Belajar yang efektif dan memahami materi pembelajaran kerap menjadi hal yang sulit seiring bertambahnya usia.

Tapi sebenarnya, ada lho tips belajar efektif yang bisa kamu coba agar lebih mudah memahami materi saat sekolah atau kuliah. Berikut penjelasannya!

 

Summary:

  • Belajar bisa jadi kegiatan yang tidak terasa berat dan membosankan jika kalian tahu cara melakukannya dengan tepat.
  • Menganggap sepele kegiatan belajar akan berpengaruh terhadap masa depan. Oleh karena itu, temukan metode yang paling pas untuk dirimu sendiri. 

 

Pentingnya Belajar Efektif untuk Memahami Materi

Siapa bilang nilai pelajaran atau IPK tidak begitu penting? Faktanya, nilai maupun IPK sangatlah penting untuk menggambarkan kapabilitas dan tanggung jawab seseorang dalam menekuni suatu bidang.

Bahkan, beberapa perusahaan pun banyak yang menetapkan kisaran minimal IPK sebagai syarat masuknya. Untuk mendapatkan nilai atau IPK yang tinggi, tentu saja bisa kamu dapatkan dengan belajar secara efektif.

Nah, dengan belajar efektif, Sobat Finansialku dapat mengembangkan personal development, memahami materi, dan mencapai tujuan masa depan yang lebih baik.

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa murid yang belajar efektif dan efisien cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah.

Selain itu, hasil penelitian publikasi Academic Journal membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa.

 

Tips Belajar Efektif 

Berikut adalah beberapa tips belajar efektif untuk pelajar dan mahasiswa yang telah Finansialku rangkum dari berbagai sumber.

 

#1 Atur Jadwal Belajar

Tips belajar efektif yang pertama adalah membuat diri kalian menjadi lebih disiplin dengan mengatur jadwal belajar.

Buatlah jadwal belajar rutin selama 1 sampai 2 jam setiap harinya. Misalnya, kamu harus belajar setiap jam 7-9 malam saat weekday (senin sampai jumat). Kemudian, buat jadwal belajar yang lebih singkat saat weekend, yaitu mulai jam 8-9 pagi.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menggunakan sistem kebut semalam yang hanya membuat kalian pusing dan panik saat menghadapi ujian.

 

#2 Temukan Gaya Belajarmu Sendiri

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu juga perlu menemukan gaya belajarmu sendiri.

Meski agak sulit dan terkadang selalu berubah-ubah, tetapi kalau sudah memahami polanya pasti semua pekerjaan akan berasa lebih mudah.

Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah mencoba gaya belajar yang baru untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

#3 Belajar Secara Berulang Kali

Tips berikutnya adalah belajar secara berulang kali. Artinya belajar selama jangka waktu tertentu tetapi kamu lakukan secara berkala atau berkali-kali.

Maksimalkan waktu selama 5-10 menit untuk duduk dan fokus mempelajari materi selama setiap hari dalam seminggu.

Cara ini dapat membantu kamu untuk mengingat dan memahami materi, serta membuat kamu jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur.

[Baca Juga: 3 Cara Belajar Investasi untuk Pemula dari Nol Jadi Master]

 

#4 Menulis Rangkuman Versi Kamu

Faktanya, menulis ulang materi yang kamu pelajari secara manual di buku catatan akan membuat kamu lebih memahami materi tersebut.

Dengan menulis ulang materi, kamu akan melalui pemrosesan informasi terlebih dahulu dan menemukan poin-poin penting dari materi pembelajaran.

Lalu, kamu bisa merangkai pemahaman tersebut dengan kata-kata yang dapat kamu mengerti, serta menandai poin mana yang belum kamu mengerti.

 

#5 Practice Makes Perfect

Setelah membuat rangkuman materi, kamu bisa menguji sejauh mana materi yang telah kamu pahami.

