Suka traveling sendirian, ketahuilah tips jalan-jalan aman bagi kalian para solo traveler untuk liburan yang lebih menyenangkan!

So, apa saja sih yang dapat dijadikan tips jalan-jalan aman untuk solo traveler? Simak ulasannya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jadi Solo Traveler? Mengapa Tidak?

Berlibur jadi cara menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Sebagian orang memilih menghabiskan liburan dengan mengunjungi tempat baru.

Bahkan beberapa diantaranya memilih solo traveling ke luar kota atau negara lain. Tak jarang, beberapa orang sengaja menyusun itinerary serapi mungkin.

Tarif Bagasi Lion Air Hingga Rp 930.000, Apa Kata Pakar Transportasi 02 Koper Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

Mulai dari mendaftar tempat wisata yang wajib dikunjungi sampai makanan khas untuk dicicipi.

Buat Anda yang baru pertama kali berlibur sendirian, pastinya ada kekhawatiran tersendiri. Terutama para wanita yang rawan diganggu oknum tak bertanggung jawab.

 

Jalan-jalan Aman Solo Traveler Wanita

Beberapa kejadian tak menyenangkan juga menghantui traveler wanita untuk liburan sendirian. Seperti yang kita ketahui, tidak semua daerah di Indonesia dan luar negeri ramah bagi wisatawan wanita.

Pengalaman buruk memang bisa menimpa siapa saja, para pria sekalipun. Tetapi wanita memiliki peluang besar mengalami perlakuan kurang menyenangkan di tempat baru.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja perlu tindakan pencegahan. Para wanita setidaknya harus tahu cara menghindari serta mengatasi gangguan dari oknum tak bertanggung jawab.

 

Tips Jalan-jalan Aman dan Mengesankan Bagi Solo Traveler

Alih-alih menikmati liburan, seringkali kejadian buruk menimbulkan trauma tersendiri. Traveler wanita jadi enggan berlibur sendiri di lain waktu.

Mau tak mau mereka mencari teman atau menunggu keluarga lain untuk bisa berlibur bersama.

Padahal sangat sulit menemukan waktu yang cocok untuk berlibur bersama-sama seperti ini. Oleh karena itu, lakukanlah tindakan preventif untuk melindungi diri Anda sendiri, seperti berikut ini.

 

Tips Jalan-jalan Aman #1 Kumpulkan Informasi Selengkap Mungkin

Supaya tidak bingung, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang Anda tuju. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu daerah, akomodasi, sampai transportasi di sana.

Bila memungkinkan, pantau harga tiket pesawat atau kereta api dari tempat asal. Dengan begini, Anda bisa mengatur budget perjalanan tetap aman usai liburan.

 

Tips Jalan-jalan Aman #2 Bawa Barang yang Benar-Benar Penting

Inilah alasannya Anda harus packing dari jauh-jauh hari. Kalau perlu, buat daftar barang bawaan yang wajib dibawa. Ada baiknya bawa dua kantong untuk memisahkan baju kotor dan bersih.

Tips jalan-jalan aman berikutnya adalah hindari membawa banyak pakaian di dalam koper atau tas. Jika Anda berlibur lebih dari seminggu, lebih baik mencuci baju kotor di sana. Dengan demikian, Anda turut mengurangi volume pakaian.

 

Tips Jalan-jalan Aman #3 Sembunyikan Barang-Barang Berharga

Jangan terlalu gampang mempertunjukkan barang-barang berharga yang dibawa. Gunakan semua barang seminimal mungkin di tengah keramaian, seperti handphone, kalung, kamera, dan lain-lain.

Jika Anda benar-benar butuh mengakses semua benda tersebut, pastikan lokasi Anda benar-benar aman. Ini guna meminimalisasi niat jahat dari orang sekitar.

 

Tips Jalan-jalan Aman #4 Cari Penginapan yang Nyaman

Biar Anda menikmati liburan, cari penginapan terpercaya. Anda bisa melihat ulasan penginapan dari internet atau forum-forum terkait.

Manfaatkan forum traveler untuk berkomunikasi dengan para traveler dari seluruh dunia. Anda akan menemukan banyak masukan yang sangat membantu selama perjalanan.

Walaupun sedikit lebih mahal, penginapan dengan nama yang cukup terkenal akan menjamin keamanan Anda. Untuk itu, sebelum pergi berlibur, atur dana perjalanan Anda supaya dapat digunakan dengan baik.

Aplikasi Finansialku tidak hanya hadir untuk mengatur cashflow Anda, tapi juga dapat membantu Anda merencanakan Dana Liburan.

Download aplikasinya gratis sekarang juga di Google Play Store dan rencanakan liburan menyenangkan Anda!

Anda juga dapat bergabung dengan Finansialku melalui banner di bawah ini.

