Apakah Anda pengguna jalan Tol ? Dan apakah salah satu tol yang Anda lewati adalah tol Jagorawi?

Tahukah Anda pada hari Jumat, 8 September 2017 akan ada perubahan tarif di tol Jagorawi. Berapakah tarif baru tol Jagorawi? Yuk simak pembahasan pada artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Tol Jagorawi Tarif Baru

Jumat, 8 September 2017, pada hari ini, integrasi sistem pembayaran tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) telah diberlakukan.

Berdasarkan Keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Nomor 692/KPTS/M/2017, tentang Penetapan Tarif dan Perubahan Sistem Transaksi Pembayaran Tol pada Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Tarif yang diberlakukan pun berubah, meskipun jarak jauh atau pun dekat,  pengguna tol Jagorawi tidak lagi dihitung berdasarkan jarak, namun langsung diberlakukan satu tarif dan tak melihat jarak tempuhnya.

Dengan diberlakukannya sistem tersebut, maka pengguna tol Jagorawi dari Jakarta menuju Ciawi maupun dari arah sebaliknya, hanya membayar satu kali saja dengan tarif yang sama, baik jarak dekat maupun jauh.

Tol Jagorawi Tarif Baru _ Finansialku 01

[Baca Juga: Dua Raksasa E-commerce: Amazon Dan Alibaba Bersaing Kuasai Pasar]

 

Pengguna tol ke arah Jakarta akan membayar pada pintu masuk tol (on ramp) dan yang ke arah Bogor pembayaran dilakukan di pintu keluar tol (off ramp).

Dikarenakan hal tersebut, maka pada dua gerbang tol (GT) yang ada di dalam ruas tol tersebut, yaitu GT Cibubur dan GT Cimanggis Utama, tidak akan ada lagi proses transaksi.  

Dikutip dari laman Liputan6.com, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan‎ dengan dihilangkannya gerbang tol Cibubur dan Cimanggis, kendaraan tidak lagi berhenti di tengah untuk melakukan transaksi. Dengan begitu waktu tempuh bisa lebih efisien.

Lalu berapa tarif yang dikenakan untuk para pengguna tol Jagorawi berikut daftar tarif Tol Jagorawi:

  • Kendaraan Golongan I: Rp6.500
  • Kendaraan Golongan II: Rp9.500
  • Kendaraan Golongan III: Rp13.000
  • Kendaraan Golongan IV: Rp16.000
  • Kendaraan Golongan V: Rp19.500

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pembongkaran GT Cibubur dan GT Cimanggis

Dikutip dari laman Liputan6.com kembali, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan menghilangkan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis mulai hari ini, tanggal 8 September 2017.

Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan pada ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

‎Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan penghilangan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis tersebut telah diputuskan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada 31 Agustus 2017.

Dengan begitu, pada hari ini, 8 September 2017 tidak ada lagi transaksi pada dua gerbang tol tersebut.

Dikutip dari laman Kompas.com, menurut AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, untuk mempercepat proses transaksi pembayaran di jalan tol, pengguna jalan tol dihimbau untuk menggunakan uang elektronik, baik dari e-Money Bank Mandiri, Brizzi BRI, TapCash BNI ataupun Blink BTN.

Bombastis, Parkir Di Jakarta Semakin Mahal. Parkir Mobil Bisa Sampai Rp 50.000 - 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bombastis, Parkir Di Jakarta Semakin Mahal. Parkir Mobil Bisa Sampai Rp 50.000]

 

Menurut beliau, nantinya di seluruh gerbang tol di sepanjang Tol Jagorawi akan ada counter untuk penjualan uang elektronik.

Jasa Marga juga menyiapkan counter untuk isi ulang (top up) dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dapat dilakukan di seluruh kantor gerbang tol.

Sedangkan untuk top up secara tunai akan dapat dilakukan pada gerbang tol Cibubur 1 gardu 2 dan gerbang tol Cibubur 2 gardu 9. Untuk selanjutnya, akan dilakukan penambahan pada gerbang tol Bogor 2 gardu 15 dan gerbang tol Ciawi 2 gardu 15.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, jangan lupa untuk selalu bagikan artikel Finansialku kepada rekan dan kerabat Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 8 September 2017.Mulai Hari Ini, Tarif Tol Jagorawi Jauh Dekat Rp 6.500. Liputan6.com – https://goo.gl/zQ4GAM
  • Alsadad Rudi. 6 September 2017. Diingatkan Kembali, Tol Jagorawi Berlaku Satu Tarif Mulai 8 September. Megapolitankompas.com – https://goo.gl/aZbkR5
  • Pebrianto Eko Wicaksono. 6 September 2017.Hapus Gerbang Tol Cibubur dan Cimanggis Bikin Hemat Waktu Tempuh. Liputan6.com – https://goo.gl/uwaupQ

 

Sumber Gambar:

  • Tol Jagorawi – https://goo.gl/C8J68k
  • Tol Jagorawi  – https://goo.gl/WTFWX9