Apakah ada tanaman pengusir nyamuk yang ampuh? Ternyata ada lho!

Nyamuk memang sangat mengganggu suasana santai di rumah Anda. Namun, ada 10 tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Selain itu, tanaman-tanaman ini bisa jadi penghias rumah Anda.

Yuk, simak tanaman apa saja itu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Nyamuk Bisa Diusir?

Siapa sih yang belum pernah digigit nyamuk? Serangga yang satu ini memang sangat menyebalkan.

Selain bunyinya, rasa gatal yang ditimbulkan jika digigit nyamuk pun sangat mengganggu. Apalagi, beberapa penyakit seperti demam berdarah disebabkan oleh nyamuk.

Sebetulnya, nyamuk akan datang ke tempat-tempat yang bisa membuatnya leluasa untuk berkembang biak.

Misalnya saja, air yang menggenang. Ini bisa termasuk genangan air di halaman rumah Anda atau air yang ditampung tanpa penutup. Selain itu, tumpukan baju kotor bisa menjadi sarang nyamuk.

Memang, nyamuk bisa dibasmi dengan menyemprotkan obat pengusir nyamuk. Dalam sekali semprot, nyamuk bakalan ‘mabuk’ sebelum akhirnya mati. Namun, sebagai tambahan referensi, tanaman pun bisa menjadi senjata untuk mengusir nyamuk, lho.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Lebih Menawan dan Indah, Ini Jenis Bunga Hias yang Bisa Kamu Pakai]

 

Tanaman Anti Nyamuk Penyelamat Anda dan Keluarga

Tanaman bisa mempercantik rumahmu. Selain itu, adanya tanaman di rumah Anda memberikan kesan natural yang bisa menyegarkan pikiran. Apalagi, jika tanaman tersebut bisa menghalau nyamuk.

Tapi, perlu diperhatikan juga, tanaman memiliki fungsinya masing-masing. Tidak semua tanaman bisa mengusir nyamuk.

Salah satu tanaman yang terkenal dengan khasiatnya sebagai pengusir nyamuk adalah lavender. Kerap kali, aroma tanaman ini dijadikan obat semprot nyamuk. Tidak hanya itu. Bunganya yang cantik dan beraroma wangi membuat pikiran menjadi rileks lewat essential oils.

Namun, tahukah Anda bahwa pengusir nyamuk bukan hanya lavender saja? Juga, pembasmi nyamuk bukan hanya obat pembasmi nyamuk saja? Obat semprot pembasmi nyamuk telah dicampur dengan bahan kimia. Sesuatu yang tidak alami biasanya memiliki risiko.

Kandungan zat kimia yang terdapat pada obat nyamuk bisa menyebabkan keracunan jika termakan atau terhirup oleh tubuh.

Maka dari itu, coba alternatif lain yang lebih alami dengan memelihara tanaman di rumah Anda.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Keren!!! Ini Dia 10 Aplikasi Menghasilkan Uang di Tahun 2019]

 

Oh iya, bicara tanaman di rumah, apakah Anda sudah memiliki rumah sendiri? Seperti yang Anda ketahui bahwa rumah merupakan kebutuhan primer, apalagi jika Anda sudah memiliki keluarga baru alias sudah menikah.

Begitu pentingnya memiliki rumah membuat orang berbondong-bondong untuk mencari informasi dan cara-cara membeli rumah.

Nah, jika Anda ingin tahu cara jitu mempersiapkan dana untuk membeli rumah pertama, yuk baca saja ebook Finansialku yang berjudul Strategi Membeli Rumah Pertama.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu juga, Anda bisa merencanakan keuangan, mencatat investasi bahkan membeli produk investasi di Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mewujudkan setiap mimpi-mimpi Anda.

 

10 Tanaman Pengusir Nyamuk

Jika Anda berniat memiliki tanaman pengusir nyamuk, Anda wajib mengetahui 10 tanaman berikut ini sebagai referensi.

