Seberapa pentingnya asuransi pendidikan dalam menyiapkan biaya pendidikan anak? Ternyata ada banyak keunggulan dari produk keuangan satu ini.

Penasaran? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Anak

Seringkali, dana pendidikan yang tidak diatur dengan baik, dapat mempengaruhi kehidupan anak. Oleh karena itu, asuransi pendidikan penting untuk sekolah anak.

Merencanakan masa depan merupakan peran penting orang tua, dimulai dari mempersiapkan gizi anak untuk melewati masa pertumbuhan yang optimal.

Asuransi pendidikan juga akan meminimalkan risiko anak putus sekolah. Atau, jika ada kejadian tidak terduga yang menyebabkan tidak bisa mengakses pendidikan lebih lanjut.

 

Alasan Asuransi Pendidikan Layak Dipertimbangkan

Memastikan anak memiliki masa depan cerah dengan memberikan pendidikan terbaik, orang tua harus mempersiapkan dana pendidikan bagi anak.

Pentingnya asuransi pendidikan, karena tidak sedikit, anak yang harus berhenti sekolah atau tidak bisa menggapai cita-citanya karena masalah biaya pendidikan.

Berikut ini hal yang menyebabkan pentingnya asuransi pendidikan untuk anak.

 

#1 Wujud Kasih Sayang Orang Tua

Dengan mempersiapkan asuransi pendidikan, berarti orang tua berupaya untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak.

Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua terhadap anak, selain kewajibannya untuk membesarkan anak

Inilah Alasan Pentingnya Asuransi Pendidikan Bagi Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ini Definisi dan Skema Asuransi Pendidikan]

 

#2 Biaya Merupakan Hal Terpenting dalam Pendidikan

Orang tua bebas menyekolahkan anaknya di manapun, tetapi perlu diingat, ada biaya yang harus dipersiapkan agar anak memperoleh pendidikan terbaik.

Karena, kualitas menentukan harga. Jika memilih sekolah yang berkualitas, maka biayanya pasti mahal dan tidak sedikit.

Agar keinginan tersebut dapat terwujud, orang tua bisa menyiapkan dana tersebut sejak awal. Risikonya, jika terlambat menyiapkan, bisa saja orang tua harus berutang untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

Lebih parahnya lagi, anak terpaksa harus berhenti sekolah dan cita-cita tertunda atau tidak terwujud. Karena itu, pentingnya asuransi pendidikan, agar hal tersebut tidak terjadi.

Tentu setiap orang tua tidak ingin anaknya mengalami peristiwa tersebut.

 

#3 Proteksi dari Keadaan Darurat

Pentingnya mempersiapkan asuransi atau tabungan pendidikan, karena seseorang tidak akan pernah tahu, peristiwa di kemudian hari.

Sayangnya, sebagian besar orang tua di Indonesia belum memahami pentingnya asuransi pendidikan untuk menjamin kelangsungan sekolah anak. 

Maksud dari proteksi pada asuransi itu bermacam-macam, sesuai dengan fitur dan produk pada setiap perusahaan asuransi.

Misalkan, jika orang tua harus meninggalkan anak atau perginya pihak yang menanggung nafkah, maka tidak berdampak bagi pendidikan anak.

Karena, nantinya ahli waris atau anak akan mendapat uang pertanggungan atau santunan, sehingga tetap bisa melanjutkan pendidikannya.

 

#4 Asuransi Unit Link Berbasis Investasi

Sebelumnya, asuransi pendidikan jenisnya adalah tradisional, sekarang perusahaan asuransi mengeluarkan produk unit link atau berbasis investasi.

Jadi, premi atau uang yang dibayarkan oleh pemilik polis berpeluang menghasilkan keuntungan, yang telah disepakati sebelumnya.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika memilih produk unit link. Karena, nilai investasinya akan terpakai bagi biaya asuransi yang terkandung di dalamnya. 

Inilah Alasan Pentingnya Asuransi Pendidikan Bagi Anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan, Mana yang Terbaik?]

 

Terlebih lagi, jika ditambahkan manfaat rumah sakit dan manfaat lainnya, yang menyebabkan biaya pendidikan anak tidak memadai. Anda dapat mengantisipasinya dengan cara menabung, atau melakukan top up.