Cobalah membuat beberapa pertanyaan dari rangkuman sebelumnya, diawali dengan poin-poin penting dan mendasar dari materi tersebut. Semakin banyak berlatih, maka materi pembelajaran juga akan lebih mudah menempel di otak.

 

#6 Cari Suasana yang Nyaman

Agar Sobat Finansialku bisa lebih fokus dalam belajar, kamu bisa membuat suasana tempat belajar senyaman mungkin.

Kalau kamu suka dengan suasana yang hening, maka cobalah belajar di kamar tidur saat malam hari.

Jika kamu justru membutuhkan suasana yang sedikit menghibur, maka tidak ada salahnya untuk belajar di tempat umum seperti café atau taman.

 

#7 Kerjakan Tugas yang Lebih Sulit Terlebih Dahulu

Kalau kamu memiliki banyak tugas yang perlu kamu kerjakan setiap harinya, maka kamu bisa selesaikan tugas yang lebih sulit terlebih dahulu.

Ketika kamu berhasil menyelesaikan tugas yang lebih susah, kamu akan lebih percaya diri dan termotivasi untuk mengerjakan tugas lainnya.

 

#8 Coba Teknik Feynman 

Teknik Feynman adalah metode pembelajaran yang efektif untuk mempelajari dasar-dasar dari suatu topik menggunakan diagram.

Kamu dapat melakukan teknik Feynman dengan menuliskan pemikiran kamu di papan tulis atau kertas dan jelaskan secara sederhana kepada orang lain.

Kemudian, lihat apakah orang tersebut masih bingung atau kurang jelas dengan penjelasan kamu. Intinya adalah menjelaskan suatu hal yang rumit dengan cara yang mudah orang awam pahami.

 

#9 Strategi Pemetaan (Mapping Method)

Mapping method bisa kamu lakukan dengan membuat peta konsep atau peta pikiran maupun diagram. Peta konsep tersebut berisi ringkasan informasi yang tersusun pada topik utama dan subtopik.

Perlu kamu ingat bahwa cara kamu mengaitkan topik satu dengan topik lainnya dapat berdampak pada pemahaman kamu terhadap materi pembelajaran.

 

#10 Gunakan Visual dan Gambar

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan gambar dalam memahami materi pelajaran dapat meningkatkan daya ingat seseorang terhadap materi tersebut.

Penggunaan visual dan gambar ini akan membuat kamu tidak mudah merasa bosan dan dapat menjaga fokusmu selama belajar.

 

#11 Cari Contoh yang Mudah Kamu Pahami

Mengambil sebuah contoh dari kehidupan sehari-hari untuk memahami suatu materi juga termasuk dalam salah satu cara belajar yang efektif.

Pasalnya, seseorang akan lebih mengingat dan memahami sebuah konsep melalui contoh yang biasa mereka lihat atau lakukan. Misalnya, kamu sulit mengingat konsep makanan yang terasa asam karena mengandung sifat asam.

Tetapi jika kamu berpikir tentang lemon atau cuka, kamu akan lebih mudah memahami bahwa rasa asam berasal dari kandungan di dalamnya.

 

#12 Gali Lebih Dalam

Kalau kamu masih sulit memahami atau mengingat materi pembelajaran, maka kamu perlu mengenalnya lebih dalam.

Kamu bisa mencari tahu semua jawaban dari pertanyaan yang masih membuatmu bingung dengan melakukan elaborasi.

Elaborasi dapat membantu kamu untuk mengumpulkan informasi baru dan mendiskusikannya untuk mendalami suatu topik tertentu.

 

#13 Fokus

Fokus berarti suatu kemampuan untuk memusatkan seluruh perhatian pada satu hal atau objek tertentu.

Sobat Finansialku perlu fokus dan konsisten untuk mencapai sebuah tujuan. Cobalah untuk memblokir semua gangguan saat belajar agar fokus kamu tidak mudah teralihkan.

 

#14 Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode pembelajaran dengan membagi sesi belajar ke dalam lima tahapan.

