Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat? Ternyata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. 

Finansialku telah merangkum beberapa info penting yang patut disimak. Yuk ikuti!

 

Summary

  • Mengatur keuangan saat lajang tentu berbeda dengan kita yang sudah menikah bahkan memiliki anak, oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dalam rumah tangga.
  • Hal pertama dan yang utama dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah komunikasi.

 

Cara Jenius Pengaturan Keuangan

Membangun rumah tangga memang tidaklah mudah banyak persoalan yang harus dihadapi. 

Salah satunya problem keuangan rumah tangga, apalagi jika memiliki anak, kebutuhan semakin banyak, sehingga pasutri harus cermat mengelola keuangan.

Biaya hidup yang cenderung selalu naik dan berubah-ubah, sedangkan gaji bulanannya tetap tidak ada kenaikan, sehingga harus mampu mengaturnya agar rencana bisa terealisasi.

Agar kebutuhan hidup selalu terpenuhi dan terhindar dari pemborosan, maka diperlukan tips dan cara dalam mengatur keuangan rumah tangga yang cerdas serta mudah diaplikasikan. 

Simak tipsnya berikut ini.

 

#1 Berdiskusi dengan Pasangan Soal Keuangan

Cara dalam mengatur keuangan rumah tangga sangat dibutuhkan dalam kehidupan, sebab finansial merupakan hal yang krusial. Sehingga pasangan suami-istri juga harus menanamkan pemikiran yang lebih dewasa dalam pengaturan keuangan.

Karena, pengaturan keuangan saat masih sendiri itu berbeda ketika setelah menikah. Jangan lupa untuk meredam ego masing-masing, dan meredam keinginan masing-masing demi terpenuhinya kebutuhan hidup keluarga.

Hal tersebut akan membuat saling terbukanya komunikasi dan pembicaraan tentang biaya pengeluaran kebutuhan pokok keluarga. Dalam rumah tangga, hal terpenting adalah saling jujur dan terbuka terkait keuangan dan ekonomi keluarga. Karena hal itu akan menjadi masalah yang sangat vital.

Jika ada sebagian dari pasangan yang tidak jujur dalam mengelola keuangan, akan terjadi pembengkakan pengeluaran yang tidak diperlukan. Sehingga dapat membuat anjloknya pemasukan atau tabungan yang dimiliki keluarga.

Maka dari itu, cara dalam mengatur keuangan rumah tangga sangat perlu diterapkan sejak awal. Salah satu cara jitunya adalah dengan berdiskusi bersama pasangan.

[Baca Juga: Begini Cara Cek Cash Flow Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga]

 

#2 Memisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Anda harus memahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang Anda dan keluarga perlukan sebagai sarana bertahan hidup, seperti pemenuhan bahan-bahan pokok.

Sedangkan, keinginan merupakan sesuatu yang tidak mempengaruhi dalam kemampuan bertahan hidup bagi Anda dan keluarga. Misalnya, pakaian mewah, tas branded, membeli berbagai barang hanya untuk koleksi semata.

Defisit keuangan biasanya akan terjadi jika uang yang dimiliki lebih banyak digunakan untuk memenuhi keinginan. Sehingga dana keluarga hanya terkuras untuk pemenuhan keinginan bukan keperluan.

Padahal, barang yang diinginkan belum tentu benar-benar dibutuhkan oleh keluarga. Sehingga perlu pemisahan dalam mencatat daftar kebutuhan dan keinginan dalam catatan pengeluaran keluarga.

Dalam pencatatannya Anda bisa menggunakan catatan manual seperti kertas atau buku, juga bisa dengan download aplikasi keuangan seperti aplikasi Finansialku untuk lebih memudahkan.

Bahkan jika dibutuhkan Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan.

 

#3 Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Harian

Dalam menganalisis jumlah pemasukan, Anda harus memahami berapa dana pemasukan keluarga Anda dalam setiap bulannya. Pastikan dana pemasukan tersebut mampu memenuhi kebutuhan yang sudah Anda prioritaskan.

Perkiraan jumlah anggaran yang bisa dialokasikan pada kebutuhan lain, maka gaji Anda tidak akan terbuang percuma. Apalagi untuk hal yang tidak begitu diperlukan.

Selain harus mempelajari cara untuk mengatur keuangan, Anda juga mempelajari dalam menganalisis pemasukan keluarga. Jelas tujuannya adalah untuk hidup hemat dan sejahtera.

 

#4 Membuat Daftar Belanja

Anda perlu membuat daftar pengeluaran dan belanja, seperti daftar pengeluaran paling prioritas, terdiri dari kebutuhan hidup. Contohnya, kebutuhan makan, minum, tagihan listrik, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk hal yang tidak urgent, dapat diturunkan atau dipisahkan di lembar lainnya. Nah, yuk ketahui bagaimana cara membuat anggaran yang benar lewat ebook gratis di bawah ini.

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

#5 Belanja Sesuai Perencanaan

Cara dalam mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan merencanakan apa yang akan Anda beli, seperti keperluan bulanan. Sebab bukan hal aneh lagi ketika Anda tiba-tiba tergiur barang lain saat sedang berbelanja.

Sehingga, Anda harus membuat daftar perencanaan yang matang, terperinci, dan membagi mana yang prioritas dan mana yang tidak mendesak.

Anda harus membelanjakan keuangan hanya pada daftar prioritas saja, jika ada dana lebih baru untuk hal yang non prioritas.

[Baca Juga: Investasi P2P Lending untuk Ibu Rumah Tangga]

 

#6 Menjauhi Gaya Hidup Konsumtif dan Boros

Menjauhi gaya hidup boros dan berfoya-foya juga merupakan cara mengatur keuangan rumah tangga dalam Islam. Sebab, selain merugikan, berfoya-foya juga tidak terlalu bermanfaat.

Anda bisa mengurangi acara liburan, karena liburan dapat menguras dana keuangan. Sebagai alternatifnya Anda bisa melakukan aktivitas bersama keluarga di rumah baik nonton film, bermain, atau memasak.

Anda dan keluarga juga bisa mengusahakan makan di rumah dan memaksimalkan waktu bersama.

Dengan memasak dan makan di rumah, Anda akan lebih menghemat biaya pengeluaran. 

Jangan membiarkan rumah Anda diisi oleh banyaknya cicilan barang, yang sifatnya hanya memenuhi keinginan semata. Pembiayaan keluarga pasti akan terkuras banyak hanya untuk membayar cicilan dan bunga dari barang tersebut.

Lebih baik, Anda menabung meski sedikit demi sedikit. Setelah dana mencukupi, Anda bisa membeli barang yang diinginkan.

 

#7 Merencanakan Tabungan, Investasi, dan Asuransi 

Setelah kebutuhan prioritas terpenuhi dan Anda masih memiliki sisa dana pemasukan, manfaatkan untuk dijadikan sebagai investasi di masa depan. Investasi mempunyai banyak macamnya dan Anda harus teliti memilih investasi yang paling cocok bagi kebutuhan keluarga Anda.

Selain diinvestasikan, sisa dana pemasukan yang keluarga Anda punyai bisa ditabung. Gunanya sebagai dana darurat yang bisa Anda gunakan untuk kekurangan anggaran atau untuk membeli keinginan tercapai.

Meski tidak ada yang mengharapkan agar sesuatu buruk terjadi pada keluarganya. Namun asuransi dapat sangat membantu kala keluarga Anda mendapatkan musibah, asuransi yang bisa diikuti adalah asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Jika Anda masih bingung dalam merencanakan asuransi maupun investasi, Anda bisa hubungi Perencana Keuangan Finansialku untuk berdiskusi.

Hubungi Perencana Keuangan Finansialku di menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku, atau lewat WhatsApp 0851 5866 2940.

Banner Iklan Konsultasi Keuangan

 

Perencanaan Keuangan Keluarga Optimal dengan Pengaturan Tepat

Itulah tips dan cara dalam mengatur keuangan rumah tangga. Anda dan pasangan bisa mempelajarinya dan memahami agar dapat mengatur keuangan agar hemat dan terhindar dari pemborosan keuangan.

 

Pastikan Anda melakukan beberapa tips di atas agar bisa memaksimalkan pengaturan keuangan keluarga. Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman Anda, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

Admin. 17 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat. Prospeku.com – https://bit.ly/3J7m3PI