Apakah Anda sudah berinvestasi reksadana saham? Apakah Anda tahu bahwa ada produk Top 10 reksadana saham yang bisa untung hingga 41 persen?

Investasi reksa dana memang banyak peminatnya, terutama bagi kamu yang belum memiliki waktu untuk belajar saham. Berikut ini adalah top 10 reksadana saham yang bisa untung hingga 41 persen.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksadana Saham

Untuk Anda yang sudah paham berinvestasi, pasti reksadana saham sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana caranya berinvestasi, maka Anda perlu mengetahui salah satu instrumen investasi satu ini.

Jika Anda belum mengetahui apa itu reksadana, maka Anda harus mengetahui arti dari reksadana itu sendiri.

Daftar Reksadana Juara 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Dalam Mempersiapkan Dana Pensiun, Pilih Reksadana atau Saham? Simak Penjelasannya!]

 

Reksadana ini di analogikan sebagai suatu wadah, dimana isinya adalah uang dari pemodal atau investor yang akan dikelola oleh manajer investasi untuk di masukan ke beberapa portofolio investasi yang sesuai.

Reksadana sendiri memiliki 4 jenis yang berbeda dan dipengaruhi oleh isi portofolio investasi dan tingkat return dan risikonya.

Jenis yang pertama adalah reksadana pasar uang, reksadana ini termasuk reksadana yang memiliki risiko paling rendah dan return-nya pun paling rendah di antara reksadana lainnya.

Selain itu, ada juga reksadana pendapatan tetap yang bisa memberikan imbal hasil lebih besar dari reksadana pasar uang dan risikonya pun moderat.

Ketiga, ada reksadana campuran, reksadana ini tentu memberikan return ketiga terbesar.

Tetapi, jangan lupa juga kalau risikonya pun pasti lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Produk reksadana yang mampu memberikan return tertinggi adalah reksadana saham.

 

Reksadana saham dan saham sendiri sudah beda dari cara bermainnya. Kalau saham, Anda harus membeli dan menjual saham Anda sendiri dan Anda juga harus selalu memperhatikan saham yang Anda beli.

Anda pun biasanya hanya memiliki 1 hingga 5 saham dalam satu akun.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk bermain saham dan tertarik untuk berinvestasi dengan return yang tinggi, maka reksadana saham bisa menjadi jawaban untuk Anda.

Saat Anda memberikan uang Anda untuk diinvestasikan, Anda tidak perlu khawatir karena ada manajer investasi yang akan mengurus uang Anda dengan menginvestasikannya ke beberapa portofolio investasi.

Anda pun tidak usah ragu mengenai perilaku dari manajer investasi, karena OJK pun sudah memberikan perlindungan kepada pemodal. Dengan mengatur perilaku investasi reksadana saham itu sendiri, yaitu:

  1. Investor tidak diperkenankan untuk membeli saham di bursa efek luar negeri yang informasinya tidak bisa diakses dari Indonesia melalui internet maupun media massa.
  2. Investasi dibatasi maksimal 10% dari nilai aset reksadana
  3. Investor tidak diperbolehkan untuk menguasai modal perusahaan dari saham terkait lebih dari 5%.

Reksadana saham itu tidak sepenuhnya diinvestasikan pada saham. Terdapat beberapa persen yang harus diinvestasikan dalam bentuk cash atau deposito. Mengapa hal tersebut dilakukan?

Jika Anda ingin menjual reksadana saham Anda, manajer investasi tidak usah repot mencairkan ke bursa efek, tetapi cukup mencairkan unit dengan lebih cepat tanpa harus mengorbankan saham dengan mencairkan cash atau deposito.

Biasanya, isi dari reksadana saham ini adalah 80% saham dan 20% berupa cash. Anda dapat melihat komposisi dari investasi ini di fund factsheet yang tersedia memuat informasi saham apa saja yang dibeli oleh manajer investasi.

 

Top 10 Reksadana Saham Terbaik

Bagi Anda yang sudah berinvestasi saham atau suka membaca berita mengenai investasi saham pasti Anda sudah mengetahui bahwa pasar saham di akhir tahun sedang mengalami tekanan.