 

#5 Kunjungi Tempat Menarik

Tujuan utama Anda berlibur ke luar kota atau negeri tentu mengunjungi tempat wisata baru. Tempat wisata yang dinilai unik dan menarik, perlu masuk dalam itinerary liburan.

12 Tempat Menikmati Musim Salju di Asia saat Liburan Akhir Tahun 08 - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

Usahakan destinasi Anda ramah wanita, termasuk jalur dari dan menuju kesana. Kalau Anda tertarik dengan tempat baru yang belum dijamah banyak orang, ajaklah masyarakat sekitar yang dipercaya.

 

#6 Ikuti Kata Hati

Saat Anda merasa ragu dengan seseorang atau suatu tempat, ikuti kata hati. Intuisi akan membantu Anda mengenali bahaya yang mungkin mengintai.

Umumnya, intuisi wanita jauh lebih tajam dibanding para laki-laki, jadi jangan pernah acuhkan hal tersebut. Supaya lebih aman, kuasai beberapa teknik bela diri yang bisa digunakan tatkala bahaya mengancam.

 

#7 Perhatikan Pakaian yang Dikenakan

Beberapa daerah memiliki aturan khusus terkait pakaian wanita. Misalnya saja Aceh yang mewajibkan para wanita menutup rambut saat berada di luar rumah. Anda perlu cari tahu, bagaimana gaya berpakaian di lokasi liburan.

Hindari pakaian yang dianggap tabu atau tidak sopan oleh masyarakat setempat. Ini turut membantu Anda terhindar dari hal-hal tak menyenangkan di jalanan.

 

#8 Catat Data Penting

Tidak ada satupun traveler yang berharap mengalami kejadian tak menyenangkan selama liburan. Sayangnya, keadaan tak selalu bersahabat atau sesuai rencana.

Ini Dia 10 Tips Jalan Jalan Aman Bagi Para Solo Traveler 02 - Finansialku

[Baca Juga: Simak! 10 Biaya Liburan Yang Perlu Disiapkan Saat Kamu Travelling]

 

Anda perlu mempersiapkan diri dengan kemungkinan tersebut. Catatlah beberapa nomor penting, seperti polisi, keluarga, penginapan, dan rumah sakit terdekat.

Jika sewaktu-waktu Anda pingsan di tengah jalan, setidaknya para penolong tahu harus menghubungi siapa.

 

#9 Belajar Bahasa Lokal

Walaupun Anda berlibur di wilayah Indonesia, ada baiknya belajar beberapa bahasa setempat. Tidak perlu menguasainya secara mendalam, cukup ungkapan umum yang sangat membantu.

Sebagai contoh ucapan terimakasih, minta maaf dan meminta bantuan. Anda pasti tahu beberapa orang lokal tidak menguasai bahasa Indonesia, tetapi bahasa lokal.

 

#10 Update Perjalanan Anda

Beri tahulah orang terdekat tentang itinerary liburan Anda. Setiap berpindah tempat, informasikan pada keluarga atau pasangan. Dari sini, mereka akan tahu kalau Anda baik-baik saja di kota orang.

Tidak ada salahnya posting beberapa foto yang menandakan Anda tengah menikmati liburan. Bukan berarti Anda pamer atau mengundang oknum tak bertanggung jawab.

 

Pentingnya Merencanakan Liburan Bagi Para Solo Traveler

Nah, 10 tips jalan-jalan buat solo traveler di atas bisa Anda aplikasikan pada liburan selanjutnya. Mempersiapkan liburan sebaik mungkin tentu lebih baik daripada tergesa-gesa.

Anda tentu tidak ingin merusak momen liburan dengan hal-hal tidak menyenangkan bukan? Jadi, atur liburan Anda semenyenangkan mungkin.

Dijamin, liburan sendirian tidak akan jadi masalah lagi. Bisa jadi Anda malah ketemu orang baru yang akan jadi teman berlibur di lain kesempatan. Kuncinya jangan pernah takut mencoba hal-hal baru.

 

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda akan berpikir: sekali solo traveling, Anda ketagihan menjajal liburan selanjutnya. Jadi, share informasi di atas pada sesama teman traveler ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nur Rohmi Aida. 18 Juni 2019. 9 Tips untuk Kamu Para Wanita yang Mau Solo Traveling. kompas.com – http://bit.ly/2mfKGEm
  • Paulus Risang. 12 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Berangkat Traveling Sendirian. Hipwee.com – http://bit.ly/2lUpX8F
  • Editorial Team. 07 April 2018. Pertama Kali Solo Traveling? Ini Tips Agar Tetap Aman dan Gak Kesepian. Idntimes.com – http://bit.ly/2kfMpbZ

 

Sumber Gambar:

  • Solo Traveler 01 – http://bit.ly/2lMXpya
  • Solo Traveler 02 – http://bit.ly/2kLfXOS

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang