Just for fun, tipe orang saat Lebaran manakah yang sesuai menggambarkan kamu? Sudah tahu belum?

Yuk, baca informasi selengkapnya pada artikel Finansialku berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tipe Orang Saat Lebaran, Kamu yang Mana?

 

Shalat Ied, bersalam-salaman sambil bermaaf-maafan, kumpul bersama keluarga dan kembali ke hati yang fitri.

Itulah momen bahagia dan sukacita yang dirasakan umat Muslim se-dunia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sebuah momen kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa dan menyucikan diri dari berbagai dosa.

Lebaran sebentar lagi, tentu setiap umat Muslim sudah mempersiapkan banyak hal, dari rencana baju Lebaran, kreasi masakan dan kue-kue dan berbagai pernak-pernik yang akan dipasang termasuk rencana liburan bersama keluarga.

Ya, semoga di tahun 2020 ini, Lebaran bisa terlaksana dengan baik, seperti tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi covid-19.

 

Biasanya, saat menyambut keluarga besar yang nanti datang, tentu kamu akan melihat berbagai tipe orang-orang yang berbeda satu dengan yang lain dalam menyambut datangnya momen Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Berikut ini ada tipe-tipe orang saat lebaran tiba, kira-kira kamu tipe yang mana ya?

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#1 Tipe Pengedar

Tipe yang pertama ini adalah tipe yang pasti sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya, terutama oleh para kaum remaja dan anak-anak.

Sudah tahu dong!? Mereka adalah orang-orang yang bawa amplop yang isinya uang, dimana amplop ini akan dibagi-bagikan kepada sanak saudara, keponakan atau kerabat dekat.

Biasanya anak-anak yang akan mendapatkan amplop THR dari orang-orang yang lebih dewasa, seperti dari orang tua, kakek, nenek, om atau tante.

Besaran nominal isi amplop pun bisa saja berbeda, tergantung dari amal ibadah masing-masing.

Tapi biasanya sang pemberi juga sudah menandai setiap amplop yang akan diberikan kepada setiap anak-anak yang nantinya telah menunggu kehadirannya saat momen kumpul keluarga di hari yang Fitri tiba.

Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 Nyaris Tak Akan Cair - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tipe Pemberi THR Saat Lebaran, Kamu yang Mana?]

 

Tak jarang sang pengedar akan menanyakan kepada penerima amplop THR tentang perkembangan puasa mereka selama sebulan, apakah lulus sebulan penuh atau ada bolongnya.

Sisi positifnya, THR ini bisa jadi pemberi motivasi bagi anak-anak dan remaja untuk rajin berpuasa setiap tahunnya, meski tujuan mereka adalah untuk mengejar THR ini.

Buat adik-adik yang suka terima amplop THR, jangan lupa diberi tahu untuk mengucapkan terima kasih dan ucapan salam ya untuk memberikan pendidikan tentang kesantunan yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita.

 

#2 Tipe Penadah

Kalau ada pengedar, tentu ada penadah dong.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas pada tipe pertama, tipe penadah adalah mereka para penerima amplop THR yang tidak lain dan tidak bukan adalah kalangan anak-anak dan remaja.

Biasanya mereka akan berbaris dan memberikan salam atau sungkem atau bersimpuh di kaki sang pengedar amplop THR sebelum akhirnya mendapatkan amplop yang sudah mereka tunggu-tunggu.

 

#3 Tipe Press Conference

Yang satu ini adalah tipe orang yang suka cerita hal-hal yang ia ketahui, entah itu soal pengetahuannya, atau berbagai pencapaiannya yang telah ia alami selama satu tahun ke belakang.

Tak jarang mereka juga bercerita tentang pengalamannya dalam berpuasa di tahun itu. Entah itu kegagalannya atau keberhasilannya.

Dari percakapan itu, biasanya timbul rasa kedekatan antar keluarga, apalagi mereka yang jarang bertemu atau keluarga jauh yang datang dari kota atau pulau seberang bahkan dari luar negeri karena mudik.

Tipe Press Conference ini biasanya akan memberikan suasana yang lebih hidup di tengah-tengah keluarga. Tak jarang, keluarlah orang-orang yang suka melucu dan konyol sehingga rasa keharmonisan dan tawa dari seluruh anggota keluarga terpancing.

Atur Keuanganmu dan Kenali Pengeluaran Saat Lebaran yang Membahayakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Evaluasi Keuangan: Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran]

 

#4 Tipe Chef

Tipe yang satu ini pasti akan selalu ada di tengah momen bahagia saat Lebaran tiba. Mereka adalah orang-orang yang suka icip-icip menu masakan yang telah dihidangkan di tengah keluarga.

