Tips memperhitungkan biaya pernikahan ini perlu Anda lakukan, apalagi zaman sekarang biaya pernikahan tidaklah murah.

Buat Sobat Finansialku yang bingung berapa biaya pernikahan yang perlu Anda siapkan dan berapa yang perlu ditabung untuk dana pernikahan? Simak artikel Finansialku berikut ini, ya.

 

Biaya Pernikahan dan Dana yang Harus Dialokasikan

Bagi Anda dan pasangan yang akan mempersiapkan pasti bingung berapa rata-rata biaya pernikahan dan berapa dana yang harus dialokasikan?

Rata-rata biaya pernikahan tergantung dari Anda mau menikah dengan low budget  atau high budget. Sebagai contoh di Kota Bandung kalau mau menikah dengan low budget, estimasi sekitar Rp 5 – 10 juta pun bisa, lho.

Jadi rata-rata tergantung di kota mana Anda dan pasangan menikah dan tahun berapa Anda akan menikah. Tiap tahun biasanya harga untuk biaya pernikahan akan meningkat, kecuali di masa pandemi ini, ya.

Jika Anda dan pasangan menikah di masa pandemi ini tentunya akan lebih hemat karena mengundang tidak banyak orang.

Berapa dana yang harus dialokasikan? Nah, untuk menentukan dana yang harus dialokasikan Anda perlu melakukan perhitungan rencana pernikahan dengan baik.

Tips Memperhitungkan Biaya Pernikahan, No Ribet! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pernikahan Bareng Pasangan dengan Aman!]

 

Persiapkan Hitung-Hitungan Dengan 6 Tips

Jika membicarakan masalah angka tentu relatif. Untuk sebagian pasangan, menikah dengan budget Rp 100 juta untuk sebuah pesta pernikahan mungkin hal yang besar.

Namun, bagi pasangan lain mungkin nominal itu sangatlah kecil. Kembali lagi biaya yang dibutuhkan untuk menikah tergantung pada kemampuan masing-masing, bukan?

Yup, sebelum tahu berapa dana yang harus dialokasikan oleh Anda dan pasangan, mungkin Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini, ya.

Tujuannya agar angka nominal budget jelas tidak lebih dan tidak akan kurang nantinya.

 

#1 Cari Tahu Siapa Saja yang Berkontribusi

Tips memperhitungkan biaya pernikahan yang pertama, cari tahu siapa yang ingin berkontribusi pada pernikahan Anda. Langkah pertama ini baik dalam menghitung anggaran Anda secara keseluruhan.

Karena, sudah jelas Anda akan diuntungkan dengan adanya kontribusi, jadi lebih hemat pastinya ‘kan?

Cobalah untuk memastikan berapa banyak budget yang akan dikontribusikan oleh masing-masing pihak dan aspek apa dari pernikahan yang ingin mereka urus. Sebagai contoh Kakek Anda mau membelikan jas dan set pakaian untuk pernikahan Anda.

Pastikan untuk memulai percakapan ini dengan cara yang hormat dan Anda harus siap untuk mendengar “Maaf, saya ingin membantu tetapi saya tidak bisa.”

Tidak ada salahnya kok bertanya kepada keluarga, siapa yang mau berkontribusi di pernikahan Anda.

 

#2 Fokus Hitung Angka, Perkirakan Budget Pernikahan

Setelah Anda mengetahui berapa jumlah kontribusi dari keluarga Anda, tinggal hitung berapa budget yang perlu Anda siapkan dengan pasangan Anda.

Hati-hati, ya Sobat Finansialku, dalam menghitung budget yang perlu Anda keluarkan, jangan sampai Anda sudah pontang-panting mencari uang tapi perlu berutang.

Hitunglah berapa banyak yang dapat Anda dan pasangan kumpulkan. Misalkan, pendapatan Anda berapa dan pasangan Anda berapa, lalu perhitungkan berapa biaya yang bisa ditabung.

Setelah memperkirakan berapa budget yang bisa Anda kontribusikan, maka tambahlah dengan kontribusi dari keluarga Anda.

Berikut adalah artikel yang dapat membantu Anda untuk menabung dana pernikahan dengan pasangan.

Pusing Mikirin Dana Pernikahan? Yuk, Menabung Bareng Pasangan

 

#3 List Jumlah Tamu yang Akan Diundang

Jumlah tamu sangat menentukan budget yang akan Anda keluarkan.

Jumlah tamu menentukan venue pernikahan. Kalau mengundang banyak orang pasti dong venue harus bisa menampung banyak orang juga dan begitu juga sebaliknya.

Selain venue, makanan, jumlah suvenir dan hal lainnya sangat bergantung dari jumlah tamu yang akan Anda undang. Bersikaplah bijak mengenai siapa yang akan Anda undang, sehingga dapat mengurangi biaya pernikahan sejak awal.

 

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

#4 Pilih yang Tidak Dapat Dinegosiasikan

Anda dan pasangan mungkin akan memiliki pendapat berbeda mengenai berbagai macam hal dalam pernikahan.

Mungkin pasangan Anda menginginkan adanya bar untuk minum, tetapi Anda lebih suka menghindari tamu Anda mabuk.

Apapun perbedaan pendapat Anda dan pasangan pilihlah yang memang tidak bisa dinegosiasikan, sebagai contoh baju orang tua sudah pasti harus sesuai dengan tema pernikahan Anda.

Setelah Anda memutuskan prioritas utama, Anda dapat mengalokasikan persentase yang lebih besar dari anggaran Anda hal-hal lainnya.

Tips Memperhitungkan Biaya Pernikahan, No Ribet! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Ampuh Menghindari Konflik Dengan Orang Tua Menjelang Pernikahan]

 

#5 Sering Melakukan Survei Agar Mendapatkan Keuntungan

Anggaran pernikahan sangatlah besar karena sangat banyak perintilan dalam pernikahan yang harus Anda perhatikan.

Tidak heran jika anggaran pernikahan sering kali membengkak. Maka dari itu Anda perlu melakukan survey ke beberapa vendor tiap perintilan pernikahan.

Datangi setiap pameran pernikahan yang ada atau cek melalui website tertentu untuk mencari harga yang termurah.

Murah belum tentu murahan kan? carilah yang sesuai dengan harga di kantong. Jangan sampai Anda menyesal tidak melakukan survei dan setelah menikah Anda tahu bahwa harga vendor seberang lebih murah dibanding vendor yang Anda gunakan.

 

#6 Buatlah Perhitungan yang Matang

Setelah perkiraan anggaran dan pernikahan ideal Anda mendekati satu sama lain, tips memperhitungkan biaya pernikahan yang terakhir adalah buat perhitungan yang dicatat dengan baik.

Sebenarnya lebih enak melakukan perhitungan dengan menggunakan Google Sheets sehingga Anda dapat dengan mudah membagikan spreadsheet Anda dengan pasangan Anda, orang tua dan siapa pun yang berkontribusi atau membantu Anda tetap sesuai anggaran.

 

Menghitung Biaya Nikah, Simple-in Aja!

Gak perlu stress kok menghitung biaya nikah. Semua persiapan pernikahan pasti lancar, jika Anda benar-benar menghitung berapa budget pernikahan Anda.

Tidak usah pedulikan banyak orang, mau menikah dengan budget yang sedikit ataupun banyak, toh yang menikah kan Anda dan pasangan.

Hitung budget dan mulai alokasikan dana pernikahan dengan maksimal, kurangi ngopi-ngopi dan kencan, ya.

Tips Memperhitungkan Biaya Pernikahan, No Ribet! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Hemat Biaya Pesta Pernikahan, Bikin Budget Nikahan Super Hemat!]

 

Untuk dapat menghitung dana pernikahan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Selain mudah dan praktis, Anda dapat langsung mengakses aplikasi ini melalui smartphone Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat selalu mengingat dan mengetahui jumlah dana pernikahan yang harus Anda siapkan. Berikut adalah langkah untuk menghitung dana pernikahan melalui aplikasi Finansialku.

 

  1. Download aplikasi Finansialku. Kemudian daftarkan diri Anda dengan nomor handphone/Facebook/akun Gmail.
  2. Kemudian, pada halaman muka, pilih ‘Rencana Keuangan’
  3. Pilihlah kriteria dana sesuai dengan kebutuhan Anda, pada kasus ini, ‘Dana Pernikahan’
  4. Masukkan data sesuai dengan data diri dan pasangan Anda serta jarak waktu hingga pernikahan Anda
  5. Kemudian pilih jenis biaya dan isi jumlah biaya sesuai dengan yang Anda ketahui atau perkirakan.
  6. Setelah terisi, pilihlah ‘Hitung’
  7. Finansialku kemudian akan memberikan hasil perhitungan dana, mulai dari sisa dana yang harus Anda kumpulkan serta dana yang harus disimpan setiap bulannya.
  8. Anda dapat memilih ‘Export’ untuk melihat hasil dengan format lain
  9. Anda pun dapat memilih ‘Simpan’. Kemudian jika Anda tertarik melihat rekomendasi investasi yang sesuai dengan kebutuhan rencana keuangan Anda, maka pilih ‘Ya’, jika tidak tertarik silakan pilih ‘Tidak’.

 

Sudahkah Anda menghitung biaya pernikahan Anda? Semoga tips memperhitungkan biaya pernikahan di atas bisa menjadi solusi tepat untuk Anda dan pasangan dalam mengatur biaya pernikahan, ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada pasangan lain yang sedang menyiapkan dana pernikahan, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Simple Steps To Setting A Wedding Budget. herecomestheguide.com – http://bit.ly/3tzCbBb

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – https://bit.ly/39nkeya
  • Pernikahan 2 – https://bit.ly/3u3twqX
  • Pernikahan 3 – https://bit.ly/3fpLEHM