam perjalanan Standard Chartered Visa Black Platinum
Maybank Asuransi pembayaran tagihan kartu kredit Maybank Gold
BNI Platinum Asuransi kecelakaan dalam perjalanan, perlindungan pembelian harta benda

BNI Platinum

BNI Signature

 

Perlu Anda ingat, fitur asuransi kartu kredit adalah fitur opsional. Anda tidak diwajibkan oleh bank untuk memiliki asuransi kartu kredit. Pastikan Anda membaca dengan teliti terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan fitur asuransi kartu kredit sebelum Anda mengajukan kartu kredit.

 

 

Apakah kekhawatiran utama Anda sebagai pengguna kartu kredit? Apakah Anda sudah menggunakan fitur asuransi kartu kredit?

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kartu Kredit – https://goo.gl/8aSrQH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang