Program bertajuk UberENTREPRENEUR merupakan upaya Uber untuk mendukung pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia.

Setelah tiga tahun menyediakan jasa transportasi online di Indonesia, perusahaan asal California ini menginisiasi sebuah program pelatihan bisnis bagi para mitra pengemudinya.

Program ini bertujuan untuk menghubungkan mitra pengemudi Uber dengan berbagai peluang baru untuk perkembangan bisnis mereka.

 

Komitmen Uber dalam Mendukung Pertumbuhan Kewirausahaan di Indonesia

Pada bulan November lalu, Uber Indonesia menyelenggarakan program yang bertajuk UberENTREPRENEUR bagi wirausahawan Indonesia yang juga merupakan mitra pengemudi Uber.

Program ini terselenggara atas kerja sama antara Uber Indonesia dan inkubator startup Indonesia Excellerate Labs, yang diwakili oleh Kelola, sebuah platform investasi reksa dana online.

Penyelenggaraan program UberENTREPRENEUR ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan Uber Indonesia, di mana sejumlah mitra pengemudi Uber menjadikan profesi pengemudi ojek online sebagai profesi sampingan untuk mengisi waktu luang atau mencari variasi disela kegiatan bisnis mereka.

Beberapa di antaranya bahkan menjadikan profesi ini sebagai salah satu strategi dalam mempromosikan produk/jasa bisnis mereka.

Dilansir dari Techinasia.com (4/11/2017), Head of Public Policy and Government Affairs Uber Indonesia John Colombo memaparkan bahwa program ini merupakan komitmen dari Uber Indonesia untuk mendukung kewirausahaan di Indonesia:

“Selama tiga tahun beroperasi di Indonesia, Uber melihat ada banyak sekali rekan driver dari kalangan pengusaha kecil yang bergabung untuk memenuhi kebutuhan mereka, di samping rutinitas bisnis yang mereka kerjakan. Karenanya, kami sangat senang meluncurkan UberENTREPRENEUR sebagai inisiatif dalam menghubungkan mitra pengemudi Uber dengan berbagai peluang baru untuk perkembangan bisnis mereka.”

 

Digelar di 3 kota, yakni Bandung (2 November 2017), Surabaya (7-8 November 2017), dan Jakarta (14-15 November 2017), Uber Indonesia bertujuan untuk memaksimalkan potensi bisnis yang dimiliki para mitra pengemudi lewat business training dalam bidang digital marketing, manajemen keuangan, serta investasi reksa dana.

 

Acara dimulai dengan sesi pelatihan digital marketing yang disampaikan oleh Partner-Digital Marketing Excellerate Labs Galih Pamungkas.

Peserta acara yang merupakan para entrepreneur ini diajak berkenalan dengan konsep dasar digital marketing serta kelebihan yang akan mereka peroleh jika memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan bisnis mereka.

Galih Pamungkas juga mengajak para peserta untuk mempelajari lebih jauh cara membuat konten yang tepat sasaran dan sesuai dengan saluran pemasaran yang digunakan.

Di akhir sesi pertama, para peserta dipersilakan untuk melakukan simulasi dan mempraktikkan digital marketing secara langsung.

UberEntrepreneur-Galih-Pamungkas-Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Dana Beli Motor Baru Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Sesi kedua adalah pelatihan manajemen keuangan yang disampaikan oleh Melvin Mumpuni, CEO sekaligus founder aplikasi Finansialku, sebuah portal perencana keuangan online.

Pada sesi ini, peserta diberikan materi tentang investasi sebagai solusi untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang.

Para peserta juga melakukan simulasi untuk menentukan kendaraan investasi yang tepat dalam mencapai tujuan tersebut.

Untuk menentukannya, peserta diajak menghitung waktu dan besaran imbal hasil investasi untuk memenuhi tujuan tersebut. Salah satu contohnya, peserta melakukan perhitungan waktu dan besaran imbal hasil investasi untuk membeli mobil baru sebagai modal usaha rental kendaraan.

Di sini, reksa dana dianggap sebagai kendaraan paling tepat karena cenderung menawarkan imbal hasil yang tinggi dengan risiko yang rendah.

UberEntrepreneur-Melvin-Mumpuni-Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Travis Kalanick Pendiri UBER]

 

Acara selanjutnya adalah sesi sharing antara mitra pengemudi Uber yang bisnisnya sudah cukup stabil.

Adapun beberapa mitra pengemudi yang turut berbagai kisah inspiratifnya di 3 kota adalah Angga Ramadhan (@potssupply), Dwiyan Nugroho (@destinyapparel), Eko Setyo Nugroho (@yavanaguitar), Zendy (bisnis perkebunan & supplier ikan), Dimas R. Saputra (Sumo Tako Food, Tasty Production, dan Sumo Vacations), dan Muhammad Zaki (Wedding Organizer).

UberEntrepreneur-Wirausahawan-Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kredit Motor untuk Ojek Online?]

 

Sesi terakhir merupakan pengenalan lebih jauh tentang investasi reksa dana oleh Sales Manager Kelola Andromeda Wicaksono.

Sesi ini diawali dengan penjelasan seputar manfaat dan pentingnya investasi yang diharapkan dapat mengubah stigma negatif masyarakat tentang investasi.

Pasalnya, masyarakat awam cenderung menganggap kegiatan investasi berkaitan erat dengan modal yang besar, risiko yang tinggi, kerugian, banyaknya biaya tambahan, serta uang yang dikunci atau tidak dapat diambil.

Melalui sesi ini, peserta diharapkan memahami manfaat investasi yang tidak dapat dirasakan oleh seseorang hanya karena yang bersangkutan memiliki pandangan dan pemahaman yang tidak tepat mengenai investasi.

 

UberEntrepreneur-Andromeda-Wicaksono-Finansialku

 [Baca Juga: Lebih Murah Mana: Harga Ojek Online Gojek, Grab atau Uber?]

 

UberENTREPRENEUR Berdayakan Entrepreneur di Tiga Negara

Acara ini berhasil menuai antusiasme para mitra pengemudi Uber, baik motor maupun mobil, dengan total peserta pelatihan dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya mencapai 250 orang.

Program UberENTREPRENEUR sendiri awalnya diluncurkan di Amerika Serikat dengan tujuan memberdayakan mitra pengemudi yang kebetulan memiliki usaha bisnis di samping profesi pengemudi ojek online.

Hingga saat ini, ada 8.400 mitra pengemudi Uber yang telah tercatat sebagai mitra UberENTREPRENEUR di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

Jumlah tersebut pun diperkirakan akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah mitra pengemudi Uber di Indonesia.

Anda tertarik untuk bergabung dengan Uber? Kini Anda dapat dengan mudah mendaftar sebagai mitra pengemudi Uber lewat website Finansialku!

Cukup siapkan KTP, SIM, STNK, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Anda, lalu upload dokumen tersebut di laman berikut ini: Cara Mudah Daftar Uber lewat Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Risky Maulana. 4 Oktober 2017. Uber Gaet Lazada dan Sribulancer untuk Dukung Program UberENTREPRENEUR di Indonesia. Id.techinasia.com – https://goo.gl/vw7VLq

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang