Cara Bijak Mengambil Take Over Kredit Mobil Supaya Tidak Dirugikan

Apakah Anda mau mengambil take over kredit mobil? Ketahui dulu cara bijak mengambil take over kredit mobil supaya Anda tidak dirugikan.

Mari simak pembahasan berikut ini mengenai apa itu take over kredit mobil dan bagaimana cara mendapatkannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Take Over Kredit

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu take over kredit? Take over kredit adalah suatu istilah yang digunakan untuk memindahkan tanggungan kredit yang telah dibeli secara kredit namun belum selesai masa angsurannya.

Hal ini berarti sisa angsuran yang belum dibayar akan dilanjutkan oleh pihak yang membeli. Secara singkat bisa dikatakan bahwa pembeli akan mengambil alih sisa utang atau kredit dari penjual.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pada umumnya, jarang ada orang yang melakukan take over kredit mobil dikarenakan mobil biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, jika dalam kondisi keuangan yang terdesak maka besar kemungkinan untuk melakukan take over kredit. Beberapa orang melakukan take over kredit mobil untuk mendapatkan modal.

Jika Anda mau menjadi pembeli atau mengambil take over kredit, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak dirugikan. Oleh karena itu, simak artikel berikut sampai akhir ya.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 02 Kredit Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk]

 

5 Cara Bijak Mengambil Take Over Kredit

Kali ini Rubrik Finansialku akan berbagi beberapa cara bijak yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil take over kredit. Berikut 5 cara bijak mengambil take over kredit.

 

#1 Memahami Segala Ketentuan Take Over Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk take over kredit, Anda harus memahami segala ketentuan take over dulu ya. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yang berkaitan dengan hukum yang berlaku.

Dalam melakukan take over kredit, Anda perlu melibatkan perusahaan leasing mobil. Jangan sampai karena Anda tidak tahu, Anda jadi melakukan take over dibawah tangan.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 03 Kredit Mobil 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ayah, Ini Cara Beli Mobil Baru dengan Harga Murah]

 

Apa yang dimaksud dengan take over dibawah tangan? Take over dibawah tangan adalah suatu istilah transaksi take over kredit yang tidak melibatkan perusahaan leasing mobil.

Jika melakukan take over di bawah tangan. Berarti perusahaan leasing tidak mengetahui tentang hal take over tersebut.

Berarti Anda juga telah melanggar hukum, dan jika perusahaan leasing mobil mengetahui hal ini maka mereka bisa menuntut Anda sebagai pembeli atau debitur pertama.

Hal tersebut bisa menimbulkan masalah yang semakin panjang nantinya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami segala aturan hukum terlebih dahulu ya.

 

#2 Menggunakan Perantara Bank/Leasing

Cara paling aman yang dapat Anda lakukan saat mengambil take over kredit adalah dengan melalui perantara bank atau leasing. Pertama-tama Anda menyampaikan maksud bahwa Anda mau melakukan take over kredit.

Setelah itu, pihak bank atau leasing akan melakukan analisis terhadap kemampuan finansial pihak pembeli dalam melunasi angsuran sampai lunas.

Jika hasil analisis menyatakan pihak pembeli dianggap tidak mampu melunasi angsuran tersebut, maka tentu saja pengajuan akan ditolak.

Namun, jika pihak pembeli dianggap mampu melunasi angsuran tersebut tentu pihak pembeli akan diterima.

Pihak pembeli akan diterima dengan sejumlah ketentuan dan biaya yang harus dipenuhi. Contoh biaya tersebut adalah biaya notaris atau asuransi.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 04 Kredit Mobil 4 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

#3 Memastikan Debitur Lama Tidak Termasuk Dalam Kategori Kredit Tidak Macet

Jika Anda sebagai pembeli yang mau mengambil take over kredit, Anda harus memastikan bahwa penjual (debitur lama) tidak masuk ke dalam kategori kredit macet.

Jika penjual memiliki masalah dalam pembayaran kredit, bisa-bisa Anda yang mendapatkan denda keterlambatan bayar dan tunggakan pembayaran sebelumnya.

Oleh karena itu, jika memang sudah ada masalah tunggakan angsuran sebelumnya, Anda perlu meminta kepada penjual untuk menyelesaikannya terlebih dahulu.