Tetapi, hal ini tidak berbanding terbalik dengan reksadana saham, terdapat beberapa produk investasi yang berbasis saham seperti reksadana saham ini mampu memberikan keuntungan besar hingga saat ini.

Selama tahun berjalan, IHSG mencatat imbal hasil minus 5,19 persen.

Mayoritas produk reksadana yang berbasis saham ini sendiri, dapat dilihat dari indeks reksadana saham, mencatat penurunan hingga 4,68 persen dari year to date (YTD).

Untung Hingga 41 Persen, Ini Top 10 Reksadana Saham Terbaik 02 Reksadana saham 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mudah Banget! Cek Langkah Memulai Investasi Reksadana untuk Mahasiswa]

 

Tetapi, terdapat beberapa produk reksadana saham terbaik malah bisa bertahan dan memberikan keuntungan besar kepada investornya.

Bahkan, terdapat 10 besar reksadana saham bisa memberikan untung dari 9 persen hingga 41 persen, sepanjang tahun 2018.

Posisi pertama dan kedua diduduki oleh produk reksadana saham dari PT Sinarmas Asset Management yaitu Simas Syariah Unggulan dan Simas Saham Unggulan.

Kedua produk tersebut dapat memberikan keuntungan dari YTD sebesar 41,91 persen dan 36,24 persen.

Sedangkan, posisi ketiga dan keempat diduduki oleh produk reksadana dari PT Sucor Asset Management yaitu Sucorinvest Sharia Equity Fund dan Sucorinvest Maxi Fund.

Kedua produk reksadana tersebut dapat memberikan return 18,65 persen dan 18,32 persen secara YTD.

Untuk posisi kelima, keenam dan ketujuh ditempati oleh produk reksadana dari PT Trimegah Asset Management, yaitu TRIM Kapital Plus, TRAM Infrastructure Plus dan TRIM Kapital.

Ketiga produk di atas tersebut memberikan imbal hasil sebesar 12,24 persen, 9,81 persen dan 9,47 persen secara YTD.

Di posisi ke delapan, ditempati oleh Sucorinvest Equity Fund, kelolaan dari PT Sucor Asset Management dengan keuntungan sebesar 6,32 persen.

 

Di posisi kesembilan, diduduki oleh Syailendra Equity Opportunity Fund, kelolaan dari PT Syailendra Capital dengan return sebesar 2,08 persen.

Sedangkan, di posisi sepuluh terdapat produk dari PT BNP Paribas Investment Partners Indonesia yaitu BNP Paribas Solaris dengan keuntungan sebesar 1,97 persen dari YTD.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

No

Reksadana Saham

YTD (%)

1

Simas Syariah Unggulan

41,91

2

Simas Saham Unggulan

36,24

3

Sucorinvest Sharia Equity Fund

18,65

4

Sucorinvest Maxi Fund

18,32

5

TRIM Kapital Plus

12,24

6

TRAM Infrastructure Plus

9,81

7

TRIM Kapital

9,47

8

Sucorinvest Equity Fund

6,32

9

Syailendra Equity Opportunity Fund

2,08

10

BNP Paribas Solaris

1,97

 

Yuk Berinvestasi Reksadana Saham Sekarang

Setelah mengetahui bahwa ke sepuluh reksadana saham di atas dapat memberikan return yang tinggi, sudah saatnya Anda berinvestasi ke reksadana sekarang.

Jika Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku, Anda bisa langsung berinvestasi reksadana sekarang. Caranya cukup mudah dengan mengklik menu produk keuangan dan klik reksadana.

Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara lebih lengkapnya, Anda bisa menonton video YouTube di bawah ini.

 

Jika Anda masih ingin berinvestasi ilmu untuk berinvestasi reksadana, Anda bisa membaca ebook mengenai panduan berinvestasi reksadana untuk pemula di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui top 10 reksadana saham.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui top 10 reksadana. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Hanum Kusuma Dewi. 28 Agustus 2018. Top 10 Reksadana Saham Terbaik Bareksa, YTD Untung Sampai 41 Persen. Bareksa.com – https://goo.gl/AbKSLP

 

Sumber Gambar:

  • Reksadana Saham – https://goo.gl/jUyhqa
  • Reksadana Saham 2 – https://goo.gl/QUVwSs