Ingin resign tapi Anda belum tahu cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar? Artikel ini mungkin akan membantu Anda.

Simak dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengunduran Diri Kerja

Ketika bekerja, ada masa di mana seseorang merasa tidak nyaman dengan lingkungan atau sistem kerja di perusahaan tempatnya bernaung. Hal itu bisa terjadi akibat perubahan aturan atau pergantian pimpinan.

Umumnya, karena tak nyaman, seseorang memutuskan untuk mundur. Di saat memutuskan keluar, pastikan Anda mengikuti proses yang berlaku di instansi terkait.

Agar pengunduran diri lebih sopan, ada baiknya Anda membuat surat pengunduran diri. Tentu saja, Anda harus mengungkapkan alasan jelas di balik keputusan tersebut.

 

Fungsi Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau surat resign termasuk surat resmi, maka Anda perlu mengikuti kaidah yang ada. Dalam menuliskannya, Anda perlu memaparkan masalah yang Anda hadapi.

pengundurandiri1

[Baca Juga: Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Jika Anda Akan Keluar dari Pekerjaan]

 

Usahakan, jangan sampai Anda menyinggung atasan atau instansi. Sebab, bagaimana pun Anda pernah jadi bagian di dalamnya.

Berikut ini beberapa fungsinya:

 

#1 Pengunduran Diri Terlihat Profesional

Surat pengunduran diri adalah cara resign yang baik dan terhormat. Sebagai pekerja profesional, sebaiknya Anda memang mengajukannya sebelum keluar dari perusahaan.

Perusahaan akan menganggap Anda sebagai orang yang sopan jika mengajukan surat ini. Lain halnya jika tidak pamit, perusahaan akan menganggap Anda kabur.

 

#2 Memberi Waktu Perusahaan untuk Mencari Pengganti

Umumnya, surat resign ini diajukan sebelum berhenti bekerja.

Misalnya, jika Anda ingin resign pada 17 Januari 2020, maka Anda mengajukan surat maksimal pada 18 Desember 2019.

Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Resign 01 - Finansialku

 

 

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Bagi Anda untuk Resign?]

 

Hal tersebut dimaksudkan agar perusahaan tidak mengalami kekosongan posisi pasca ditinggalkan.

Selain itu, perusahaan juga cenderung menilai Anda sebagai orang berkepribadian baik.

 

#3 Menentukan Status

Jika Anda mengajukan surat ini, perusahaan akan mempunyai data yang jelas. Jika sebaliknya, mereka akan kesulitan menentukan status Anda di buku karyawan.

 

#4 Memutuskan Hubungan Kerja Secara Resmi

Surat resign ini menandai berakhirnya kerja sama Anda dengan perusahaan secara resmi. Setelah itu, Anda bisa keluar dari kantor dengan tenang.

 

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Usahakan, Anda membuat surat dengan kata-kata se-sopan mungkin. Jangan asal-asalan menulis jika kebetulan Anda kurang suka dengan perusahaan.

Berikut ini cara menulis surat resign yang baik:

  • Tuliskan alasan yang jelas. Berikan argumen kuat agar surat tersebut diterima. Ingat, meski berkaitan dengan kegagalan perusahaan memenuhi tuntutan pekerja, Anda tetap harus menuliskannya se-sopan mungkin.
  • Ditulis dengan kaidah yang berlaku, meliputi pembuka, isi, dan penutup.
  • Diajukan maksimal 30 hari sebelum resign seperti yang tertuang dalam Pasal 163 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Memberi kesan baik dengan menemui atasan secara langsung serta mengungkapkan alasan pengunduran diri.

 

Format Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah format surat pengunduran diri:

 

  • Nama Kota dan Tanggal

Nama kota dan tanggal dibubuhkan di pojok kanan atas. Keduanya dipisahkan dengan tanda koma. Jangan lupa gunakan huruf kapital untuk nama kota dan nama bulan.

Contoh: ‘Metro, 17 Januari 2020’, ‘Metro, 19-01-2020’

 

  • Nama dan Alamat Tujuan

Biasanya, surat ini ditujukan ke HRD atau ke pimpinan. Anda perlu menulis gelar dan nama lengkap pimpinan. Usahakan tidak menggunakan frasa “di tempat”.

Contoh:

Kepada Yth.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Metro

Jalan Ki Hajar Dewantara No. 15A Metro Timur, 34111

Kota Metro

Perihal             : Pengunduran Diri

 

  • Salam Pembuka

Sebaiknya, Anda menggunakan salam pembuka di awal surat. Hal ini dimaksudkan agar lebih sopan.

Contoh: ‘Salam sejahtera’, ‘Hormat saya’, ‘Assalamualaikum’, dan sebagainya.

 

  • Alasan dan Tanggal Pengunduran Diri

Bagian ini agak sensitif. Usahakan Anda menuliskannya se-sopan dan se-logis mungkin agar diterima.

 

  • Ucapan Terima Kasih dan Permohonan Maaf

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan. Bisa juga berterima kasih atas perbuatan baik yang diberikan perusahaan selama Anda bekerja di sana.

Anda juga perlu meminta maaf, kendati merasa tidak punya salah. Sebab, bisa saja Anda punya kesalahan secara tidak sadar.

 

  • Salam Penutup dan Nama Jelas

Sebaiknya, salam penutup diseragamkan dengan salam pembuka. Jika di awal Anda mengucap salam, maka akhiri dengan salam juga.

Bubuhkan nama jelas dan tanda tangan di pojok kanan bawah. Jika diminta, bubuhkan meterai di sana.

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda ikuti:

contoh surat pengunduran diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik

 

Untuk itu, berikut 7 contoh Surat Resign resmi:

#1 Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Kepada Yth.

HRD Manager (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini)

 

Di

Tempat

 

Melalui surat ini, saya (Nama Lengkap Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) sebagai (Jabatan terakhir Anda di Perusahaan) terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri).

 

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

 

Saya berharap semoga (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

 

Bandung, 12 Januari 2020

Hormat Saya,

 

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

#2 Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Kepada Yth.

Ketua Umum Organisasi (Nama organisasi saat ini)

Bapak/Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung)

Di Tempat

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak/ Ibu (nama Ketua Organisasi atau atasan langsung) dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

 

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak/Ibu (nama Ketua Organisasi atau atasan langsung) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian (nama bagian Anda) yang Bapak pimpin. Sebagai (jabatan Anda) Masa Bakti (tahun kerja Anda), sesuai SK (nomor surat pengangkatan Anda sebagai bagian organisasi).

 

Saya menilai (nama organisasi) tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

 

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak/ Ibu (nama Ketua Organisasi atau atasan langsung), saya memohon pengertian Bapak/ Ibu bahwa mulai hari ini saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai (jabatan Anda) dari (nama organisasi).

 

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi di antara kita.

 

Terima kasih atas segala perhatian kepada Bapak/ Ibu (nama Ketua Organisasi atau atasan langsung) selama ini.

 

Jakarta, 12 Januari 2020

Hormat Saya,

 

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

#3 Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Jakarta, 8 Januari 2020

 

Kepada Yth.

(Jabatan Kepala)

(Nama pemilik jabatan kepala)

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (nama Anda), bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan) sebagai karyawan per tanggal 8 Desember 2019 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

 

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di (nama perusahaan), dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan) jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

 

Saya mengharapkan selalu (nama perusahaan) dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

 

#4 Surat Pengunduran Diri Guru

Kepada Yth.
Kepala (Nama Sekolah)

(Nama Kepala Sekolah)

Di Tempat

 

Perihal          : Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama  (isi)
Tempat, Tanggal lahir   (isi)
Jabatan   (isi)
NUPTK   (isi)
Alamat   (isi)

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2017 Tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai guru (Jabatan Anda) di (Nama Sekolah) dikarenakan (Alasan Pengunduran Diri).

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak (Nama Sekolah) untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak/ Ibu Kepala Sekolah (Nama Sekolah)  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf (Nama Sekolah)  bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa (Nama Sekolah) dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

 

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

#5 Surat Pengunduran Diri Sederhana

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

 

Bandung, 5 Maret 2012

 

Kepada Yth,

Kepala Cabang PT Alam Raya Sejahtera

Jalan Sukariang No 543, RT 02, RW 04

Bandung 40014

Jawa Barat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Yudi Prayogi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT Alam Raya Sejahtera sejak tanggal 13 Maret 2012.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT Alam Raya Sejahtera kepada saya untuk bekerja di bagian pemasaran selama 2 tahun.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT Alam Raya Sejahtera apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja selama ini.

Saya sangat berharap PT Alam Raya Sejahtera menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.

 

Hormat saya,

 

(Meterai)

 

Yudi Prayogi

 

 

#6 Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Surabaya, June 14th, 2001

 

Mr. Gilang Arisandi Wijaya

Managing Director

PT Plural Utama Sentosa

Jalan Hasanudin Nomor 447

Surabaya

 

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from July 01st, 2001.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company PT Plural Utama Sentosa for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of PT Plural Utama Sentosa success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

 

Best Regards,

 

Dzimar Sultan Laksana

 

#7 Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Kepada Yth.

Dekan Fakultas Teknologi Industri

Universitas Berjaya Selalu

Jalan HOS Tjokroaminoto No 100

Bandung – Jawa Barat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama Mahasiswa: Hendryanus Setiawan
  • Nomor Pokok Mahasiswa: 2015.003.512
  • Program Studi: Teknik Industri
  • Fakultas: Teknologi Industri

 

Mengajukan pengunduran diri sebagai mahasiswa program studi Teknik Industri, Universitas Berjaya Selalu, Jalan HOS Tjokroaminoto No 100, Bandung – Jawa Barat.

Adapun pengunduran diri saya dari mahasiswa dikarenakan diterimanya program beasiswa kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian, saya ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 5 Juli 2015

 

 

Hendryanus Setiawan Gregoryus Setiawan
(Mahasiswa) (Orangtua Mahasiswa)

 

GRATISSS Download!!! Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Landing page cara membuat surat resign-03

Download Sekarang

 

Memberi Kesan Terakhir yang Baik 

Jika Anda masuk perusahaan baik-baik, maka Anda juga harus pergi dengan baik. Anda harus meninggalkan kesan profesional.

Salah satu caranya adalah dengan membuat surat pengunduran diri yang baik. Dengan alasan logis dan kalimat yang santun, perusahaan akan menilai Anda sebagai pribadi yang bertanggung jawab.

 

Setelah Anda selesai membaca artikel ini, Anda dapat membagikannya kepada rekan-rekan Anda, dan jangan lupa untuk menulis komentar Anda pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Februari 2018. 3 Contoh Surat Pnegunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar. Ilmubahasa.net – https://bit.ly/2u2vuOI
  • Guru Pendidikan. 22 Januari 2019. Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan, & Contohnya Lengkap. Seputarilmu.com – https://bit.ly/30Bi20F
  • Hameda Rachma. 9 November 2019. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar. Brilio.net – https://bit.ly/30qZcJc
  • Si Manis. 25 Januari 2018. Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuat, Format Penulisan, dan Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap. Pelajaran.co.id – https://bit.ly/2FT1wPJ

 

Sumber Gambar:

  • Pengunduran Diri 1 – http://bit.ly/2RSWmsH
  • Pengunduran Diri 2 – https://bit.ly/3af3ya8
  • Pengunduran Diri 3 – http://bit.ly/2GCKLsN
  • pengunduran Diri 4 – http://bit.ly/38FWti8