Artikel ini akan memberikan informasi mengenai 5 tanaman hias yang bisa membuat Anda kaya raya dan cara untuk merawat tanaman hias.

Jangan mengira hobi bercocok tanam adalah hobi yang murah. Bahkan Anda harus merogoh kantong hingga puluhan juta untuk mendapatkan tanaman hias.

Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tanaman Hias yang Membuat Kaya

Di bawah ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang harganya selangit. Terdapat berbagai alasan tingginya harga jual tanaman hias di bawah ini. Ada yang karena kelangkaannya, ada pula yang dihargai dari keindahan bunganya.

 

#1 Sansevieria

Marga sansevieria ini dikenal di Indonesia dengan nama lidah mertua atau di negara Barat dikenal dengan nama the snake plant.

Nama-nama tersebut diambil dari karakter tumbuhan yang memiliki notif bagai sisik ular serta bentuk daunnya yang pipih dan berujung tajam.

Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya 02 Tanaman Hias 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Andalan Untuk Membuat Rumah Menjadi Indah dan Sehat]

 

Sansevieria menjadi salah satu tanaman hias yang cukup terkenal karena perawatannya yang mudah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi cahaya matahari dan air yang sedikit.

Selain itu, pada tahun 1999, NASA, badan antariksa Amerika Serikat menyebutkan bahwa Sansevieria efektif dalam menyerap polutan ruangan.

Bahkan masyarakat tradisional juga ada yang menggunakan Sansevieria sebagai pengobatan.

Salah satu spesies sansevieria yang paling mahal adalah Kirkii Silver Blue. Tanaman ini juga disebut sebagai bintang sansevieria. Kirkii Silver Blue sesuai namanya, memiliki daun yang berwarna hijau agak keperakan.

Berbeda dengan jenis lainnya, Kirkii Silver Blue memiliki daun yang lebih lebar dengan ujung yang tajam tetapi mengarah ke bawah. Harga tanaman ini hampir menembus Rp10 juta karena kelangkaan dan keunikannya.

 

#2 Euphorbia

Euphorbia merupakan salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar. Genus ini memiliki lebih dari 4000 spesies. Tanaman hias yang tidak hanya terkenal di Indonesia ini pertama kali ditemukan di Madagaskar dan Amerika Utara.

Mahal atau tidaknya euphorbia tergantung pada keunikan dan banyaknya jenis tersebut. Semakin unik dan sedikit orang yang memilikinya maka akan semakin mahal.

Euphorbia juga sering dinamakan bunga sepanjang masa karena bunga keluar secara tidak bersamaan. Bunga yang rontok akan cepat digantikan dengan bunga lain yang masih kuncup.

Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya 03 Tanaman Hias 3 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Gantung Paling Cantik dan Indah]

 

Bentuk dan warna bunga euphorbia sangat beragam, apalagi ditambah dengan penyilangan yang dilakukan untuk mendapatkan bentuk dan warna bunga yang semakin unik.

Euphorbia juga sering disebut dengan nama tanaman delapan dewa karena bunganya yang berbentuk angka delapan.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga tinggi 200 cm dan lebar 150 cm. Tanaman ini menyukai daerah panas, sehingga sangat cocok ditempatkan di tempat yang terbuka dengan sinar matahari langsung.

Namun, euphorbia tumbuh subur di daerah arid atau kering, oleh karena itu tidak tahan terhadap hujan.

 

#3 Anthurium

Genus anthurium merupakan genus tanaman hias yang tak asing lagi bagi para pencinta tanaman hias. Selain termasuk salah satu marga tanaman hias yang paling mahal, anthurium juga termasuk yang paling populer.

Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya 04 Tanaman Hias 4 - Finansialku

[Baca Juga: Viral! Pohon Mangga Jadi Mahar Pernikahan Putri Walikota Balikpapan]

 

Salah satu genus anthurium yang paling mahal adalah anthurium jenmanii. Pada usia muda, tanaman ini memiliki daun yang berwarna kemerahan. Tanaman ini memiliki warna daun hijau tua dengan tepi daun yang bergelombang.

Tekstur daun keras, bertangkai panjang dengan panjang dan lebar urat dan tulang daun yang jelas, besar serta menonjol.

Anthurium Jenmanii memberikan kesan yang kokoh, elegan dan berwibawa. Tidak heran tanaman yang dijuluki Sang Raja Anthurium ini dapat dihargai hingga puluhan juta rupiah.

