Bagaimana Tips Menabung Bagi Keluarga Muda yang Jitu?

Setelah mengetahui 2 tips menabung bagi keluarga muda di artikel sebelumnya, berikut adalah 3 tips jitu lainnya yang bisa Anda praktikkan.

 

#3 Rencanakan Anggaran Pengeluaran

Saat inilah tantangan keuangan baru muncul, dimana kontrol keuangan bukan lagi sepenuhnya milik Anda, tetapi milik Anda dan pasangan. Selain itu, tentunya tanggung jawab juga semakin besar setelah berkeluarga.

Bagaimana tidak? Tentunya biaya hidup dan kebutuhan sehari-hari meningkat, belum lagi jika Anda sudah memiliki buah hati. Pasti sangat banyak biaya yang harus disiapkan.

Komik_ 5 Tips Menabung Bagi Keluarga Muda Anda 03

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Agar pengaturan keuangan dalam keluarga teralokasikan dengan baik, dibutuhkan sebuah anggaran yang mengatur prioritas dan alokasi kebutuhan.

Anda sebaiknya menentukan apa yang penting dalam hidup Anda dan pasangan. Dengan kata lain, ini waktunya berhenti memboroskan uang untuk sesuatu yang tidak dianggap penting.

Cobalah diskusikan matang-matang apa tujuan hidup Anda dan pasangan secara finansial, dan buatlah anggaran yang sesuai dengan nilai-nilai penting hidup tersebut.

Pengeluaran Anda secara otomatis akan lebih dimanfaatkan pada hal-hal yang bernilai, dan pada akhirnya membuat hidup keluarga lebih sejahtera.

Agar lebih mengerti mengenai perencanaan finansial, Anda bisa menonton video berikut ini.

 

#4 Catat Keuangan

Sebelum membahas poin berikut ini, Saya ingin memberi sebuah pertanyaan:

“Pernahkah Anda berpikir mengapa sampai saat ini buah kerja keras selama puluhan tahun belum bisa Anda nikmati?”

 

Banyak orang yang kerap berpikir demikian, namun pada akhirnya hanya menyalahkan keadaan atau nasib tanpa memperbaikinya.

Belum terlambat! Anda bisa membuat perubahan!

Cobalah Anda merefleksikan keuangan selama ini, ke mana uang Anda pergi? Mengapa Anda tidak bisa menikmatinya hingga usia 30-an ini?

Dengan mencatat pengeluaran dan melakukan review setiap bulan, Anda bisa mengetahui apa saja pemborosan yang tidak Anda sadari.

Sebagai contoh, jika Anda pekerja tetap yang kerap lembur dan jarang di rumah, Anda perlu mengecek tagihan dan mengeliminasi beberapa hal berikut:

  • Internet dan TV cable di rumah

Jika jarang di rumah, buat apa internet dan TV cable? Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk seluruh aktivitas itu. Kini sudah banyak kok streaming online atau situs untuk mengunduh film terbaru.

  • Membership gym

Jika Anda sangat sibuk dan kerap lembur, Anda pastinya sering membolos berolahraga. Dengan demikian, membership gym hanya akan menjadi pemborosan saja. Lebih baik luangkan waktu di akhir pekan untuk berolahraga di kebun depan rumah. Hemat dan sehat bukan?

Jika Anda mengecek pengeluaran bulanan, Anda bisa menyadari pemborosan yang seharusnya tidak perlu dan mengeliminasinya. Pada akhirnya, tidak ada lagi istilah “Saya sudah bekerja keras, tetapi entah uangnya kemana.”

Anda bisa mencatat keuangan Anda dengan menggunakan banyak cara, dengan membuat pembukuan sendiri atau menggunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti aplikasi Finansialku.

 

#5 Berkomitmen dan Selalu Memotivasi Diri

Setiap perubahan harus disertai “kebiasaan”. Jika Anda ingin berubah menjadi lebih baik, namun tidak berkomitmen untuk mengambil tindakan yang tepat, maka semua akan sia-sia.

Ketika baru mulai belajar menabung dan mengatur keuangan bersama pasangan, cobalah untuk berkomitmen selalu merencanakan setiap pengeluaran.

10 Rahasia Membangun Keluarga Bahagia Impian Setiap Orang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah? Coba Praktikkan Cara Ini]

 

Terutama bagi pasangan baru, yang mungkin masih kesulitan mengubah kebiasaan keuangan lama yang buruk.

Komitmen ini jugalah yang akan terus membantu Anda agar tetap semangat dan termotivasi untuk terus maju, demi keuangan yang lebih baik. Dengan begitu, menabung tidak akan terasa berat, justru malah menyenangkan.

 

Menabung demi Masa Depan Keluarga Muda Anda

Jangan pernah berpikir bahwa memiliki menabung itu mustahil. Mungkin setelah membaca artikel Anda beranggapan bahwa teori lebih mudah dari praktiknya.

Ternyata tidak. Jika Anda mengaplikasikannya, maka Anda juga bisa mencapai tujuan keuangan lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Kami yakin Anda juga bisa menabung dengan cara mengaplikasikan beberapa tips di atas. Jika Anda berhasil, berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips menabung bagi keluarga muda? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda, terutama mereka yang membutuhkan artikel ini. Terima kasih.

 

<< Sebelumnya

 

 

Sumber Referensi:

  • Qurani Natia. 24 November 2015. Cara Mudah Menabung dengan Auto Debit (dalam Beberapa Menit!). Liveolive.com – http://bit.ly/35GfDTJ
  • Agung Candra Setiawan. Menabung: 7 Cara Aman Mengelola Uang Penghasilan Anda. Keluarga.com – http://bit.ly/37yIcEf

 

Sumber Gambar:

  • Tips Menabung Bagi Keluarga Muda 01 – http://bit.ly/2XGWtKm
  • Tips Menabung Bagi Keluarga Muda 02 – http://bit.ly/2pOkV03
  • Tips Menabung Bagi Keluarga Muda 03 – http://bit.ly/2sej9Gl