 

#1 Rosemary

Rosemary dikenal sebagai tumbuhan rempah untuk kepentingan bumbu masak. Tumbuhan ini pun tahan menjadi kering. Aromanya mirip seperti aroma kayu putih.

Karena aroma tersebut, Rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma tersebut mampu mengacaukan penciuman nyamuk. Otomatis, nyamuk akan langsung menghindarinya.

Anda dapat menyimpan tanaman ini di dalam maupun di luar ruangan. Tapi, jangan lupa untuk selalu merawatnya, walaupun Anda menyimpannya di dalam ruangan, ya.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Andalan Untuk Membuat Rumah Menjadi Indah dan Sehat]

 

#2 Tapak Dara

Tapak dara merupakan sejenis bunga yang memiliki banyak khasiat. Selain nyamuk, bunga ini pun bisa mengusir lalat ataupun semut.

Pasalnya, mahkota bunga dari tapak dara ini mengandung senyawa geraniol dan rhodinol yang juga ada pada sereh dan minyak atsiri mawar.

 

#3 Kenikir

Seperti halnya tapak dara, tumbuhan kenikir pun memiliki kandungan zat yang bisa mengusir nyamuk. Zat pyrethrum yang terkandung pada bunga dan daunnya sangat ampuh dalam membasmi nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah Anda.

Tumbuhan ini pun bisa dijadikan pagar di halaman rumah Anda. Ditanam di dalam pot pun bisa mempercantik rumah Anda.

 

#4 Citrosa Mosquito

Kegunaan tanaman ini bisa ditebak dari namanya sebagai pengusir nyamuk. Citrosa Mosquito. Jenis bunga ini memiliki zat citronella yang mudah memenuhi udara di sekitarnya. Zat ini sangat tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk akan pergi.

Tanaman ini bisa ditempatkan di dalam ruangan juga, lho! Misalnya saja, di dekat jendela.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya?]

 

Dengan begitu, hembusan angin dari luar akan membuat zat citronella tersebut terbang ke arah dalam rumah. Hal ini bisa mengusir nyamuk-nyamuk yang ada di dalam rumah.

 

#5 Sereh Wangi (Serai)

Serai biasanya dikenal sebagai bumbu dapur atau pengharum makanan. Namun, ternyata serai memiliki khasiat lain yang sangat ampuh. Selain harganya yang murah, serai mudah ditemukan di swalayan atau pasar tradisional terdekat.

Serai mengandung minyak atsiri. Minyak tersebut bisa diperoleh dengan menyuling bagian atas tumbuhan ini. Namun, Anda bisa memanfaatkan serai sebagai pengusir nyamuk, baik berupa minyak atau berupa tanaman.

 

#6 Kecombrang

Masyarakat Indonesia menyebut tanaman ini dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya kecombrang, ada pula yang menyebutnya kantan atau honje.

Tanaman ini sejenis tumbuhan rempah. Karena itu, sering dijadikan sebagai sayuran. Pasalnya, bunga, buah, dan bijinya bisa dimanfaatkan sebagai penganan.

Aroma bunga kecombrang agak asam, sehingga tidak disukai nyamuk. Hal ini membuat kecombrang bisa jadi pilihan tepat untuk mengusir nyamuk di tempat tinggal Anda.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 06 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Gantung Paling Cantik dan Indah]

 

#7 Jeruk Nipis

Ini dia tumbuhan yang juga sering ditemukan. Selain manfaatnya dalam memberikan asupan Vitamin C pada tubuh kita, jeruk nipis bisa menjadi sarana untuk mengusir nyamuk.

Caranya mudah sekali.

Tempatkan potongan jeruk nipis dan cengkeh pada piring kecil. Lalu, tempatkanlah di sekitar halaman atau di dalam rumah Anda. Wanginya yang asam sangat tidak disukai nyamuk.