 

#4 Adenium

Adenium atau yang juga dikenal dengan nama bonsai Jepang merupakan tanaman hias yang berasal dari daerah gurun pasir di daratan Asia Barat hingga Afrika.

Di tahun 2009, terdapat sebuah jenis adenium yang dihargai sebesar Rp500 juta. Adenium ini dinamakan Adenium Queen of 1000 Flowers. Adenium ini memenangkan kompetisi Grandprix Adenium III di kota Surabaya.

Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya 05 Tanaman Hias 5 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Indah Dekorasi Kamar Tidur Di Bawah Ini Bisa irit Anggaranmu, Lho!]

 

Tampilannya sangat indah dengan lebatnya bunga berwarna pink yang kontras dengan warna daun hijau kemudaan.

Selain itu, Anda dapat melihat keindahan batang dan akar dari adenium tersebut. Tidak heran harga adenium tersebut selangit.

Walaupun begitu, saat ini, Anda sudah dapat membeli adenium dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai contohnya, jenis adenium Harry Potter atau Peterpan dapat dibeli dengan harga Rp20 ribu saja.

 

#5 Aglaonema

Genus aglaonema memiliki sekitar 30 spesies dan berasal dari suku Araceae atau talas-talasan. Tanaman ini tumbuh baik pada intensitas penyinaran rendah dan kelembapan yang tinggi.

Salah satu jenis aglaonema termahal adalah aglaonema stardust. Tanaman ini memiliki daun yang padat.

Tahukah Kamu, Ada Tanaman Hias yang Bisa Buat Kaya Raya 06 Tanaman Hias 6 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan Agar Tetap Sehat!]

 

Didominasi dengan warna merah dengan bintik oranye pada ujung dan pinggir daun, tanaman ini memberikan kesan eksotis bagi siapapun yang melihatnya.

Tidak hanya menarik dari segi warna, tanaman ini memiliki daun yang tebal dan tangkai yang pendek. Pesona dan keindahan tanaman ini membawanya menjadi The Best Aglaonema.

 

Tips Merawat Tanaman Hias

Tanaman hias tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga mampu menciptakan udara yang lebih segar dan berkualitas untuk ruangan Anda.

Agar fungsi tanaman hias dapat selalu optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam perawatan tanaman hias, antara lain:

  • Rajin memetik atau memotong bagian tanaman yang sudah layu atau berubah warna, baik karena layu atau kering
  • Menyiram sesuai takaran. Setiap tanaman hias membutuhkan air yang berbeda banyaknya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kelembapan yang dibutuhkan oleh masing-masing tanaman
  • Bersihkan debu yang menempel di daun dengan menyeka daun secara perlahan. Cara ini juga dapat membantu tampilan daun yang lebih mengkilap dan indah.
  • Berikan vitamin melalui pupuk atau suplemen tumbuhan lainnya.
  • Gunakan pot yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

 

Waktu dan Kerja Keras adalah Kuncinya

Jika Anda bercita-cita untuk menanam tanaman hias yang dapat dihargai puluhan juta, maka Anda harus sabar dan telaten dalam mengerjakannya.

Untuk dapat tumbuh, tanaman membutuhkan waktu dan perawatan yang tepat. Oleh karena itu janganlah cepat menyerah.

Jika Anda tertarik untuk berbisnis tanaman hias, Anda bisa mengawali bisnis Anda dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, pebisnis sukses tentunya juga sukses dalam mengelola keuangannya.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Harga dan keindahan tanaman hias di atas mencengangkan bukan? Apakah Anda pernah memiliki tanaman hias? Jika ya, bagaimana cara Anda merawat tanaman hias tersebut?

Bagikan pengalaman Anda dalam merawat tanaman hias pada kolom komentar. Sebarkan pula artikel ini agar lebih bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Juli 2018. Jenis Tanaman Hias yang Bisa Bikin Kaya Mendadak. Pertanianku.com – https://bit.ly/2FvHWsn
  • Raisa Benaya Ranti. 22 Oktober 2018. Tips Ahli: Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar. Casaindonesia.com – https://bit.ly/2CJ2X29

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman Hias 1 – http://bit.ly/2KVi3bi
  • Tanaman Hias 2 – http://bit.ly/2IB3eZA
  • Tanaman Hias 3 – http://bit.ly/2ZoU07V
  • Tanaman Hias 4 – http://bit.ly/2GoXXkh
  • Tanaman Hias 5 – http://bit.ly/2DqEyip
  • Tanaman Hias 6 – http://bit.ly/2Xt2t8f