Mau coba berinvestasi reksa dana pendapatan tetap, tapi takut merugi? Yuk cari tahu disini agar tetap untung!

Reksa dana memang termasuk salah satu jenis investasi yang gampang-gampang susah. Tapi Anda juga bisa meraup untung dengan tips jitu berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Membuka Mata Kepada Reksa Dana

Mengapa sih banyak jenis investasi yang berbeda-beda ragamnya? Tentu saja perkembangan ini disebabkan oleh perbedaan permintaan (demand) dari masyarakat. Jika tidak, untuk apa pihak bank atau lembaga keuangan lainnya repot-repot membuat jenis investasi baru?

Semuanya semata-mata karena setiap manusia berbeda, dan meski bisa dikelompokkan berdasarkan karakteristiknya, pasti preferensi dalam berinvestasinya juga berbeda.

Namun seringnya ketidaktahuan dan ketidakpedulian masyarakat menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari. Ketidaktahuan yang dimaksud disini adalah ketidaktahuan akan fitur instrumen investasi yang dipilih.

Reksadana Syariah vs Non Syariah, Ketahui Bedanya! 05

[Baca Juga:30 Nasihat Investasi Dari Peter Lynch, Salah Satu Manajer Investasi Tersukses di Amerika]

 

Tahukah Anda? Reksa dana yang memiliki nilai investasi tinggi, hanya dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia, jumlahnya bahkan tidak sampai 10%. Yang melatarbelakangi kecilnya jumlah investor reksa dana di Indonesia adalah ketidaktahuan akan instrumen yang satu ini.

Agar Anda tidak menjadi salah satu dari 90% masyarakat yang tidak tahu akan investasi reksa dana itu. Mari mengenal jenis investasi menguntungkan yang satu ini.

Reksa dana dianalogikan sebagai suatu wadah, dimana isinya adalah uang dari pemodal atau investor yang akan dikelola oleh manajer investasi untuk di masukan ke beberapa portofolio investasi yang sesuai.

Seperti Anda ketahui, terdapat beberapa jenis reksa dana yang memiliki karakteristik berbeda dalam hal return dan risiko, misalnya saja reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan sebagainya.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah reksa dana pendapatan tetap. Penasaran kan? Yuk simak pembahasannya berikut:

 

Reksa Dana Pendapatan Tetap yang Menguntungkan

Investasi jenis ini adalah jenis reksa dana yang akan menginvestasikan sebagian uang Anda pada efek hutang atau obligasi. Obligasi atau surat utang ini bisa yang diterbitkan oleh perusahaan (korporasi) maupun obligasi pemerintah.

Disebut pendapatan tetap karena penerbit efek hutang secara konsisten akan memberikan pembayaran bunga (kupon) yang tetap kepada para pemegang efek atau investor tersebut.

Kena Suspensi Lagi! 6 Reksa Dana Minna Padi Dibubarkan OJK 02

[Baca Juga: Weekly Update 2-6 Maret 2020 IHSG, Emas, Reksa Dana, Saham, Kurs]

 

Umumnya komposisi investasinya adalah minimal 80 % – 100% dari aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi, dan 0% – 20% pada saham atau pasar uang.

Reksa dana ini cukup banyak peminatnya karena dalam jangka pendek dan menengah, nilai aktiva bersih (NAB) dari reksa dana pendapatan tetap cenderung naik stabil dan tidak banyak berfluktuasi.

Meski stabil, reksa dana yang satu ini umumnya mempunyai potensi keuntungan lebih tinggi dari reksa dana pasar uang, dimana tingkat keuntungan dan risiko dari jenis reksa dana ini berkisar antara 7 % – 12%. 

Jika ditilik dari tingkat risikonya, reksa dana pendapatan tetap bisa dibilang berada di tengah. Tingkat risikonya relatif lebih besar daripada reksadana pasar uang. Namun jika dibandingkan dengan investasi saham, tingkat risiko reksa dana pendapatan tetap lebih moderat.

Melihat karakteristiknya, tampaknya reksa dana pendapatan tetap cocok bagi profil investor dengan toleransi risiko rendah dan cenderung menghindari risiko (risk averse). Apakah Anda salah satunya?

 

Kalkulator Reksa Dana Aplikasi Finansialku

Sudahkah Anda memutuskan untuk berinvestasi reksa dana pendapatan tetap? Anda bisa memantau kinerja reksa dana Anda dengan aplikasi Finansialku loh.

Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store dan App Store dengan klik tautan berikut ini:

playstore icon
appstore icon

 

Kemudian Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Pertama-tama masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Investasi”.
  2. Pilih “Reksa dana”.
  3. Masukan data yang diperlukan:
  4. Kemudian tekan tombol “Hitung”.
  5. Anda akan dapat melihat hasil perhitungan pada bagian atas aplikasi Finansialku.

 

Jadi, kini Anda bisa dengan mudah menghitung keuntungan instrumen investasi dan membandingkannya. Tentunya ini juga akan bermanfaat saat Anda mengevaluasi instrumen investasi Anda. Menarik bukan?

Yuk download aplikasinya sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai produk reksa dana yang cocok buat milenial zaman now lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Agustus 2018. Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap? Ini Pengertian dan Karakteristiknya. Bareksa.com – http://bit.ly/339bpUy