Kamu bisa mulai dengan memilih topik yang akan kamu pelajari, lalu atur timer selama 25 menit untuk fokus mempelajari topik tersebut.

Saat timer berbunyi, istirahatlah selama 5 menit sebelum mengulang tahapan ini sampai empat kali. Barulah setelah itu kamu bisa istirahat selama 15-30 menit.

 

#15 Jangan Memaksakan Diri

Kalau kamu sedang tidak dalam mood yang bagus untuk belajar, maka sebaiknya kamu melakukan hal lainnya yang dapat mengembalikan mood belajar.

Belajarlah tanpa ada paksaan dari orang lain maupun diri sendiri agar lebih efektif dalam memahami materi apa pun.

Selain itu, pastikan kamu memiliki kualitas tidur yang cukup agar tubuh tetap fit dan membuatmu lebih fokus.

[Baca Juga: 15+ Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Ada yang Murah!]

 

Tips Belajar Efektif dari Psikolog

Berikut ini adalah beberapa tips belajar efektif menurut ahli psikologi yang membuat kamu dapat menyerap ilmu dengan mudah.

 

#1 Sukai Mata Pelajaran

Rasa suka terhadap suatu pelajaran terbukti dapat memotivasi seseorang untuk menguasai pelajaran tersebut.

Jadi, usahakan untuk menyukai semua mata pelajaran supaya kegiatan belajar kamu jadi lebih efektif dan efisien.

 

#2 Berpura-pura Jadi Guru untuk Diri Sendiri

Setelah belajar, cobalah menjelaskan ulang materi yang telah kamu pelajari, kepada diri kamu sendiri.

Kamu juga bisa “berpura-pura” menjadi guru untuk teman atau keluarga agar mereka dapat mendengarkan penjelasan tersebut.

Menurut psikolog, cara ini akan membantu kamu untuk mengingat kembali materi pembelajaran serta memahami konsepnya.

 

#3 Berikan Jeda Antara Sesi Belajar

Memberikan jeda di antara sesi belajar, seperti tahapan teknik Pomodoro, dapat membantu kamu untuk belajar lebih efektif tanpa memaksakan diri.

Pasalnya, sesi istirahat ini akan membuat otak mendapatkan “refreshing” sehingga mampu memahami lebih baik saat sesi belajar mulai kembali.

[Baca Juga: Pejuang Tugas Akhir, Ini Kumpulan Website untuk Mencari Jurnal!]

 

#4 Pahami, Bukan Menghafal

Tips belajar efektif selanjutnya adalah berusaha memahami materi, bukan hanya menghafalnya. Sebab, menghafal saja tidak bisa menjamin bahwa Sobat Finansialku telah paham sepenuhnya.

 

#5 Menulis Kembali Materi yang Sudah Dipelajari/Tidak Multitasking

Tips belajar efektif dari psikolog yang terakhir adalah tidak multitasking dan mencicil pelajaran sedikit demi sedikit.

Jika kamu mempelajari semua materi pelajaran dalam sekali sesi, maka tubuh akan jadi lelah dan mengganggu kemampuan otak untuk menyerap ilmu baru.

Jadi, usahakan belajar secara rutin meskipun hanya beberapa menit saja. Ingat, bahwa kunci kesuksesan adalah konsisten.

 

Contoh Sikap yang Baik Agar Mencapai Keberhasilan dalam Belajar

Metode belajar apa pun yang kamu gunakan, hasilnya tetap akan sia-sia jika kamu tidak memiliki sikap yang baik saat mencari ilmu.

Oleh karena itu, Finansialku telah merangkum sikap-sikap yang sebaiknya kamu miliki untuk tetap fokus dalam belajar.

 

#1 Tanamkan Niat untuk Kebaikan

Tidak hanya saat belajar, niat yang baik juga sangat penting untuk kamu ucapkan dalam hati sebelum melakukan segala sesuatu.