Saat momen berkunjung dari satu keluarga ke keluarga lain, tipe ini akan selalu ada di kisaran meja yang berisi dengan makanan. Bahkan kue-kue nikmat pun bisa disamber deh sama mereka.

Tak jarang mereka akan mengomentari masakan yang dihidangkan, entah itu kurang asin atau membandingkan masakan yang satu dengan yang lain.

Diantara mereka, ada yang kuat makan, tapi tak jarang juga mereka hanya sekadar icip-icip. Mungkin karena target kunjungan ke rumah saudara yang lain masih banyak, jadi mereka harus menyiapkan ruang kosong supaya tidak terlalu kenyang sebelum silaturahmi berkunjung usai.

 

#5 Tipe Solo Career

Saat momen Lebaran, tentu kamu akan menemukan orang-orang yang tidak terlalu ikut-ikutan dengan kumpulan keluarga. Bukan artinya mereka sombong lho.

Mungkin mereka memang suka kesendirian, atau mereka lagi putus cinta, atau mereka lagi sedih karena kucingnya ditinggal di rumah, karena harus berkunjung ke keluarga, dan lain sebagainya.

Intinya, don’t judge the book from it’s cover ya. Mereka punya alasan kok dengan kesendirian mereka. Tapi mereka akan tetap ramah dengan orang-orang di sekitarnya.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 08

[Baca Juga: Jelang Ramadan: 5+ Persiapan Lebaran yang Wajib Dilakukan]

 

Tipe solo career ini mungkin bisa ditemukan di salah satu sudut ruang dan asyik dengan gadget-nya. Bukan selfie atau narsis sih, seperti tipe yang akan kita bahas pada poin berikutnya. Mungkin mereka lagi naikin level game-nya atau chat sama pacarnya.

Yang pasti mereka tipe yang nggak terlalu suka keramaian.

Hmmm… Tapi kalau ditawarin makan,apakah  mereka langsung memiliki antena mode on nggak ya? Hehehehe… Coba kamu cari tahu sendiri ya…atau mungkin salah satunya adalah kamu?

 

#6 Tipe Medsos

Naaahhh… Kalau tipe yang satu ini jangan ditanya, mau sendiri mau banyakan, pasti pegang hape atau tongsis dan selalu update status dari satu tempat ke tempat lain.

Ini dia tipe medsos. Kalau nggak ada teman yang mau diajak wefi, sendiri pun jadi kok.

Dari foto sama orang-orang, keluarga, foto sama makanan-makanan serta kue lebaran pun bisa jadi bahan di akun media sosialnya.

Jangan lupa touch up dulu ya buat ciwik-ciwik yang rata-rata masuk dalam tipe yang satu ini.

Tapi, kalau nggak ada tipe ini, memang nggak rame sih. Tipe medsos bakal selalu ngajakin foto yang bakal diunggah di foto profil atau di akun media sosial lainnya. Kalau satu dua jepretan nggak puas, tenang aja…. masih ada waktu sampai malam tiba kok.

Asal jempol nggak pegel aja ya, guys!

 

Jangan lupa juga untuk mengatur keuangan di bulan Ramadan ya. Caranya, kamu bisa melihat video berikut ini:

 

Sobat Finansialku, kita terus berdoa dan bertindak yah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Semoga di tahun 2020, Lebaran dapat terjadi sebagaimana mestinya. Kamu bisa mudik dan berkumpul bersama dengan keluarga besar.

Tetap terus mengikuti dan taat terhadap aturan pemerintah juga. Apapun yang terjadi nanti, percayalah bahwa semuanya akan mendatangkan keberkahan. Selamat menyambut bulan suci Ramadan bagi sobat Finansialku yang merayakan.

 

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika kamu memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, kamu dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Nadira Aliya. 13 Juni 2018. 7 Tipe Manusia di Hari Menjelang Lebaran. Kompasiana.com – https://bit.ly/3e3rtfi
  • Admin. 30 Maret 2020. Tipe Orang Yang Muncul Ketika Lebaran Tiba. Lapakfjbku.com – https://bit.ly/3e2vnoY
  • Ria A. 21 Juni 2017. 4 Tipe Orang Rayakan Lebaran, Kamu yang Mana? Idntimes.com – https://bit.ly/2XfIZHe
  • Reza Pratama. 17 Juni 2017. Siap-Siap! Inilah 7 Tipe Orang yang Bakal Kamu Temui Saat Kumpul Lebaran. Yukepo.com – https://bit.ly/2wjYfYN
  • Ganis Rumpoko. 17 Juli 2015. Bermacam-macam Orang yang Akan Kamu Temui Di Hari Raya Idul Fitri. Siap-siap, Ya! Hipwee.com – https://bit.ly/2UNZJnt

 

Sumber Gambar:

  • Lebaran dan bulan Ramadan – https://bit.ly/2VvRtrf