Karena itu, orang-orang yang ingin membeli asuransi unit link, harus memahami secara detail terlebih dahulu.

 

#5 Mencukupi Dana Pendidikan

Sistem kerja asuransi pendidikan adalah menghimpun dana nasabah serta memanfaatkan saldo tabungan yang digunakan sebagai jaminan bagi biaya pendidikan anak.

Selain itu, ada perlindungan asuransi bagi orang tua, dalam membiayai kebutuhan pendidikan.

Selain itu, bermanfaat bagi ketersediaan dana maupun investasi, terdapat manfaat lain yaitu perlindungan jiwa. Dana yang tersedia itu, dapat dipakai untuk menambah atau pun mempersiapkan  biaya pendidikan bagi anak.

Begitu pentingnya asuransi pendidikan untuk melindungi finansial pendidikan.

 

#6 Memenuhi Kebutuhan Jangka Panjang

Ketika Anda memilih asuransi pendidikan yang berbasis investasi, maka bisa mendapatkan return yang cukup tinggi per tahunnya.

Hal tersebut terjadi jika investasi mengalami keuntungan, atau harga saham yang sedang naik di pasar, jadi hal tidak pasti.

Sebaliknya, jika harga saham turun, maka risiko yang dapat terjadi, ditanggung bersama-sama. Memang, asuransi berbasis investasi terlihat menguntungkan, namun hasilnya tidak bisa diprediksi di awal.

Berbeda dengan tabungan pendidikan yang bisa diprediksi maupun dikalkulasikan berdasarkan kesepakatan awal.

Jika bank tempat melakukan tabungan pendidikan mengalami kebangkrutan, maka dana Anda tetap aman, sebab dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

banner -orang tua menyiapkan dana pendidikan anak

 

#7 Kombinasi Antara Tabungan dan Asuransi Jiwa

Asuransi pendidikan memiliki dua cakupan yaitu asuransi jiwa dan pengembangan dana bagi pendidikan anak.

Walau begitu, asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memiliki perbedaan dan karakteristik tersendiri, meskipun tujuannya sama-sama untuk memenuhi biaya pendidikan.

Produk asuransi dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, sedangkan tabungan pendidikan yang mirip dengan deposito itu, diterbitkan oleh bank.

Bahkan, karakter produk, biaya, peraturan, term of condition, serta karakter produk di antara keduanya sangat berbeda. 

Selain itu, tabungan pendidikan biasanya digunakan untuk kebutuhan jangka pendek, seperti dua tahun, nasabah juga memiliki kewajiban menyetor dana.

Namun, dana tersebut hanya dapat diambil ketika jatuh tempo, kalau diambil sebelum jatuh tempo akan terkena penalti.

Tetapi, tabungan pendidikan ini lebih spesifik, sehingga hanya dikhususkan untuk biaya pendidikan, bukan hal lain.

Untuk lebih lengkap mengenai perbedaan ke duanya, Anda bisa baca artikel berikut ini.

Apa Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan?

 

Raih Masa Depan Cerah Melalui Pendidikan Terbaik

Tentunya, orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, namun kualitas yang bagus diiringi dengan harga yang tinggi.

Orang tua harus mengeluarkan banyak uang, jika berencana menyekolahkan anaknya di tempat terbaik seperti sekolah internasional.

Begitu juga ketika menginginkan, anak mendapatkan pekerjaan bagus di masa mendatang, tentu harus diiringi dengan mendapatkan pendidikan berkualitas baik.

Pentingnya asuransi pendidikan, membantu orang tua merealisasikan hal tersebut.

Selain mendapatkan gizi terbaik untuk pertumbuhan optimal. Seorang anak juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak dari kedua orang tuanya, karena sudah menjadi tanggung jawab.

 

Siap untuk merencanakan dana pendidikan anak dengan asuransi? Pastikan Anda sudah membuat proteksi pembiayaan setelah membaca artikel di atas dan membagikan pada orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan 1 – https://bit.ly/32LSD5X
  • Pendidikan 2 – https://bit.ly/3gvZxEL