Apakah Anda sudah merencanakan liburan akhir tahun 2018 bersama orang-orang terdekat? Apa saja tips liburan akhir tahun 2018?

Akhir tahun adalah waktu yang sangat pas untuk menikmati liburan bersama orang-orang tercinta.

Artikel ini akan membantu Anda menciptakan liburan idaman tanpa harus menguras kantong dengan tips-tips jitu. Simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Liburan Akhir Tahun yang Hemat

Liburan sudah menjadi sebuah kebutuhan psikis yang dibutuhkan setiap orang. Dengan berlibur, seseorang akan mendapatkan semangat baru untuk kembali bekerja dan termotivasi untuk menjalankan aktivitas mereka lebih baik lagi.

Selain itu, liburan adalah salah satu cara untuk mendekatkan tali hubungan keluarga, pertemanan dan bahkan mendapatkan kenalan dan pengalaman baru. Banyak hal positif yang dapat diperoleh dari liburan.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak mau pergi liburan karena khawatir atau terhambat masalah biaya.

Padahal banyak pilihan liburan yang murah dan tidak menguras kantong. Di bawah ini adalah beberapa tips liburan hemat yang dapat Anda lakukan.

Tips Liburan 02 Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Dana Minim? Siasati Dengan 10 Cara Ampuh Ini!]

 

#1 Rencanakan Liburan Anda

Seringkali anggaran liburan akan membengkak karena dilakukan tanpa rencana. Misalnya, Anda terpaksa membeli tiket transportasi yang cukup mahal karena mendadak.

Selain dapat mengantisipasi kenaikan harga, merencanakan liburan dari jauh-jauh hari juga dapat memberikan Anda lebih banyak pilihan yang mungkin lebih ekonomis.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Yang pertama harus Anda rencanakan adalah kemana Anda akan berlibur. Tidak semua tempat wisata membutuhkan anggaran yang mahal. Lokasi wisata juga harus direncanakan dari jauh-jauh hari, untuk mengantisipasi keramaian.

Selanjutnya adalah transportasi dan akomodasi. Biasanya kedua hal ini akan memakan biaya yang cukup besar, oleh karena itu, lebih baik Anda mencari tiket akomodasi saat promo atau diskon.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 02 Perth Australia - Finansialku

[Baca Juga: Ketje! 8 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun 2018 di Asia Tenggara]

 

#2 Solo Travelling Atau Group Travelling?

Anda dapat berlibur dengan 2 cara, yaitu solo travelling atau group traveling. Solo travelling adalah ketika Anda menghabiskan liburan seorang diri dan group travelling adalah ketika Anda berlibur bersama rombongan.

Masing-masing jenis travelling ini mempunyai plus dan minus untuk budget liburan Anda.

Untuk solo travelling, keuntungannya adalah Anda dapat berlibur dengan anggaran yang Anda inginkan dan bebas memilih tanpa harus memikirkan pendapat atau keinginan orang lain.

 

Akan tetapi, kerugian solo travelling adalah Anda tidak dapat membagi anggaran.

Misalnya Anda harus membayar penuh harga sebuah kamar, padahal kamar tersebut dapat dihuni 2 orang dan sebenarnya Anda hanya perlu membayar separuhnya.

Untuk group travelling, keuntungannya adalah Anda dapat menghabiskan waktu bersama dan mudah meminta tolong apabila ada keperluan mendadak.

Selain itu, beberapa anggaran seperti transportasi, akomodasi akan lebih murah dengan sistem sharing.

Kerugiannya adalah Anda kurang bebas, dan jika mayoritas keputusan berbeda dengan pilihan Anda, maka Anda harus mengikuti keputusan bersama tersebut.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

#3 Kendaraan Umum Atau Kendaraan Pribadi?

Pertanyaan ini penting untuk menekan anggaran karena biasanya transportasi memakan biaya yang cukup mahal.

Selain itu, dengan berkembangnya infrastruktur di Indonesia, Anda memiliki semakin banyak pilihan transportasi untuk berlibur, terutama berlibur di dalam negeri.

Masing-masing pilihan tersebut memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan berkendara pribadi adalah Anda dapat beristirahat dan berhenti kapanpun Anda mau.

 

Selain itu, menggunakan kendaraan pribadi pasti lebih leluasa. Tapi salah satu hal negatifnya yaitu biaya yang diperlukan akan lebih mahal.

Anda harus memastikan bahwa kendaraan Anda mendukung perjalanan tersebut. Jika tidak, maka selain liburan Anda terhambat, Anda pun harus mengeluarkan biaya ekstra.

Untuk kendaraan umum, keuntungannya yaitu harganya yang lebih murah. Anda tidak perlu memikirkan bahan bakar dan kondisi mesin. Kerugiannya adalah kurang nyaman dan waktunya tidak fleksibel.

Rupiah-Melemah,-Liburan-Ke-Luar-Negeri-03-Finansialku

[Baca Juga: Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat]

 

#4 Pesan Pada Saat Promo Atau Diskon

Setelah Anda melakukan langkah pertama yaitu menyusun rencana liburan, maka selanjutnya untuk menghemat biaya liburan Anda, belilah keperluan liburan pada saat diskon atau promo.

Salah satu caranya adalah membeli keperluan tersebut ketika ada event-event promo tertentu.

Manfaatkan waktu ini untuk membeli tiket perjalanan, tempat penginapan atau bahkan tiket wisata.

Bahkan jika Anda hanya ingin menikmati waktu bersama keluarga dengan pesta kembang api atau makan-makan, Anda dapat membeli perlengkapannya pada saat event promo tersebut.

 

#5 Pilih Liburan yang Sesuai Dengan Anggaran

Jika ingin berlibur tanpa menguras kantong, tetapi jangan sampai juga Anda berlibur melebihi budget Anda.

Pilihlah liburan yang sesuai dengan anggaran atau budget Anda. Termasuk di dalamnya seperti lokasi liburan, akomodasi dan transportasi.

Oleh karena itu, tahap perencanaan adalah tahap yang tidak boleh terlewatkan, agar Anda dapat menyusun liburan yang sesuai dengan anggaran.

Susun dahulu anggaran yang mampu Anda keluarkan. Pastikan bahwa anggaran ini tidak mengganggu anggaran untuk kebutuhan pokok serta pengeluaran penting lainnya.

Anda pun dapat menabung atau menyimpan uang untuk mendanai liburan Anda dari jauh-jauh hari. Bahkan untuk menambah anggaran liburan, Anda dapat bekerja paruh waktu atau lepas waktu untuk sementara.

Pos-Pengeluaran-Saat-Liburan-Liburan-03-Finansialku

[Baca Juga: Budget Liburan Keliling Asia Tenggara Rp5 Juta. Begini Caranya!]

 

#6 Menjaga Kesehatan

Tentu Anda pernah mendengar bahwa kesehatan adalah hal yang paling mahal. Jika Anda sakit pada saat liburan, maka Anda harus mengeluarkan biaya ekstra dan waktu liburan Anda pun menjadi kurang menyenangkan.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda telah menjaga kesehatan sebelum pergi berlibur maupun ketika liburan.

Selain itu, bawalah obat-obatan penting, seperti obat demam, sakit kepala, batuk dan pilek serta suplemen ketika Anda berlibur.

Selain dapat cepat mengatasi penyakit, membawa obat pribadi pun dapat menghemat waktu Anda mencari apotek ketika berlibur.

 

#7 Membeli Asuransi Perjalanan

Berbagai produk asuransi diluncurkan untuk melindungi berbagai risiko, salah satunya adalah asuransi perjalanan.

Terdapat berbagai risiko yang mungkin terjadi pada saat Anda berlibur, mulai dari kehilangan barang, sakit dan hingga yang paling parah adalah kecelakaan.

Untuk menghindari kerugian finansial akibat terjadinya risiko ini, Anda dapat membeli asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan ini sangat penting terutama ketika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pastikan bahwa asuransi perjalanan yang Anda beli sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Selain itu, belilah asuransi perjalanan dari agen perusahaan asuransi terpercaya.

 

Liburan dengan Nyaman dan Tidak Stres karena Uang

Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda akan mendapatkan liburan yang lebih nyaman. Ketika Anda sudah pulang pun, Anda tidak perlu stres karena uang yang habis saat liburan. Asyik, bukan?

 

Apakah Anda sudah merencanakan liburan untuk akhir tahun 2018 ini? Apakah Anda memiliki cara lain untuk berlibur dengan hemat dan tidak menguras kantong?

Bagikan tips dan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini dan jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini pada orang-orang di sekitar Anda. Selamat berlibur!

 

Sumber Referensi:

  • Gushairon Fadli. 5 Desember 2011. 7 Tips Untuk Liburan Akhir Tahun. Gushaironfadli.com – https://goo.gl/4FgdoZ

 

Sumber Gambar:

  • Liburan 1 – https://goo.gl/a8e7ze
  • Liburan 2 – https://goo.gl/YwWm9Y