Dengan demikian Anda tidak akan merasa dirugikan ketika sudah mengambil take over kredit tersebut.

Cara Beli Mobil Baru 01a - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha Cek Dulu Deh Informasi Ini]

 

#4 Mempersiapkan Segala Administrasi Agar Terhindar dari Pelanggaran Hukum

Setelah Anda melakukan pemeriksaan riwayat kredit pihak penjual, maka selanjutnya Anda perlu memperhatikan kelengkapan dokumen-dokumen administrasi yang diperlukan dengan cermat.

Jangan sampai ada dokumen yang terlewatkan. Kelengkapan dokumen administrasi yang berkaitan dengan kredit mobil harus Anda utamakan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Memahami Cara dan Proses Perhitungan Kredit

Agar terhindar dari kerugian, Anda perlu mengantisipasi dengan melakukan perhitungan kredit dan biaya ganti kredit. Apabila pihak penjual memberikan harga yang terlalu tinggi kepada Anda maka Anda harus waspada.

Usahakan untuk mengambil take over kredit yang berada pada nilai wajar agar Anda tidak dirugikan.

Sekarang Anda dapat menghitung angsuran Anda dengan mudah. Anda dapat menggunakan menu rencana keuangan dana pelunasan utang Aplikasi Finansialku.

Cara Beli Mobil Baru 02a Beli Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

Misalnya, Anda mempunyai utang sebesar Rp200.000.000, dengan bunga anuitas sebesar 10%, dan jangka waktu peminjaman selama 2 tahun.

Maka, cara menghitung angsuran Anda menggunakan Aplikasi Finansialku adalah sebagai berikut.

Langkah – langkah untuk menggunakan dana pelunasan utang:

  • Buka menu Aplikasi Finansialku kemudian pilih Rencana Keuangan. Kemudian klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Pelunasan Utang.
Bijak Mengambil Take Over Kredit 05 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

  • Isi data-data pada kolom yang sudah tersedia. Pilih jenis pinjaman Bunga Anuitas, pokok pinjaman Rp200.000.000, bunga pinjaman 10%, dan jangka waktu 24 bulan.
Bijak Mengambil Take Over Kredit 06 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

  • Setelah semua data terisi, Anda bisa menekan tombol Hitung. Maka akan muncul hasil perhitungan jumlah angsuran yang harus dibayarkan adalah Rp110.747.820 per tahun atau Rp9.228.985 per bulan.
Bijak Mengambil Take Over Kredit 07 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Bagaimana? Sangat mudah kan penggunaannya? Selain itu masih terdapat fitur-fitur keuangan lainnya yang akan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan.

Anda dapat download Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis.

 

Aman Saat Mengambil Take Over Kredit Mobil

Sebagai seorang pembeli, melakukan take over kredit mungkin menjadi kesempatan untuk Anda mendapatkan mobil tanpa perlu membelinya secara tunai.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dan memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengambil take over kredit.

Setelah mengetahui beberapa cara bijak mengambil take over kredit mobil, tentunya Anda dapat mengambil take over kredit dengan lebih cermat dan tidak dirugikan.

 

Jadi apakah Anda memiliki cara bijak mengambil take over kredit mobil lainnya? Silahkan tuliskan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan sehingga semakin banyak orang yang dapat mengambil take over kredit dengan bijak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nesa Wilda Musfia. 22 Febuari 2018. Tips Sebelum Take Over Kredit Mobil. Swara.tunaiku.com – https://goo.gl/ERu3Mv

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Mobil 1 – https://goo.gl/FYBYu2
  • Kredit Mobil 2 – https://goo.gl/HZbJ3f
  • Kredit Mobil 3 – https://goo.gl/b4SBMC
  • Kredit Mobil 4 – https://goo.gl/nnMLQB
By |2018-12-05T13:52:28+07:00December 5th, 2018|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor, Utang|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Virtina Thionita
Virtina Thionita adalah seorang mahasiswa President University, jurusan Business Administration dengan konsentrasi Wealth Planning. Memiliki ketertarikan di bidang perencanaan keuangan, investasi, dan entrepreneur.

Leave A Comment