Ketika akan pergi menuntut ilmu, niatkanlah belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari guru serta pengalaman yang baik.

Hindari niat yang tidak baik, seperti hanya sekadar mencari teman atau agar mendapat uang jajan dari orang tua.

 

#2 Menghormati Guru

Guru adalah orang tua kita saat berada di sekolah. Kedudukan mereka sama seperti kedua orang tua. Mereka yang mengajari kita tentang ilmu pengetahuan yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita semua dapat menghormati seorang guru sama seperti orang tua kita sendiri.

 

#3 Catat Materi yang Guru Terangkan

Mencatat hal-hal penting yang guru sampaikan saat mengajar di kelas akan memudahkan kamu dalam mengingat materi sebelum ujian.

Pasalnya, materi soal ujian tidak akan jauh-jauh dari apa yang guru terangkan di kelas. Jadi, perhatikan setiap pelajaran dan jangan malas mencatat.

 

#4 Selalu Rendah Hati

Jangan terlalu bangga ataupun sombong saat kamu mendapat nilai yang bagus atau telah menguasai suatu materi pembelajaran.

Pastikan selalu rendah hati supaya tidak merasa cepat puas saat mendapat nilai yang bagus, sehingga kamu akan selalu termotivasi untuk belajar.

 

#5 Berkata Seperlunya Saja

Perhatikan apa yang guru ajarkan di depan kelas dan usahakan berbicara yang baik seperlunya atau diam.

Sebab, banyak berbicara atau mengobrol hanya akan membuang-buang waktu dan mengalihkan fokus kamu dari pelajaran.

[Baca Juga: Deadline? Berikut Cara Menghilangkan Kantuk Supaya Fokus]

 

Belajar Efektif adalah Hal Baik

Demikian tips  belajar efektif yang telah Finansialku rangkum untuk memahami materi dengan baik. Kamu bisa mencoba salah satu metodenya, ya

Apalagi saat ini ada banyak sekali media pembelajaran yang bisa kita manfaatkan, tidak selalu dari buku saja. Bisa lewat video interaktif, ebook, dan sebagainya.

Termasuk jika kamu ingin belajar seputar keuangan. Finansialku punya beragam panduan lengkap yang bisa kamu akses dengan mudah.

Yuk, kunjungi Perpustakaan Ebook Finansialku atau kamu juga bisa baca kumpulan artikel Finansialku.

Selanjutnya, kamu bisa praktikkan langsung perencanaan keuangan yang tepat di Aplikasi Finansialku.

Berbagai fitur di dalamnya bisa kamu manfaatkan untuk menyusun anggaran, mencatat cash flow keuangan, merencanakan keuangan, sampai mengecek kondisi kesehatan keuangan, lho. Selamat mencoba…

Banner Iklan Aplikasi Finansialku General

 

Sudah coba tips-tips belajar efektif di atas? Jangan lupa tuliskan pengalaman kamu dalam kolom komentar di bawah dan bagikan informasi ini agar semakin bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • Andi Fajar. 8 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Belajar. Anfaku – https://bit.ly/3eHliTA
  • Admin. 16 Agustus 2022. 12 Tips Belajar Efektif buat Mahasiswa. GoKampus – https://bit.ly/3eG164l
  • Kristina. 26 November 2021. 10 Cara Belajar Efektif, Materi Mudah Masuk dan Tak Habiskan Waktu. DetikEdu – https://bit.ly/3CLyezx
  • Admin. 4 Tips & Trik Belajar yang Efektif untuk Mahasiswa. BinusUniversity – https://bit.ly/3VAD1fT
  • Admin. 30 Oktober 2021. Tips Belajar Efektif Supaya Mudah Menguasai Berbagai Materi. BinusUniversity – https://bit.ly/3MDXWLb
  • Fadli Adzani. 17 Maret 2020. 8 Cara Belajar Efektif Menurut Para Psikolog. SehatQ – https://bit.ly/3eHmoyG