 

#8 Mint

Daun mint memiliki banyak khasiat. Selain bisa mendetoksifikasi tubuh, daun mint juga bisa mencegah malaria.

Aroma menthol yang kuat mengandung zat nepetalactone yang bisa menghalau nyamuk dari tempat tinggal Anda. Simpanlah di sudut-sudut rumah atau beberapa tempat yang sekiranya banyak nyamuk bersarang.

 

#9 Basil

Basil memiliki kandungan zat yang sangat kuat. Terdiri dari eugenol, linalool, dan geraniol. Ketiga jenis zat tersebut cenderung tidak sedap.

Inilah yang menjadi kelebihan basil dalam mengusir nyamuk. Jelas sekali bahwa nyamuk tidak menyukai zat-zat tersebut.

 

#10 Zodia

Tanaman ini merupakan tanaman asli Papua. Daunnya berbentuk memanjang. Ditambah lagi, kandungan zat pada daunnya pun memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk.

Zat aktif rutaecarpin dan evodiamine akan keluar ketika daun-daun tersebut saling bergesekan. Bisa karena angin ataupun sengaja dibuat oleh kita supaya bergesekan. Aroma yang dihasilkannya sangat dibenci oleh nyamuk.

Selain itu, beberapa serangga pun tidak menyukai aromanya.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Di Rumah Anda 07 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Inspirasi Hiasan Aquarium Murah Meriah yang Buat Orang Tercengang]

 

Rumah Sebagai Tempat Tenang dan Nyaman

Because a home isn’t just a place to live. Home is something that can give you warmness and happiness.

Begitulah seseorang pernah berkata. Rumah bukan hanya tempat tinggal saja, tetapi juga tempat yang bisa memberikan kehangatan dan kebahagiaan.

Jangan sampai nyamuk merusak itu semua.

Dengan memiliki tanaman penghalau nyamuk di rumah Anda, nyamuk bisa-bisa tidak betah tinggal.

Jangan lupa juga bahwa untuk memiliki tanaman tersebut, Anda perlu menyiapkan uangnya. Sebulan sekali untuk membeli tanaman penghalau nyamuk bisa membantu Anda merasakan rumah nyaman tanpa diganggu nyamuk.

Karena itu, Anda perlu menyiapkan anggaran untuk membeli tanaman pengusir nyamuk. Begitu gajian, pisahkan untuk membeli tanaman. Anda bisa menggunakan fitur dari aplikasi Finansialku untuk merencanakan anggaran ini. Aplikasi ini bisa di-download secara gratis di tautan berikut ini.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai keuangan, Anda bisa berlangganan juga lho.

 

Selamat! Anda sudah mengetahui 10 tanaman yang bisa menghalau nyamuk di rumah Anda. Semoga Anda bisa tinggal dengan nyaman tanpa gangguan nyamuk nakal.

Rekan atau keluarga Anda pasti memiliki kendala yang sama. Karena itu, akan lebih baik jika Anda share informasi ini pada mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Siti Afifiyah. S28 April 2019. Selain Lavender, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk. Tagar.id – http://bit.ly/2WJRetb
  • Kania Dekoruma. 23 November 2018. Bebas Nyamuk dengan 5 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Berkhasiat. Dekoruma.com – http://bit.ly/339E5vM
  • Eka Riana Pangestika. Usir Nyamuk dengan Menanam Bunga Lavender. Kumparan.com – http://bit.ly/2qhylkM

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman Pengusir Nyamuk 01 – http://bit.ly/33ai4N8
  • Tanaman Pengusir Nyamuk 02 – http://bit.ly/2oFAiaz
  • Tanaman Pengusir Nyamuk 03 – http://bit.ly/34kQzRi
  • Rosemary – https://bit.ly/2NcnwJR
  • Citrosa Mosquito – https://bit.ly/34qpSdT
  • Kecombrang – https://bit.ly/2JGXht5
  • Zodia – https://bit.ly/34qq0Kp